Better You

Mars Retrograde 2020 & Pengaruhnya Pada Setiap Zodiak

  by: Shamira Priyanka Natanagara       18/9/2020
  • So, Cosmo punya kabar buruk bagi kalian semua—Mars Retrograde hadir untuk merusak rencanamu. Mars Retrograde memang kurang terkenal dari Mercury Retrograde, tapi secara objektif sebuah transit yang sulit dihadapi. Saat ini, Mars Retrograde berada di zodiak favoritnya, Aries, dari 9 September hingga 13 November (tapi kamu masih bisa merasakan efeknya hingga akhir Desember). Para zodiak cardinal Aries, Cancer, Libra dan Capricorn adalah yang mengalami paling banyak kesulitan akibat transit ini, tapi Leo dan Sagittarius mengalami masa yang lebih mudah (tapi tetap cukup sulit).

    Mars adalah planet ego, motivasi, agresi, dan libido, dan retrograde adalah waktu di mana hal-hal menjadi terbalik. Pada dasarnya, Mars Retrograde adalah masa di mana rasa motivasi, betapa energiknya dirimu, dan dorongan seks mulai melambat dan berperilaku aneh. Yeah… yikes! Aries adalah prajurit di antara ke-12 zodiak, jadi ketika Mars berada di Aries (seperti sekarang ini) tapi tidak dalam kondisi retrograde, kamu akan merasa tekad yang kuat dan siap untuk beraksi. Namun saat Mars mulai bergerak ke belakang, semangat dan kepercayaan dirimu yang membara menguap. Mars, sang Dewa Perang, benar-benar merasa seperti seorang pengecut sekarang, begitu pula kamu. Terus berjuang, girls—it won’t last forever!

    Faktanya, Cosmo punya timeline Mars Retrograde untukmu. Mulai dari 1 September hingga 13 September, Mars berada di stasiun pertama—melambat di langit, sehingga membuatmu merasa tak berharga. Dari 13 September hingga 3 November, Mars benar-benar retrograde, dan kamu mencoba mencari tahu mengapa semua motivasi telah hilang dan bagaimana cara menghadapi energi yang hilang. Finally, dari 3 November hingga 13 November, kemungkinan kamu akan membuat perubahan untuk membetulkan masalah ini. Mars mulai bergerak seperti semula pada 13 November, tapi kamu masih harus membereskan kekacauan yang terjadi pada periode post-retrograde hingga akhir Desember.



    TBH, transit ini sulit bagi semua orang. Namun Cosmo tak akan pernah memberi peringatan tanpa memberi pertolongan! Kamu hanya perlu ingat bahwa sisi Mars-mu—kemandirianmu, motivasimu, doronganmu—sedang super kacau sekarang, so memulai proyek baru bukanlah sebuah opsi saat ini. Namun kalau kamu dan orang lain bisa bekerja sama untuk melakukan sesuatu, ini bisa menjadi masa yang menguntungkan bagimu! Kalau kamu single, jangan mulai hubungan baru—Mars Retrograde adalah resep untuk agresi yang pasif dan kebencian yang berkembang, membuatmu meledak hanya karena si dia mengunyah terlalu keras. Coba menjadi lebih jelas tanpa bersikap agresif. Tunjukkan orang lain bahwa kamu tertarik untuk berkompromi. Work hard, tak peduli betapa buruk dan lelah perasaanmu, karena imbalannya pantas untuk ditunggu. 


    Baca horoskop untuk zodiak Sun/Rising-mu berikut ini:


    Aries

    Mars adalah planet penguasamu secara modern, jadi biasanya ketika sedang berhenti di zodiakmu, kamu bersenang-senang! Sayangnya, retrograde kali ini akan menimbulkan kekacauan. Citra dirimu, impianmu, cara kamu mengekspresikan diri, dan bagaimana kamu menunjukkan passion/motivasi/agresi dipertanyakan selama dua bulan ke depan. Kenapa kamu mengatakan/melakukan hal-hal yang kamu lakukan? Bagaimana caramu meraih tujuan? Apa yang membuatmu merasa termotivasi? Apakah kamu menyalurkan energi lewat cara yang produktif dan sehat, atau belakangan ini kamu bermalas-malasan? Kemungkinan kamu tidak merasa seperti diri sendiri untuk sementara, Aries, tapi itu karena kamu sedang mempelajari siapa dirimu yang sebenarnya. Coba anggap retrograde ini sebagai kesempatan untuk mengatur ulang prioritas dan membuat perubahan (konstruktif) untuk mengekspresikan dirimu.

