Celebrity

Cosmo 23rd Anniversary: Pesan Positif Dian Sastrowardoyo

  by: Givania Diwiya Citta       21/9/2020
    • Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-23 bulan ini, Cosmopolitan Indonesia mengajak beberapa selebriti untuk berbagi pesan positif di tengah situasi yang tidak menentu ini.
    • Dian Sastrowardoyo membeberkan cerita tentang pembelajaran hidup, pilihan karier, sampai membagikan pesan positif dalam menghadapi pandemi untuk kita semua.


    Apa yang membuat Anda bertahan dan merasa bahagia dengan pilihan karier Anda?

    Baru-baru ini, dan semakin ke sini, saya menemukan makna mengapa karya saya lebih penting dari yang saya pikir sebelumnya. Ternyata karya saya punya makna karena ada kontribusinya kepada gambaran hidup yang lebih besar, pada kehidupan bernegara, pada kehidupan masyarakat secara lebih luas. Saya tersadar bahwa pencapaian saya dalam karier itu tidak melulu untuk memenuhi pencapaian ego saya saja, tapi juga untuk sesuatu yang bisa saya sumbangsihkan pada masyarakat Indonesia.





    Pelajaran hidup terbaik apa yang Anda dapatkan sejauh ini?

    Terkadang hidup tak berjalan sesuai yang kita rencanakan, dan mungkin kita kerap menganggap bahwa itu akan jadi akhir dunia. Namun sebenarnya, kitalah yang seharusnya fleksibel. Intinya, apa hikmah di balik ini? Semisal saya waktu itu pernah ingin sekolah di luar negeri, tapi belum kesampaian, jadi saat itu saya bilang, ‘Oke, kalau saya belum bisa sekolah atau belum bisa mewujudkan cita-cita saya, mungkinkah saya berada di sini untuk bisa mewujudkan mimpi dari orang lain?’ Akhirnya saya mulai merasa punya makna saat saya membuat Beasiswa Dian. Saya mulai merasa, ‘Oh, inilah mengapa saya harus berkarier selama 20 tahun ini.’ Ternyata saya berkarier bukan untuk diri saya, melainkan untuk orang lain. Pelajaran hidup yang saya dapatkan adalah: You never know that you’re meant for something bigger than yourself.


    Pelajaran hidup yang saya dapatkan adalah: You never know that you’re meant for something bigger than yourself.


    Ketika sedang tidak bekerja, hal apa yang biasa Anda lakukan untuk melepas penat dan menghibur diri?

    Saya biasa menonton film Korea! Apalagi selama pandemi ini, saya ingin menonton yang ringan, happy, dan bisa membuat saya tertawa. Dan saya bisa mendapatkannya dari menonton Netflix (karena semua serial Korea yang ingin saya tonton ada di Netflix, dan ada beberapa di platform yang lain). Tapi ini membuat saya bahagia karena meski #DiRumahAja, saya tetap bisa menikmati hal-hal yang kita suka dan yang membuat kita bahagia.




    Satu hal yang bisa membuat Anda tersenyum secara instan hanya dengan memikirkannya adalah……. dan mengapa?

    Hal-hal lucu yang terjadi antara saya dan teman-teman SMA saya. Guyonan dari teman-teman pasti selalu membuat saya tertawa. Kemarin ada teman saya yang berulang tahun ke-40, lalu kami semua membuatkannya stiker Happy Birthday. Saat membayangkan wajahnya bereaksi ketika mendapatkan stiker itu dan dikirimi papan bunga yang besar saja sudah berhasil membuat saya tertawa.



    Terakhir, belakangan ini hidup terasa seperti roller coaster, adakah saran untuk tetap semangat dan bersikap positif bagi para pembaca Cosmo?

    Kita bisa jauh lebih bahagia jika kita tenang. Saat kita panik, maka hidup terasa seperti roller coaster. Dalam keadaan panik, tubuh kita akan mengeluarkan hormon stres, dan itu membuat kesehatan kita jadi tak baik, bikin kita jadi tak bisa tidur, bahkan bikin lapar terus. Kuncinya, kita harus menenangkan diri kita sendiri sampai hormon yang keluar adalah hormon yang tenang. Barulah kita bisa berpikir jernih dan bisa menyelesaikan suatu masalah. Our brain functions better when we are calm. Intinya, cari cara bagaimana agar kita bisa menenangkan diri sendiri, meski kita sedang takut, sedih, atau ingin marah. Sangat penting untuk mengalokasikan waktu untuk diri sendiri secara disiplin, untuk bisa memusatkan fokus pada diri. Bernapaslah dalam keheningan, dan ingat siapa diri kita sehingga kita ingat apa yang penting untuk kita, dan apa yang harus kita lakukan. Kita bisa, kok, menyelesaikannya pelan-pelan, satu demi satu. Menenangkan diri adalah kemampuan yang harus dimiliki saat ini, bahkan jadi lebih penting daripada sebelumnya, karena untuk menghadapi tantangan selanjutnya, kita akan sangat memerlukan kemampuan ini.


    (Givania Diwiya / FT / Image: Dok. Instagram @therealdisastr / Layout: Rhani Shakurani)