Lifestyle

Daftar Buku Self-Help Terbaik untuk Dibaca Selama Pandemi

  by: Givania Diwiya Citta       20/9/2020
    • Membaca buku self-help bisa membantu dalam menata hidup kembali saat dunia sedang terasa tak menentu.
    • Bacaan buku self-help berikut ini meliputi tentang cara bekerja, berperilaku, sampai cara untuk jadi rendah hati.


    Mari buka-bukaan: Tak ada satu orang pun yang sempurna, dan tak ada kehidupan seseorang yang absolut sempurna. Apalagi dalam masa pandemi ini, kita tahu sendiri bagaimana dunia kita serta banyak orang lainnya terasa selayaknya sedang menaiki roller coaster. Dalam masa-masa sulit, kita bisa jadi membutuhkan berbagai nasihat tentang pekerjaan, hubungan, motivasi, keuangan, produktivitas – apapun itu. 




    Dan itu benar, bukan? Mengingat sepanjang tahun 2020 ini kita telah dibanjiri oleh berbagai ujian hidup yang bertumpuk, jadi tak perlu merasa malu untuk mengakui bahwa kita butuh sedikit bantuan, apalagi kalau semua unggahan di folder saved IG kamu sudah berisi kumpulan quotes motivasi yang tak berefek lagi padamu. 


    Cosmo pun mengumpulkan sederet buku self-help dari berbagai toko buku favorit kamu yang bisa dibeli secara virtual ketika kamu membutuhkannya. Baca buku-buku berikut ini saat kamu butuh suntikan nasihat, inspirasi, atau obrolan ringan tentang hidup.


    Joy at Work – Marie Kondo


    Bersama Marie Kondo, kamu akan belajar ulang caranya melipat kaus kaki, merapikan buku-buku lama, dan latihan bersyukur pada gairah mimpi kamu yang telah membawa kamu sejauh ini. Sekarang, saatnya belajar lagi untuk membongkar meja kerja kamu dan – beranikan diri, ya! – untuk menemukan kembali kebahagiaan dalam bekerja. Andai saja Cosmo bisa merekrut Marie Kondo untuk berkunjung ke meja kerja Cosmo dan membantu merapikan semuanya... tapi buku ini saja sudah jadi solusi terbaik yang ada, lho.

    (Periplus.com, harga: Rp365.000,-)


    Wisdom from a Humble Jellyfish – Rani Shah


    Ternyata ada banyak hal yang bisa dipelajari dari cara ubur-ubur berelaksasi dan beristirahat dalam sehari, lho. Buku yang satu ini akan memberi kamu berbagai ide serta gagasan baru untuk merawat diri sendiri, ditambah kamu jadi bisa mengapresiasi dunia sekitar kamu dengan sudut pandang baru. Tidak buruk sama sekali!

    (Booksbeyond.co.id, harga: Rp329.650,-)


    Act Like A Lady – Keltie Knight, Becca Tobin, Jae Vanek


    Buku esai ini ditulis oleh trio cerdas dan pintar di balik podcast dan E! Show LadyGang. Buku ini mengungkap tirai di balik konsep kesempurnaan yang kita lihat di media sosial, dan menyediakan berbagai nasihat yang dibutuhkan (sekaligus menghibur) sampai habis.

    (Opentrolley.co.id, harga: Rp429.000,-)


    The Subtle Art of Not Giving A F*ck – Mark Manson


    Kita semua pasti punya satu teman yang kejujurannya menakutkan tapi menusuk telak pada nasihat yang kamu sedang butuhkan sekarang. Nah, buku ini adalah sejenis dengan teman yang seperti itu. Mark pada dasarnya hanya ingin kamu berfokus pada hal-hal yang memang krusial bagi kamu. Dan Cosmo rasa itu cukup adil, kok!

    (Kinokuniya, iLotte.com, harga: Rp308.000,-)


    Choose Wonder Over Worry – Amber Rae


    Belajarlah caranya merelakan ketakutan dengan bantuan Amber, seorang pembicara inspiratif yang mendorong kamu untuk menghadapi ketakutan tersebut dan berpikir ulang mengenai ketakutan yang menyita energi kamu tersebut.

