Lifestyle

KEMBALI20, Festival Digital Sastra dan Kuliner di Indonesia

  by: Givania Diwiya Citta       17/9/2020
    • Ajang tahunan Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) serta Ubud Food Festival (UFF) akan bergabung menjadi satu acara bernama KEMBALI20.
    • Festival yang dijadwalkan berlangsung pada 29 Oktober hingga 8 November 2020 ini akan digelar secara daring dan bisa diakses lewat ragam sesi berbasis donasi.


    Sejak pandemi COVID-19 merebak di Indonesia, berbagai ajang festival serta acara mesti ditunda gelarannya atau bahkan dibatalkan. Tak terkecuali ajang tahunan berlevel internasional di Bali, Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) dan Ubud Food Festival (UFF) yang juga terpaksa ditunda untuk digelar. Namun kini untuk pertama kalinya dalam 17 tahun, penggagas kedua festival tersebut, Yayasan Mudra Swari Saraswati, menghadirkan Kembali 2020: A Rebuild Bali Festival Presented by ABC (KEMBALI20) yang dijadwalkan berlangsung pada 29 Oktober hingga 8 November 2020.




    KEMBALI20 yang merupakan gabungan dari kedua festival besar tersebut lantas akan menampilkan berbagai bentuk seni kreatif serta kekayaan kuliner Indonesia, seperti yang jadi DNA dari masing-masing UWRF dan UFF. KEMBALI20 akan diisi oleh berbagai program yang berpusar pada industri seni kreatif, mulai dari sastra hingga film, desain, fashion, jurnalisme, sampai ranah dunia kuliner. Seluruh rangkaian acara dalam festival pun dapat diakses secara daring lewat beragam sesi berbasis donasi. 



    Psst, bahkan beberapa nama besar akan hadir memperkaya rangkaian acara yang terdiri dari diskusi, lokakarya, peluncuran buku, pembacaan puisi, sampai pemutaran film, lho! Penulis Dee Lestari serta Eka Kurniawan (penulis Indonesia pertama yang dinominasikan untuk Man Booker International Prize) akan mengisi sesi diskusi mengenai seluk beluk lanskap sastra Indonesia, sampai proses penggarapan karya tulis fiksi mereka. Sementara itu, aktor Nicholas Saputra akan ambil bagian dalam diskusi tentang kekuatan film dan status selebriti dalam menciptakan perubahan positif di Indonesia.


    Ehm, kalau kamu menggemari trilogi Crazy Rich Asians, sang penulis Kevin Kwan juga akan mengisi deretan program dalam KEMBALI20. Ia akan membahas tentang novel terbarunya, Sex and Vanity yang didaulat jadi buku terlaris oleh New York Times! Berbagai persona mengesankan seperti pelestari budaya Bali legendaris Made Taro, konsultan dari Obama Foundation yaitu Maya Soetoro-Ng (adik tiri Barack Obama) juga akan berbagi tentang pentingnya cerita dan seni untuk kesatuan masyarakat. 





    Untuk ranah kuliner, Chris Salans yang merupakan pionir dalam kombinasi cita rasa Prancis dan Bali, Ayu Gayatri Kresna selaku Head Chef Pengalaman Rasa, sampai Dr Fenny Dwivany yang merupakan perempuan Indonesia inspiratif di bidang STEM, akan membagi berbagai pengetahuannya dalam dunia pelestarian kuliner lokal. So exciting, apalagi dengan kehadiran demo memasak yang informasi lebih lanjut tentangnya bisa diakses lewat situs web dan kanal YouTube KEMBALI20!


    Pada akhirnya, KEMBALI20 menjadi salah satu wujud dalam “merayakan warisan budaya serta budaya kontemporer Indonesia, sembari menghidupkan kembali harapan dan inspirasi dengan cara baru,” seperti yang diungkapkan oleh Janet DeNeefe, Pendiri dan Direktur KEMBALI20. Meski secara virtual dan meski masih di tengah kondisi pandemi, rasanya kita tetap bisa mendapatkan spirit dan wawasan yang tiada berbeda kualitas serta nilainya dari periode-periode sebelumnya. Mungkin ajang ini juga bikin kangen kamu terhadap Bali terobati? Setidaknya begitu untuk Cosmo. Can’t wait!


    (Givania Diwiya / Images: Dok. KEMBALI20 / Layout: Severinus Dewantara)