Lifestyle

5 Film dan Serial di Netflix Tentang Sisi Buruk Teknologi

  by: Shamira Priyanka Natanagara       25/9/2020
  • Ilmuwan Christian Lous Lange pernah mengatakan: "Teknologi adalah pembantu yang berguna tapi tuan yang berbahaya." TBH, Cosmo setuju. Seperti semua hal di dunia ini, teknologi memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri... tapi rasanya dampak buruk teknologi semakin mencolok seiring berjalannya waktu. Dan kalau kamu belum cukup yakin akan keburukan teknologi, mungkin film dan serial berikut ini akan mengubah perspektifmu. Ada dokumenter yang mengungkapkan kelicikan perusahaan media sosial, dan ada pula serial fiksi yang menunjukkan apa yang dapat terjadi saat teknologi tidak terkendali. Tapi fiksi atau tidak, pilihan tontonan berikut ini sungguh thrilling sekaligus relatable.  

     

    The Great Hack (2019)




    Film yang pertama kali ditayangkan di 2019 Sundance Film Festival ini membongkar skandal Cambridge Analytica, perusahaan konsultasi politik yang mengeksploitasi data para pengguna Facebook untuk memenangkan calon elektoral yang menjadi klien mereka, salah satunya Donald Trump saat mencalonkan diri sebagai Presiden AS pada 2016. Mau tahu cara mereka menyalahgunakan data yang didapatkan? Dokumenter ini memiliki jawabannya.

     

    Black Mirror (2011 - Present)


    Mungkin banyak dari kalian telah menonton seluruh episode Black Mirror—bahkan mungkin lebih dari satu kali. Dan kalau kamu sama sekali belum pernah menontonnya... where have you been?! Setiap episode serial ini memiliki alur cerita sendiri dan tidak berhubungan dengan yang lainnya, so kamu bisa mulai dari episode manapun. Salah satu favorit Cosmo: “Be Right Back” dari musim kedua, yang berkisah tentang seorang wanita yang membeli android untuk ‘menggantikan’ mendiang suaminya. Ceritanya benar-benar bikin merinding!

     

    The Social Dilemma (2020)


    Pasti kamu sering mendengar orang-orang membahas betapa buruknya media sosial terhadap kehidupan kita—terutama untuk kesehatan mental. Okay, tapi apa alasannya? Nah, dokumenter ini menunjukkan kelicikan perusahaan teknologi (Google, Facebook, Instagram, dll.) dalam meraup keuntungan, meski mereka sadar bahwa hal-hal yang dilakukan berdampak negatif bagi kesejahteraan masyarakat. 



     

    Social Syndrome (2018)


    Serial Thailand ini terdiri dari delapan episode, masing-masing membahas sisi buruk media sosial yang kita gunakan setiap hari. Ada perawat yang hidupnya berubah begitu mendadak viral di media sosial, anak remaja yang ‘2nd account’-nya menjadi sumber masalah, dan ada pula penulis berita palsu yang terkejut saat beritanya menjadi kenyataan. 

     

    The Hater (2020)


    Film Polandia ini berkisah tentang Tomasz Giemza (Maciej Musiałowski), mahasiswa hukum bekerja untuk perusahaan public relations. Lama-kelamaan, ia menjadi andal dalam menyebarkan informasi palsu dan mengunggah komentar-komentar negatif terhadap sejumlah seleb dan politikus—bisa dibilang ia menciptakan sekelompok buzzer. Thrilling, dan cukup relatable dengan kehidupan masa kini.

     

    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: LINE TV, Outnow.ch)