Celebrity

Cosmo 23rd Anniversary: Daniel Mananta Berbagi Pesan Positif

  by: Alvin Yoga       21/9/2020
    • Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-23 bulan ini, Cosmopolitan Indonesia mengajak beberapa selebriti untuk berbagi pesan positif di tengah situasi yang tidak menentu ini.
    • Daniel Mananta membeberkan cerita mengenai apa yang membuatnya bahagia, serta membagikan pesan positif bagi kita semua dalam menghadapi pandemi.


    Apa yang membuat Anda bertahan dan merasa bahagia dengan pilihan karier Anda?

    Saya passionate dengan apa yang saya kerjakan. Bahkan di awal karier, saya merasa tak masalah jika tidak dibayar, karena saya suka dengan apa yang saya kerjakan dan bahagia melakukannya. Dengan bermodalkan passion, saya semakin mempertajam skill, sampai akhirnya kemudian saya dibayar atas apa yang saya lakukan. Pada akhirnya, passion-lah yang mengantarkan saya pada pilihan karier saya sekarang.




    Pelajaran hidup terbaik apa yang Anda dapatkan sejauh ini?

    Saat ini, hari ini, jangan jadikan karier sebagai identitas Anda. Semua orang, suatu hari nanti akan melepaskan kariernya dan pensiun, jadi tidak baik jika Anda mengasosiasikan identitas diri Anda sesuai dengan karier. Biasakan diri untuk memakai “topi” yang berbeda, terutama ketika kita melangkah ke tempat lain atau menghadapi situasi yang berbeda. Semisal selama pandemi, saya memakai “topi” Daniel bukan-presenter, karena kalau saya tetap memakai titel itu, saya akan stres. Jadi, saya lepas sementara “topi” tersebut, dan saya gunakan “topi” Daniel sang tetangga sebelah. Saya juga menjadi Daniel si mahasiswa, karena saya mengambil banyak Masterclass dan mengembangkan diri dengan terus mempelajari banyak hal.


    Ketika sedang tidak bekerja, hal apa yang biasa Anda lakukan untuk melepas penat dan menghibur diri?

    Biasanya saya akan berlari sambil mendengarkan podcast, dengan begitu setelah selesai berlari saya akan merasa refreshed baik dari segi fisik maupun mental. Selain itu saya juga suka menonton film dan serial TV.




    Satu hal yang bisa membuat Anda tersenyum secara instan hanya dengan memikirkannya adalah…

    Berlibur bersama keluarga. Saya suka sekali berlibur, dan salah satu liburan yang paling berkesan adalah ketika saya bersama istri dan anak-anak berkunjung ke Perth selama dua minggu. Kami pergi tanpa asisten, kami menyewa Airbnb, kami membersihkan rumah sendiri, dan kami berlibur layaknya keluarga lain. Memikirkan momen tersebut saja langsung membuat saya tersenyum. Saya suka sekali menghabiskan waktu dan mendekatkan diri dengan keluarga, dan saya selalu looking forward agar bisa mendapatkan momen seperti itu lagi. Pandemi ini sedikit banyak membuat momen tersebut menjadi nyata. Tentu saja ada perbedaan karena kami tak bisa keluar rumah, namun tetap saja kami berempat bisa menghabiskan waktu bersama. It’s a beautiful moment that brings warm feelings for me.


    Belakangan ini hidup terasa seperti roller coaster, adakah saran untuk tetap semangat dan bersikap positif bagi para pembaca Cosmo?

    Saya yakin keadaan setiap orang pasti berbeda-beda, jadi saya tak bisa memberikan blanket solution. Tapi yang paling penting, dekatkan diri dengan Tuhan dan berdoalah. Cobalah bersyukur biarpun kita berada di situasi yang kurang menguntungkan, karena dengan begitu kita bisa memiliki ketenangan dan kepercayaan untuk melewati tantangan ini. Percayalah bahwa semuanya akan baik-baik saja, karena ketika Anda bersikap positif, akan ada banyak hal positif yang juga mendekat pada diri Anda.


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Cosmo)