     

    Taurus

    Setiap proyek, hubungan, dan tugas pribadi dari dua tahun ke belakang ini menarik perhatianmu sekarang, Taurus. Lihat segala kesuksesan yang telah kamu capai—apakah usahamu benar-benar worth it, atau kamu membuang-buang waktu melakukan sesuatu yang bukan passion-mu? Atau mungkin kamu merasa puas dengan pekerjaan yang telah kamu selesaikan—tapi bagaimana dengan proyek yang gagal, atau proyek yang kamu abaikan begitu saja? Gebetan di masa lalu, pekerjaan lama, atau pekerjaan yang pernah kamu mulai tapi tidak pernah selesaikan kembali muncul, jadi gunakan waktu ini untuk memutuskan hubungan atau mengundang kembali hal-hal tersebut ke dalam hidupmu. Dan ya, tidak aneh jika para mantan mulai mengirimkan DM. Jika kamu mengakhiri hubungan secara buruk, drama tersebut akan menyapamu lagi, tapi kamu bisa menggunakan retrograde ini untuk menemukan closure. Namun kalau kalian mengakhirinya dengan baik, kemungkinan kamu bisa mengubah sang mantan menjadi teman. Selain itu, “musuh tersembunyi” di hidupmu—orang-orang yang sering membicarakanmu secara negatif, fake friends, dll.—juga menjadi lebih penting. Gunakan waktu ini untuk menyelesaikan masalah atau membuang mereka jauh-jauh dari hidupmu. Selamanya!

     

    Gemini

    Kamu perlu menyingkirkan beberapa orang dari hidupmu, Gemini. Mars Retrograde menyorot teman lama dan baru di lingkaran sosialmu. Teman-teman yang baik akan menjadi… kurang baik, tapi kalau kamu memutuskan bahwa mereka pantas untuk dipertahankan, kamu bisa mengatasi masalah minor yang mungkin menyebabkan ketegangan di antara kalian. Teman-teman yang buruk dalam hidupmu akan menjadi jauuuh lebih menyebalkan, sorry. Jadilah lebih lugas, tapi tidak agresif terhadap orang-orang ini. Beritahu mereka bahwa jika masih ingin menjadi bagian dari hidupmu, mereka harus membenarkan sikap. Jika menolak, katakan “see ya!” dan putuskan hubungan kalian. Pada akhir Mars Retrograde, hidupmu akan memiliki banyak sekali ruang untuk pertemanan baru yang lebih baik dan suportif.

     

    Cancer

    Selama dua tahun terakhir, motivasimu di kerja telah berkurang secara perlahan, dan kini, kemungkinan kamu merasa super lelah! Mars Retrograde menonjolkan rasa frustrasimu terhadap kurangnya perkembangan karier, dan sudah berada di level yang tinggi. Kenapa kamu tidak merasa kegembiraan yang sama seperti dulu? Mungkin kamu berada di jalur karier yang salah—gunakan waktu ini untuk menulis ulang resume. Mungkin kamu cinta pekerjaanmu, tapi kamu tidak mendapatkan fasilitas yang berhak kamu dapatkan—mintalah waktu untuk berdiskusi dengan atasanmu. Be confident, karena Mars Retrograde juga menonjolkan rasa takut terhadap pengakuan. Pencapaian yang besar bisa menghadirkan penghargaan yang besar, pastinya, tapi juga membuatmu merasa seakan-akan kamu harus mempertahankan pekerjaanmu karena orang-orang memiliki ekspektasi yang telah meningkat akan dirimu. Namun kamu bisa memenuhi ekspektasi tersebut. You got this, Cancer!

