Celebrity

Cosmo 23rd Anniversary: Gamaliel Berbagi Pengalaman Hidupnya

  by: Givania Diwiya Citta       23/9/2020
    • Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-23 bulan ini, Cosmopolitan Indonesia mengajak beberapa selebriti untuk berbagi pesan positif di tengah situasi yang tidak menentu ini.
    • Gamaliél membeberkan cerita tentang pembelajaran hidup, pilihan karier, sampai membagikan pesan positif dalam menghadapi pandemi untuk kita semua.


    Apa yang membuat kamu bertahan dan merasa bahagia dengan pilihan karier kamu?

    Yang membuat saya bertahan pada pilihan karier ini adalah karyanya. Itulah yang nomor satu. Karena tren atau apapun itu akan lewat dan berlalu, tapi kalau kita bisa terus berkarya, menulis lagu baru, menciptakan karya baru, itu yang tidak akan hilang oleh waktu. Dan setiap menciptakan karya baru, rasanya selalu senang dan bahagia. Terlepas dari semua kerja kerasnya, tapi ketika satu karya telah tercipta, kepuasannya berbeda dan tidak bisa digambarkan.




    Kalau kita bisa terus berkarya, menulis lagu baru, menciptakan karya baru, itu yang tidak akan hilang oleh waktu.


    Pelajaran hidup terbaik apa yang kamu dapatkan sejauh ini?

    Ini adalah salah satu pelajaran hidup terpenting yang saya pernah dapatkan, yaitu jangan pernah menaruh ekspektasi pada manusia. Apapun yang kita lakukan, maka lakukanlah sebaik mungkin. Karena ketika hasilnya memuaskan ataupun tidak, setidaknya itu karena kita telah melakukan yang terbaik. 



    Ketika sedang tidak bekerja, hal apa yang biasa kamu lakukan untuk melepas penat dan menghibur diri?

    Sama seperti kebanyakan orang, saya gemar nonton, main game, bertemu dengan teman-teman di dunia maya. Bahkan, main game online bareng teman-teman saja sudah bisa sekaligus ngobrol dan melepas kangen di sana. Ya, masih serba dunia maya untuk masa-masa sekarang! 


    Satu hal yang bisa membuat kamu tersenyum secara instan hanya dengan memikirkannya adalah……. dan mengapa?

    Melihat alam atau melihat foto dan video alam. Juga foto-foto kenangan perjalanan hidup, seperti melihat kembali foto-foto lama keluarga, foto-foto liburan dengan teman-teman, itu sering membuat saya tersenyum. Karena ini membuat saya ingat bahwa kita pernah menikmati waktu yang hebat kala itu, dan membuat saya lebih penuh harap untuk masa depan, karena akan ada juga waktu-waktu hebat lainnya yang menanti di masa mendatang.






    Terakhir, belakangan ini hidup terasa seperti roller coaster, adakah saran untuk tetap semangat dan bersikap positif bagi para pembaca Cosmo?

    Rasanya hidup memang sedang terasa seperti roller coaster bagi setiap manusia di seluruh dunia. Mungkin ini juga bukan kadar saya untuk bilang bahwa kita harus bisa jadi se-positif satu orang tertentu, karena pasti yang dialami satu dengan yang lain adalah berbeda kisahnya. Tapi saya berdoa, semoga kita semua bisa menemukan cara kita masing-masing untuk bertahan hidup dan tetap sehat secara fisik dan mental. Satu hal lagi, jangan pernah menyalahkan diri sendiri atas suatu hal yang terjadi di luar kendali kalian. Tetaplah bekerja keras dan berusaha semaksimal mungkin, dan tetaplah bertanggungjawab. 


    Baca juga: Ini Cara Audrey Tapiheru Merayakan Hidupnya


    (Givania Diwiya / FT / Image: Dok. Gamaliél / Layout: Rhani Shakurani)