Celebrity

Ini Alasan Kim Kardashian Memboikot Instagram & Facebook

  by: Shamira Priyanka Natanagara       17/9/2020
  • Kim Kardashian sedang melakukan aksi yang mungkin kamu kira tidak akan pernah ia lakukan: meninggalkan Instagram (sort of).

    Sebagai bagian dari sebuah pemboikotan media sosial yang telah direncanakan, sang bintang Keeping Up with the Kardashians bergabung sejumlah seleb populer yang menentang Facebook dan Instagram pada hari Rabu, 16 September kemarin.

    Sebagai bagian dari kampanye #StopHateforProfit (hentikan kebencian untuk keuntungan), yang diatur oleh aktivis hak sipil, sejumlah seleb seperti Leonardo DiCaprio, Sacha Baron Cohen, Jennifer Lawrence, dan Katy Perry akan menghentikan pemakaian akun mereka selama 24 jam. Protes ini melawan penyebaran "kebencian, propaganda, dan informasi yang salah."





    "Informasi palsu yang dibagikan di media sosial memiliki dampak serius," tulis Kim dalam sebuah pernyataan pada Selasa kemarin. "Saya tidak bisa duduk dan diam selagi platform ini terus mengizinkan penyebaran kebencian, propaganda dan informasi palsu - dibuat oleh sejumlah kelompok untuk memecahkan dan memisahkan Amerika."

    "Informasi palsu yang dibagikan di media sosial memiliki dampak serius terhadap pemilu dan merusak demokrasi. Mohon bergabung dengan saya besok ketika saya akan 'membekukan' akun Instagram dan Facebook saya untuk memberi tahu Facebook untuk #StopHateforProfit."

    Para pelaksana kampanye #StopHateforProfit, yang diluncurkan pada bulan Juni, menuduh Facebook dan Instagram tidak melakukan tindakan cukup untuk menghentikan ujaran kebencian dan disinformasi.





    Mengenai boikot ini, Katy menambahkan: "Saya tidak bisa duduk santai sambil menyaksikan platform ini mengabaikan kelompok-kelompok dan unggahan menyebarkan disinformasi penuh kebencian dan kebingungan yang disengaja."

    Pada bulan Juni, Facebook mengatakan akan melabelkan unggahan yang berpotensi berbahaya atau menyesatkan yang sengaja dibiarkan untuk nilai berita mereka. Namun kampanye #StopHateforProfit menuntut aksi yang lebih serius, dan sebagai hasilnya lebih dari 90 perusahaan menghentikan pengiklanan untuk mendukung upaya tersebut.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. Instagram/kimkardashian)