Celebrity

Cosmo 23rd Anniversary: Raisa dan Pelajaran Hidup Terbaik

  by: Givania Diwiya Citta       24/9/2020
    • Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-23 bulan ini, Cosmopolitan Indonesia mengajak beberapa selebriti untuk berbagi pesan positif di tengah situasi yang tidak menentu ini.
    • Raisa membeberkan cerita tentang pembelajaran hidup, pilihan karier, sampai membagikan pesan positif dalam menghadapi pandemi untuk kita semua.


    Apa yang membuat Anda bertahan dan merasa bahagia dengan pilihan karier Anda?

    Karier saya adalah hobi saya, passion saya, juga sekaligus mimpi saya, jadi saya bersyukur mendapatkan semuanya dalam satu kesempatan. Itulah yang membuat saya bertahan dengan pilihan karier ini. Karena ada saja orang yang mesti bekerja untuk membiayai hobinya, atau ia bekerja untuk mencapai mimpinya yang lain, atau ia bekerja agar nanti bisa berhenti bekerja demi mengejar mimpinya – sementara saya bersyukur semua kenikmatan itu sudah ada dalam pekerjaan saya. Inilah yang paling membuat saya semangat bekerja.





    Pelajaran hidup terbaik apa yang Anda dapatkan sejauh ini?

    Bahwa waktu itu sangat cepat berjalan. So don’t take time for granted. Karena realisasi dari waktu yang cepat berjalan itu adalah banyaknya perubahan dalam hidup kita, jadi kita harus belajar untuk lebih menghargai hal-hal kecil, atau seperti yang saya pelajari, membuat diri menjadi lebih gampang bahagia. Tidak harus selalu mencari kebahagiaan dari masa depan, namun justru nikmati hidup di masa sekarang, live in the moment.


    Kita harus belajar untuk lebih menghargai hal-hal kecil, atau seperti yang saya pelajari, membuat diri menjadi lebih gampang bahagia.


    Pelajaran hidup ini saya dapatkan setelah memiliki seorang anak. Sebelumnya saya menganggap bahwa waktu adalah konsep yang abstrak. Tapi begitu ada kehadiran anak, waktu ternyata memiliki wujud, karena saya menyaksikannya lewat anak saya yang mulai dari bayi, lalu lewat satu bulan hingga bulan lain saya menyaksikannya bisa melakukan berbagai hal, sampai ia berubah jadi seorang anak kecil, bisa berjalan, bisa bicara. Ternyata itulah bentuk konkrit dari waktu, meski saya melihatnya melalui seorang manusia kecil.


    Ketika sedang tidak bekerja, hal apa yang biasa Anda lakukan untuk melepas penat dan menghibur diri?

    Saya suka sekali pampering, sederhana tapi sangat berdampak bagi saya. Semisal dengan menyalakan lilin, bikin bubble bath – sambil nonton K-drama di tablet! – lalu pakai masker, itu sangat menyenangkan. Apalagi saat anak dan suami sudah tidur dan selesai diurus, itu adalah hal yang saya gemar lakukan untuk melepas penat. 





    Satu hal yang bisa membuat Anda tersenyum secara instan hanya dengan memikirkannya adalah……. dan mengapa?

    Keluarga. Karena di sanalah kebahagiaan saya bermula. Saya mencari kebahagiaan dari keluarga, dan kalaupun saya punya kebahagiaan serta rezeki dari luar, saya membaginya dengan keluarga. Ibaratnya, jika saya di luar bahagia, saya menjadi seorang ibu dan istri yang lebih baik, agar saya bisa membuat rumah memiliki lingkungan yang lebih menyenangkan. 


    Terakhir, belakangan ini hidup terasa seperti roller coaster, adakah saran untuk tetap semangat dan bersikap positif bagi para pembaca Cosmo?

    Sulit, ya, untuk masa sekarang… Tapi yang saya bisa sarankan, kenalilah diri sendiri terlebih dahulu. Be your own best friend, agar kalian tahu apa yang harus dilakukan. Karena menurut saya, kalimat afirmasi ataupun quotes yang positif tak akan memiliki pengaruh pada diri kecuali diri kita sendiri telah siap menghadapi masalah yang ada. Jadi inilah saatnya kita mengenali diri sendiri, ketahui apa yang berdampak baik dan kurang baik bagi kita, setelah itu, kita baru bisa menemukan solusinya. Dari sini juga, kita bisa membenahi diri sendiri.

    Saya pribadi merasa, jika saya melakukan hal baik pada diri sendiri, maka otomatis output yang dihasilkan adalah pikiran yang lebih positif. Contohnya sesederhana dengan makan sehat, atau mengaplikasikan skin care, atau berolahraga, hingga belajar skill dan hobi baru. Dengan melakukan satu hal baik untuk diri kita sendiri secara sadar, itu akan berdampak bagi kita dalam memiliki pikiran dan menjalani hidup secara lebih positif. 



    Baca juga: Pembelajaran Hidup Terbaik dari Dian Sastrowardoyo


    (Givania Diwiya / FT / Image: Dok. Instagram @raisa6690 / Layout: Rhani Shakurani)