Better You

Makanan Olahan & Gorengan Ternyata Buruk Bagi Vagina!

  by: Giovani Untari       21/9/2020
    • Tanpa kita sadari ternyata makanan olahan dan gorengan berdampak buruk bagi kesehatan vagina.
    • Salah satunya karena makanan yang digoreng mengandung lemak dan kalori yang tinggi, di mana dalam beberapa studi hal ini dapat memicu pertumbuhan bakteri lebih di vagina.


    Cosmo yakin kalau kamu pasti sudah sering mendengar bahwa makanan olahan serta gorengan bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan kita. Masalahnya lagi terkadang makanan olahan (seperti sosis atau nugget!) bahkan kita santap dengan cara digoreng! Jadi bisa dibayangkan bukan seperti apa double combo dari efek negatif makanan tersebut bagi kesehatan kita?





    Tetapi satu hal yang tak kalah mengejutkan fakta bahwa makanan olahan dan gorengan ternyata juga membawa pengaruh buruk bagi kesehatan vagina kita! Itu karena makanan yang digoreng dimasak dengan tambahan minyak, sehingga menggandung lemak dan kalori yang lebih tinggi. Dalam beberapa studi hal ini menunjukkan dapat memicu pertumbuhan bakteri berlebih di organ kewanitaan kita. Dan jika diabaikan, maka masalah ini dapat memicu munculnya infeksi pada vagina seperti bacterial vaginosis. Masalah kesehatan vagina ini bisa kamu kenali dengan beberapa tanda seperti: munculnya bau tidak sedap bahkan ke arah amis, vagina terasa gatal, rasa panas saat buang air kecil, serta keputihan



    Tak jauh berbeda dengan makanan yang digoreng, mengonsumsi makanan olahan secara berlebihan dan terus menerus juga bisa menekan sistem imun tubuh sehingga membuat bakteri buruk di area vagina berkembang dengan pesat. Ini juga menjadi salah satu penyebab munculnya masalah baru bagi kesehatan vagina seperti: bacterial vaginosis, infeksi ragi vagina, rasa nyeri saat berhubungan seks, dan infeksi saluran kemih.



    Jadi jika kamu merasa beberapa gejala di atas, bisa jadi ini sebuah pertanda bahwa ada yang salah pada pola hidup dan makanan yang kamu konsumsi, babes! Saatnya me-review kembali apa saja yang kamu makan dan memilih beberapa pilihan makanan yang baik untuk kesehatan vagina kita. Lalu segeralah berkonsultasilah dengan dokter jika kamu merasakan ada yang janggal dengan area vagina kamu.


    Baca juga: 8 Makanan yang ternyata buruk bagi kesehatan vagina


    (Giovani Untari / Images: Dok. Haritanita for Freepik.com, Tenor.com)