Lifestyle

12 Lagu Inspiratif untuk Memberi Motivasi selama Pandemi

  by: Givania Diwiya Citta       25/9/2020
  • Cosmo mengerti, 2020 rasanya bukan tahun kemenangan kita semua. Meskipun kamu telah beruntung mampu melalui beberapa bulan terakhir dengan tubuh yang sehat, pekerjaan yang stabil, dan finansial yang membaik, tapi tetap saja kamu telah menghadapi berbagai rintangan yang berat. Seperti membatalkan trip yang sudah ditabung dan direncanakan sedari 2017 (bahkan kamu sudah sukses memperpanjang paspor demi perjalanan itu?!?). Tak bisa menjenguk keponakan yang baru lahir, atau bahkan menahan diri untuk tidak memeluk orang lain. Tak bisa merayakan ulang tahun bersama teman-teman, tapi mungkin mengalihkannya jadi happy hour di Zoom.


    Di masa-masa berat seperti ini, mudah untuk merekatkan diri ke sofa atau kasur, lalu maraton nonton Gossip Girl untuk berjuta-juta kali. Karena mungkin, hanya itulah yang bisa membuat kamu merasa lebih baik di tengah-tengah kondisi pandemi. Tapi Cosmo juga akan merekomendasikan untuk mendengarkan daftar lagu inspiratif yang akan membuat kamu menari di dalam ruangan, atau membuat kamu jadi ceria saat menyisir rambut seperti Lizzie McGuire. Percayalah. Itu berhasil meningkatkan mood secara instan, dan membuat kamu merasa lebih kuat.




    Run the World (Girls) – Beyoncé


    Tidak bisa berkumpul dengan the girls untuk karaoke bareng? Izinkan Queen Bey mewakilinya untuk kamu. Lirik seperti “my persuasion can build a nation” saja sudah membuktikan bahwa… kita pasti bisa menghadapi rintangan. Apapun “rintangan” tersebut.


    Love Myself – Hailee Steinfeld


    Apakah lagu ini secara harafiah menceritakan tentang mencintai diri sendiri? Dengan lirik seperti “I’m gonna touch the pain away” kamu sebenarnya bisa menebak apa isinya. Tentu, pesan lagu ini sarat makna. Karena ia mengartikan bahwa kamu tak butuh punya pasangan hanya untuk membuat kasur kamu hangat, mencintai diri sendiri (dengan cara apapun!) saja sudah lebih dari cukup.


    Fighter – Christina Aguilera


    Ya, sebenarnya kita bisa saja mendengarkan Beautiful dalam daftar ini, tapi Fighter adalah lagu ballad yang lebih modern untuk masa kini. Lagu ini menceritakan tentang pencarian kekuatan saat berada di tengah situasi yang kelam (tak terkecuali dalam konteks manusia, seperti contohnya mantan kamu). Ditambah, video musiknya sangat Xtina.


    Smile – Katy Perry


    Kembalinya Katy Perry ke versi pop bubblegum (setelah era Witness miliknya yang agak membingungkan) adalah salah satu hal baik yang terjadi di tahun 2020. Single Smile miliknya pun sangat optimistis! Lagu ini akan memberi kamu – well, senyuman – di wajah, sambil terinspirasi bahwa ada banyak hal yang bisa disyukuri sekarang.


    Hard – Rihanna


    Tidak apa, kamu tetap bisa terinspirasi dengan single ini meski telah menonton This Is Us dan menyimpan banyak video anak anjing lucu dari TikTok. “They can say whateva/Imma do whatever/No pain is forever” adalah pengingat dari Rihanna bahwa kamu baik-baik saja meski melewati berbagai ujian hidup, girls.


    Unwritten – Natasha Bedingfield


    Jika kamu adalah penggemar berat The Hills, lagu ini pasti membawa kenangan dari drama antara Heidi dan Lauren tersebut. Lagu yang pernah hits ini rasanya lebih dari sekadar track pop yang biasa: karena ia membuat banyak orang terdorong untuk beraksi. Open up that dirty window! The rest is still unwritten!




    You Gotta Be – Des’ree


    Kapanpun kamu mendengarkan lagu ini, kamu pasti akan berpura-pura seolah kamu adalah karakter utama dalam film perempuan-yang-baru-melihat-dunia dari awal-awal era 2000an. (Pikirkanlah: saat Anne Hathaway melempar ponselnya ke kolam dalam The Devil Wears Prada.) You really do gotta be bold, bad, and wiser, you know?


    Fight Song – Rachel Platten


    Oke, mungkin dari judulnya saja sudah mengindikasikan bahwa lagu ini inspiratif. Lagu ini akan mengingatkan kamu bahwa perahu kecil saja bisa, kok, mengarungi guncangan ombak yang besar. Artinya, kamu pun bisa, lho, menyalurkan kepercayaan diri untuk melamar pekerjaan impian kamu itu.


    Brave – Sara Bareilles


    Menjadi berani itu artinya bisa mengakhiri pekerjaan yang meracuni kamu… atau bisa saja berarti mendapatkan tato mungil-tapi-cantik impian yang selama ini kamu idam-idamkan. Sara Bareilles tidak akan menghakimi kamu. Dorong dan beri motivasi ke diri sendiri untuk menjadi seseorang yang paling pemberani.


    Stronger – Kelly Clarkson


    Pekan kamu mungkin terasa berat, tapi Kelly Clarkson akan mengingatkan bahwa atasan kamu yang micromanaging pun tak akan benar-benar bisa membunuh kamu, kok (kecuali kamu hidup dalam film horor, maka larilah dari sana). Semoga lagu ini memberi kamu inspirasi untuk memegang kendali… atau setidaknya melepas segala frustrasi daripada melampiaskannya di Slack perusahaan.


    Eye of the Tiger – Survivor


    Tak mungkin lagu klasik ini tak masuk ke dalam daftar lagu paling inspiratif. Meski dalam kehidupan nyata kamu tak akan berkompetisi di pertandingan tinju, tapi tetap pegang moto “Eye of the tiger”.


    Woman – Kesha


    Single Woman ini ideal jadi lagu inspiratif untuk sesi hangout bersama the girls, eh, maksudnya, hangout virtual. Coba saja bersama-sama bikin kaus kembar dengan potongan lirik “I don’t need a man to be holding me too tight/I’m a motherf***** woman!”.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Dok. Cosmopolitan US / Kaitlin Reilly)