     

    Leo

    You need a break, Leo. Bahkan sebelum Mars Retrograde ini, energimu selalu rendah, dan kini kamu merasa lebih lelah. Kamu merasa seakan-akan hidup menjadi membosankan, dan kamu sangat, sangat, sangat ingin kebebasan. Well, Cosmo punya kabar buruk untukmu—itu tak akan terjadi. Setidaknya tidak sekarang. Kamu terdorong untuk tahu alasan di balik rasa bosan tersebut. Apakah karena kamu tidak memiliki rencana untuk masa depan dan hanya mengikuti arus kehidupan sehari-hari? Apakah karena kamu tidak punya ruang untuk berkembang, secara profesional atau secara umum? Temukan sumber di balik perasaan ‘bleh’ tersebut dan cari cara untuk menggantikan bagian hidup tersebut dengan sesuatu yang baru, menyenangkan, dan menarik! Pada dasarnya, retrograde ini memintamu untuk mencari tahu mengapa kamu tidak bisa berkembang, temukan tipe orang yang menjadi dambaanmu, dan lalu cari sebuah cara untuk mewujudkan mimpi menjadi kenyataan.

     

    Virgo

    Dua area yang sangat berbeda dalam hidupmu akan terpengaruh Mars Retrograde—keuangan orang lain dan kehidupan seksmu. Keberadaan hutang apapun yang kamu miliki akan sangat terasa, dan kamu didorong untuk membayarnya, segera. Orang-orang yang berhutang padamu semakin menimbulkan drama karena bertingkah aneh ketika kamu memintanya kembali, atau mungkin langsung ghosting dirimu. Kesabaran adalah kebaikan, Virgo, jadi tunggu sampai retrograde ini berakhir untuk menghubungi orang-orang tersebut, atau kamu hanya akan terlibat dalam lebih banyak masalah finansial. Dan soal seks, libidomu super rendah, dan sulit untuk merasakan chemistry dengan siapapun. Ini bukanlah situasi yang mudah, Virgo, dan tak ada solusi yang tepat untuk menangani masalah yang akan kamu alami. Daripada menyalurkan sisi Mars-mu—menjadi frustrasi, tidak sabar, atau bahkan meledak-ledak ketika masalah-masalah ini muncul—coba menjadi Venus yang lebih kooperatif dan ramah. Dengan itu, kamu bisa mengurangi masalah dan berhasil menavigasi retrograde ini. Ya… memang menyebalkan, sih. Sorry, bb.



     

    Libra

    Mars Retrograde mengundang kembali seeemuuuaaa drama dari kehidupan asmaramu dan memamerkannya di depan matamu. Kemungkinan besar masalah hubungan akan menjadi tema utama hidupmu selama dua bulan ke depan, jadi semua hubungan ‘p’ yang kamu miliki—pertemanan, pasangan hidup, pasangan bisnis, atau permusuhan—akan menantang. Rasa marah, iri, atau dendam yang sudah lama disembunyikan akan sangat terasa, dan kamu serta pasanganmu merasa seakan-akan kamu harus melepaskannya. Kemungkinan akan menyebabkan pertengekaran di awal, kecuali kamu menunjukkan keinginan untuk bekerja sama untuk menghadapi masalah ini. Mars Retrograde juga bertanya jika hubunganmu benar-benar seimbang, atau salah seorang bekerja lebih keras. You’re all about balance, Libra, jadi kamu bisa menangani ini—pelajari masalah dan bekerja sama dengan pasanganmu untuk menyelesaikannya, bahkan jika itu berarti kalian harus putus.

     

    Scorpio

    Karena secara tradisional Mars adalah planet penguasamu, kamu sangat merasakan retrograde ini, Scorpio. Bagimu, periode ini memengaruhi kesehatan dan wellness. Pertama-tama, Mars Retrograde bisa mengarah ke kecerobohan dan kecelakaan konyol, dan pada Aries (yang menguasai kepala/wajah), mungkin kamu bisa tak sengaja membenturkan kepala atau mengalami sejenis cedera atletik ringan. Kedua, Mars Retrograde menarik semua perhatianmu kepada bagaimana kamu telah menghabiskan waktu/tenaga untuk merawat diri sendiri—kemungkinan, kamu belum melakukan hal yang terbaik. Review, revisi, dan buat ulang rutinitas self-care, dan perasaan tidak enak yang sedang kamu rasakan perlahan akan pergi. Saat retrograde ini berakhir, kamu akan menemukan rutinitas keseharian baru yang luar biasa positif untuk kesehatan mental dan fisikmu.

