Beauty

6 Kesalahan Yang Sering Kamu Lakukan Dengan Concealer!

  by: Astriana Gemiati       24/9/2020
    • Menggunakan concealer pada wajah bisa menutupi kekurangan pada wajah, seperti jerawat hingga lingkaran hitam.
    • Namun, concealer yang kamu gunakan kadang tidak bekerja dengan baik.
    • Yuk, intip beberapa kesalahan dan tips-nya cara menggunakan concealer.


    Girls, tak dapat disangkal bahwa aplikasi riasan bisa membentuk menjadi sebuah seni. Setuju tidak? Baik kamu sedang mencoba menyempurnakan tampilan smokey eyes atau lebih memilih makeup cepat hanya 5 menit! Namun, salah satu kebutuhan dasar setiap perempuan pada saat memasuki sesi makeup adalah membutuhkan concealer, meski hanya untuk menutupi jerawat hingga lingkaran hitam di wajah saja. Dan, hal yang menarik tentang concealer adalah opini tentang aplikasi dengan teknik yang bervariasi.

    via GIPHY




    Nah, untuk membantu kamu menguasai aplikasi concealer, Cosmo akan jabarkan beberapa kesalahan yang sering umum terjadi dan tips-nya saat menggunakan concealer.


    Terlalu banyak shades

    Menggunakan lebih dari satu warna concealer untuk mencocokkan wajah dan satu lagi untuk mencerahkan. Sebenarnya bagi Cosmo ini terlalu berlebihan. 

    Cosmo tips: Kamu cukup memilih satu warna concealer setingkat lebih terang dari rona kulit. Namun jika kamu menginginkan efek tampak cerah, kamu dapat memilih warna dua tingkat lebih terang dari rona kulit.


    Melupakan titik strategis

    Meskipun mengaplikasikan concealer ke area bawah mata sepertinya tidak perlu dipikirkan lagi, kebanyakan orang sepertinya melupakan beberapa titik strategis lainnya: Kelopak mata dan bibir!

    Cosmo tips: Menerapkan concealer di area kelopak mata dan bibir akan membuatnya lebih baik untuk aplikasi dan membantu warna kamu lebih menempel daripada kulit dibiarkan polos. Dan, ini lebih efisien karena kamu tidak perlu menggunakan produk primer yang pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Selain itu, mengaplikasikan di area ini juga dapat membantu menetralkan perubahan warna (seperti urat pada kelopak mata) dan rona kulit.


    Warna yang salah

    Kesalahan terbesar yang dilakukan orang adalah menggunakan warna concealer yang salah, sering kali memilih warna yang terlalu terang. Menggunakan shade yang terlalu terang (di bawah mata, misalnya!) bisa memberikan efek area di bawah mata kamu tampak putih secara tidak wajar. 

    Cosmo tips: Warna concealer yang lebih terang sebenarnya akan terlihat lebih alami saat dipasangkan dengan foundation kamu. Kamu dapat memilih dua warna yang lebih terang dari rona kulit alami kamu jika benar-benar ingin mencerahkan area tersebut. 


    Baca juga: Kenali 6 Warna Concealer


    Mengoleskan concealer sebelum foundation

    Langkah ini sempat menjadi sumber kontroversi, girls! Setiap makeup artist atau pengguna memiliki penerapannya sendiri-sendiri, namun beberapa orang mengatakan bahwa concealer harus diaplikasikan setelah foundation, karena jika tidak kamu hanya akan menghapusnya saat membaurkan alas dasar ini.



    Cosmo tips: Mengaplikasikan concealer setelah foundation, otomatis kamu akan menggunakan lebih sedikit produk untuk menghindari makeup terlihat cakey dan terkesan berlebihan.


    Teknik yang salah

    Mungkin ini mengejutkan bagi sebagian orang, namun kamu perlu sedikit strategi untuk menyembunyikan lingkaran hitam secara efektif saat kamu mengaplikasikan concealer.

    Cosmo tips: Alih-alih kamu menatap cermin secara langsung, coba miringkan kepala kamu ke bawah (dengan menjatuhkan dagu ke arah dada), sehingga kamu dapat melihat di mana bayangan bawah mata kamu jatuh. Bagian terdalam dari bayangan ini dalam tempat yang tepat untuk kamu aplikasikan untuk menyamarkan bayang gelap tersebut. 


    Menggunakan kuas yang salah

    Memadukan adalah salah satu langkah terpenting untuk dikuasai saat mengaplikasikan concealer. Terlalu banyak pencampuran membuat produk menghilang, hingga memungkinkan ini bukan tampilan yang kamu inginkan.

    Cosmo tips: Jika tidak yakin menggunakan kuas yang mana, kamu bisa menggunakan ujung jari manis untuk meratakan concealer. Selain jari manis memiliki penekanan yang rendah, produk juga dapat mudah meresap dengan baik di kulit. Atau, bisa juga menggunakan spons busa seperti beauty blender.



    Baca juga: Rekomendasi Concealer Lokal Untuk Menyamarkan Noda Hitam




    ( Astriana Gemiati / Image: freepik.com, GIPHY.com / Layout: Rhani Shakurani )