    (Booksbeyond.co.id, harga: Rp329.650,-)


    How to Get Sh*t Done – Erin Falconer


    Baca saja dari judulnya! Erin ingin para perempuan untuk berhenti merasa bahwa mereka punya banyak kekurangan (ehm, sangat relatable), dan ia akan mengajari kamu caranya untuk menyelesaikan suatu hal tanpa usaha berlebih. Ya, kamu tidak akan salah baca, kok.

    (Opentrolley.co.id, harga: Rp302.000,-)




    Gmorning, Gnight! – Lin-Manuel Miranda


    Jika ada yang ingin memberi kamu obrolan ringan tentang hidup, itu adalah para kreator Hamilton. Buku berisi kalimat afirmasi harian dari Miranda ini rasanya lebih inspiratif untuk dibaca ketimbang memantau lini cuitan di Twitter. Baca kalimat-kalimat singkat yang penuh dorongan ini setiap pagi dan lihat bagaimana buku ini bisa mengubah hidup kamu jadi lebih baik.

    (Booksbeyond.co.id, harga: Rp339.300,-)


    The Defining Decade – Meg Jay


    Meg, seorang psikolog klinis, percaya bahwa usia 20an adalah yang paling berpengaruh dan penting bagi kehidupan kamu (jangan tertekan, ya), inilah mengapa ia ingin kamu menggunakan masa-masa tersebut secara maksimal. Ia menggunakan cerita-cerita nyata dari pasiennya untuk memberi contoh kasus. Jadi, apa alasan untuk tidak membaca cerita-cerita menggugah ini?

    (Periplus.com, harga: Rp257.000,-)


    The Happiness Hack – Ellen Petry Leanse


    Ellen telah menghabiskan bertahun-tahun mempelajari kebiasaan para pekerja di bidang teknologi seperti di perusahaan Google dan Facebook, dan itulah saat ia menyadari bahwa kita pun bisa menciptakan kebiasaan dengan perangkat teknologi kita. Artinya, kamu bisa menciptakan kebiasaan positif sendiri, lho. Ia akan membantu kamu berhenti menjalani hidup secara autopilot dan berfokus pada bagian dalam hidup yang benar-benar diperlukan, dan untuk bisa mendedikasikan lebih banyak waktu untuk merengkuh semua hal yang sungguh-sungguh kamu nikmati.

    (Periplus.com, harga: Rp229.000,-)


    Workparty – Jaclyn Johnson


    Butuh bantuan soal karier? Jaclyn – pendiri dan CEO dari Create & Cultivate, sebuah platform online untuk pebisnis perempuan milenial – mengajari para pembaca bukunya untuk belajar dan bertumbuh dari kegagalannya. Ia pun mengumpulkan berbagai wejangan dari rekan wirausaha perempuan seperti Rebecca Minkoff dan Kendra Scott untuk buku ini.

    (Booksbeyond.co.id, harga: Rp310.650,-)


    The Myth of the Nice Girl – Fran Hauser


    Jika kamu familier dengan dilema klasik tentang ingin jadi baik hati tapi tak ingin diinjak-injak orang lain, ataupun ingin jadi pemimpin tapi takut dianggap sebagai orang menyebalkan, buku ini tepat untuk kamu baca! Fran menggarisbawahi caranya untuk menjadi perempuan karier yang sukses tanpa harus mengubah siapa diri sendiri sebenarnya.

    (Periplus.com, harga: Rp393.000,-)


    The Up Side of Down – Megan Mcardle


    Megan percaya bahwa kegagalan itu tak bisa terhindarkan, dan bahwa kehidupan adalah tentang belajar untuk bangkit ketika kita terjatuh. Dengan berbagai nasihat dari para dokter di ruang IGD, psikolog, dan banyak pakar lainnya, buku ini membantu kita untuk belajar cara membangkitkan diri.

    (Opentrolley.co.id, harga: Rp464.000,-)


    Ask A Philosopher – Ian Olasov


    Mulai dari pertanyaan seperti “Apa arti dari kehidupan?” sampai “Apa itu kebahagiaan?” dan banyak lagi lainnya, buku ini akan membantu kamu mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan besar ataupun kecil milik kamu, dengan berbagai wawasan menarik yang membuat kamu jadi filosofis.

    (Booksbeyond.co.id, harga: Rp484.500,-)


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Images: Dok. Goodreads.com / Layout: Rhani Shakurani / Leah Thomas & Elizabeth Ann Entenman)