     

    Sagittarius

    Kelelahan, depresi, dan penghalang sisi kreatif/emosional yang kamu rasakan bisa disalahkan pada Mars Retrograde, dan karena retrograde ini panjang, perasaan menjijikan ini tentu akan melekat pada dirimu untuk waktu yang cukup lama (maaf!!!). Kehidupan ranjang mungkin terasa membosankan, atau mungkin kamu merasa telah kehilangan ketertarikan terhadap si dia. Bisa jadi kalian tidak merasakan chemistry yang sama seperti dulu, atau mungkin terlalu lelah untuk memikirkan kehidupan cinta. People change, Sagittarius, dan sekarang, kamu sedang melalui transformasi total. Orang-orang/hal-hal yang sempat membuatmu bergairah menjadi kurang mendebarkan, karena kalian tak lagi cocok. Gunakan periode ini untuk menyingkirkan hal-hal yang membebani hidup, teman menyebalkan atau pasangan toxic. Pada akhir retrograde ini, kamu telah mempelajari lebih banyak hal tentang diri sendiri, keinginanmu, dan bagaimana kamu menyalurkan kembali energi kepada kehidupan yang lebih pas dengan dirimu yang sebenarnya.


    Capricorn

    Selama dua bulan ke depan, jangan kaget jika terjadi drama di rumah dan dengan keluarga. Ketegangan tinggi di antara kamu dan orang tua/roomate/keduanya, dan hal-hal kecil yang mengganggu saja bisa menimbulkan perkelahian besar. Peralatan di rumah bisa menjadi rusak. Mungkin kamu merasa kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari. Kalau kamu sedang pindah, hahaha… good luck!!! Hal utama di sini adalah rumahmu tidak lagi terasa seperti tempat yang kamu kunjungi untuk ‘pulang’ di penghujung hari—karena sang roomate bukanlah yang terbaik, tempatmu tidak terlihat begitu bagus, atau kamu sedang mengalami banyak masalah keluarga. Gunakan waktu ini untuk melawan masalah dengan orang-orang yang tinggal denganmu, buat tempat tinggalmu lebih cantik, dan buat kehidupan di rumah terasa seperti seharusnya—aman, nyaman, dan stabil.

     

    Aquarius

    So… satu masalah Mars Retrograde untuk zodiakmu adalah masalah kendaraan—mungkin belum lama ini kamu menabrak jalan berlubang karena menyetir seperti makhluk planet Mars (agresif dan terdistraksi) dan menghadapi konsekuensinya. Dan soal topik yang berbeda, Mars Retrograde bisa membuat komunikasi lebih sulit. Kamu menyadari bahwa kamu memiliki kebiasaan buruk: bicara pada orang daripada bicara dengan mereka. Kamu kesulitan membiarkan orang menyuarakan ide, perasaan, dan minat mereka. Belajar untuk menjadi seorang pendengar aktif selama beberapa bulan ke depan. Kamu akan sadar bahwa kamu bisa mengatakan hal-hal yang ingin kamu katakan, selama kamu memiliki kemauan untuk bercakap-cakap dan mendengar orang lain juga.

     

    Pisces

    Kurangi pengeluaranmu, Pisces! Mars Retrograde berpengaruh pada zona finansial zodiakmu, membuat akun bank super kacau. No, ini bukan berarti kamu akan mendadak bangkrut. Ini merupakan periode di mana kamu patut menghentikan perilaku ala Mars soal keuangan—mengeluarkan uang sesuka hati, mengabaikan bujet, hal-hal seperti itu—dan pause. Kamu dengan mudah bisa bertahan selama retrograde ini dengan mengurangi pengeluaran, menabung sebisa mungkin, dan belajar cara budgeting lebih baik (atau belajar dari awal). Jika kamu merasa stuck dan tidak tahu cara mengatur keuangan lebih baik, kamu bisa meminta bantuan dari teman atau anggota keluarga. Berkomitmen untuk membuat pilihan yang lebih pintar dan aman dalam mengeluarkan uang dan kamu akan mendapatkan lebih banyak keuntungan sepanjang jalan.

     

    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Kinga Cichewicz on Unsplash)