Beauty

Ini Cara Agar Makeup Kamu Terlihat Segar Saat Bersepeda!

  by: Astriana Gemiati       26/9/2020
    • Tak hanya bisa menjadi moda transportasi dan sarana berolahraga, tren bersepeda kini tengah digemari hampir semua kalangan.
    • Yuk, ikuti tips dari Cosmo berikut ini agar kamu tetap terlihat cantik dan segar pada saat berolahraga khususnya saat menggunakan sepeda.


    Sepeda saat ini menjadi salah satu olahraga paling populer dan sedang tren di berbagai kalangan. Tak hanya sehat, berolahraga menggunakan sepeda juga sangat menyenangkan. 

    Baca jugaSimak Cerita Tips Bersepeda Dari Sigi Wimala Yang Fun



    Bagi kamu yang menggunakan sepeda, pastinya perawatan kulit dan riasan bisa jadi sangat membingungkan. Haruskah repot menggunakan maskara sebelum bepergian, atau memilih untuk tidak menggunakan makeup a.k.a bare face? Jawabannya sederhana: Lakukan apapun yang kamu inginkan! 

    Namun, jika kamu mencoba untuk tampil cantik saat bersepeda, berikut tips dari Cosmo yang bisa kamu coba!


    Perawatan kulit yang tepat

    Semua riasan tidak akan membantu jika dasar kulit kamu tidak dibekali dengan baik —hal ini yang dimaksudkan adalah merawat kulit. 

    Langkah 1: Bersihkan wajah & toner

    Sebelum kamu mulai beraktivitas pastikan bersihkan wajah dahulu. Setelah itu, lanjutkan dengan menggunakan toner untuk mengembalikan keseimbangan pH dan meningkatkan vitalitas kulit.

    Mineral Botanica Brightening Toner

    Harga: Rp28.900,-.


    Langkah 2: Krim mata

    Yes, girls! Penggunaan krim mata juga sangat baik untuk mencegah garis-garis halus cepat muncul. Apalagi ketika kamu bersepeda, walaupun menggunakan kacamata hitam, terkadang paparan sinar matahari langsung membuat kamu otomatis mengerutkan area mata karena silaunya. So, sempatkan mengaplikasikan eye cream dengan bantuan jari manis pada area mata, ya!



    Harga: Rp145.000,-.

    Langkah 3: Serum 

    Seperti yang kita tahu serum memiliki banyak manfaat. Tak heran jika Cosmo terus menerus untuk saling mengingatkan kamu betapa pentingnya menggunakan serum. Pada dasarnya, serum memberikan proteksi, menutrisi, dan menambah tingkat hidrasi, serta tentu saja mencegah penuaan dini cepat terjadi. 


    Baca juga14 Produk Serum Lokal Yang Patut Kamu Coba


    Less Makeup

    Siapa bilang berolahraga sulit menggunakan makeup? Kuncinya, kamu cukup mengaplikasikan seminim mungkin riasan dan bekali dengan dasar SPF di dalamnya. Tetap cantik walau sedang berolahraga, girls!

    Langkah 1: Aplikasikan tinted moisturizer

    Jika kamu tak memiliki waktu untuk melakukan persiapan skincare terlalu banyak, menggunakan tinted moisturizer bisa jadi jalan pintas. Apalagi tinted moisturizer rata-rata memiliki warna layaknya foundation namun juga bisa menjadi pelembap yang tetap bantu menghidrasi kulit dengan baik. Selain itu, hasilnya juga berikan coverage yang tampak natural dan terkesan dewy di wajah. Pastikan juga kamu memiliki tinted moisturizer yang dilengkapi dengan SPF untuk melindungi kulit dari sinar UV.

    Make Over Powerskin Radiant Tinted Moisturizer

    Harga: Rp139.000,-.


    Langkah 2: Perona pipi

    Sebenarnya ini boleh kamu aplikasikan dan juga tidak. Menggunakan blush on bisa berikan efek pipi terlihat merona alami. Apalagi ketika kamu sedang berkeringat. Kamu bisa memilih blush on yang bertekstur krim untuk kesan natural.

    Wardah Instaperfect City Blush Blusher Click

    Harga: Rp121.000,-.


    Langkah 3: Eyeliner silver dan maskara 

    Percaya atau tidak, menggunakan eyeliner berwarna perak di area mata dan maskara bisa menjadi trik ketika kamu sedang di foto atau melakukan selfie saat bersepeda bersama teman-teman. Mata kamu akan terlihat menonjol tanpa terkesan berlebihan. Untuk penekanan warna terlihat lebih intens atau tidak semua terserah kamu. Wow. wajib coba, nih!



    Langkah 4: Lembapkan bibir

    Selama pandemi, yes.. pemerintah mewajibkan kita untuk menggunakan masker wajah, termasuk saat bersepeda! Jadi, jaga kelembapan bibir kamu agar tetap ternutrisi, tidak mudah kering, dan tetap lembut dengan mengapilkasikan lip balm di bibir, ya!



    Sensatia Botanicals Lemonhead Lip Smack

    Harga: Rp60.000,-.


    Penting aplikasikan sunscreen

    Tentu saja menggunakan sunscreen apapun aktivitasnya baik di dalam ataupun luar ruangan adalah wajib! Jika tidak ingin merusak riasan kamu, ataupun khawatir wajah terlihat belang mungkin kamu bisa menghindari menggunakan sunscreen berjenis krim dan beralih ke jenis spray. Selain mudah digunakan, spray juga bisa bantu menyerap di kulit secara merata tanpa takut terlihat belang. Plus-nya, juga bisa digunakan di seluruh tubuh ataupun touch up dengan waktu yang singkat. Praktis kan!

    Banila Co Hello Sunny Water Essence Sun Spray SPF50+ PA++++

    Harga: Rp370.000,-.


    Baca juga: 5 Sunscreen Spray Yang Cocok Untuk Touch Up di Tengah Hari


    Nail Polish

    Selaraskan nail polish kamu dengan pakaian dan celana, atau pilihlah nail art dengan warna netral sebagai pusat atensi saat kamu bersepeda.


    Baju yang nyaman

    Dear, tentu saja baju yang nyaman bisa menunjang gerak kamu saat mengayuh sepeda lebih maksimal. Jika kamu merasa berolahraga sepeda hanya untuk santai, menikmati jalan, dan tidak dengan kecepatan tinggi, mungkin pakaian seperti t-shirt, jaket, legging, atau celana pendek bisa jadi pilihan. Pemilihan bahan yang adem juga penting untuk diperhatikan.



    Namun, jika kamu memiliki jenis sepeda tipe road bike, baju khusus sepeda seperti jersey dan bicycle pants bisa kamu coba. Karena ketika kamu bersepeda dengan berkecepatan tinggi, baju khusus sepeda ini biasanya sudah dirancang untuk menahan angin dan membuat keringat lebih cepat kering. Cek juga gaya 10 item fashion yang bisa kamu pakai saat bersepeda.


    Ikat rambut

    Pastikan ketika kamu berolahraga, helai rambut tidak menjadi penghalang saat kamu bersepeda. Gaya ponytail ataupun kepang adalah model rambut paling simpel ketika kamu hendak menggunakan helm. Jika poni kamu mengganggu, kenakan juga bobby pins untuk menahannya.


    Selamat bersepeda, girls!




    ( Astriana Gemiati/ Image: Dok. Cosmo, Dok. Instagram @sigiwimala, @kiranalarasati, @tabbysumendap, @therealdisastr / Layout: Rhani Shakurani )