Lifestyle

Inspiratif! Daftar Kado Buku untuk Teman Sesuai Karakter

  by: Givania Diwiya Citta       27/9/2020
  • Jika kamu sedang mencari ide hadiah untuk teman, baik itu untuk ulang tahun mereka, hari jadi mereka, kelulusan mereka, atau kado iseng karena kamu tahu BFF pasti akan menyukainya, maka coba sekali-kali beri mereka hadiah buku. Selain karena tampak dewasa dan sophisticated, tapi buku itu lebih dari sekadar kado, lho, karena ia memberi imajinasi sebuah petualangan! 


    Apalagi mengingat kondisi pandemi yang memberi kita berbagai ‘hadiah kejutan’ sepanjang tahun, rasanya memberikan teman sebuah judul baru di rak bukunya akan menjadi hadiah yang penuh perhatian. Cosmo pun mengurasi berbagai jenis buku untuk berbagai tipe karakter teman dalam daftar artikel ini. Ada yang merupakan memoar jenaka, misteri yang menegangkan, cerita cinta manis, semuanya ada untuk bermacam karakter teman. Happy gifting!




    Untuk teman yang mencari jati diri

    Untamed – Glennon Doyle


    Ya, inilah buku yang akhir-akhir ini hits di Instagram. Memoar New York Times bestselling #1 ini sukses menarik banyak perhatian orang – termasuk Reese Witherspoon yang memujinya dengan kalimat berikut: “Penuh dengan wawasan mengagumkan tentang apa artinya menjadi perempuan di era modern ini.” (Opentrolley.co.id, harga: Rp606.000,-)


    Untuk teman yang punya mimpi besar

    Anna K – Jenny Lee


    Tentu saja novel Anna Karenina yang tebalnya 800 halaman lebih adalah klasik dan membanggakan, tapi kalau kamu tidak ingin memberi teman sebuah tekanan untuk menyelami dunia Leo Tolstoy, maka coba pertimbangkan kado buku Jenny Lee yang menceritakan versi modern dari perempuan usia 17 tahun yang perdana jatuh cinta ketika di New York. (Periplus.com, harga: Rp160.000,-)


    Untuk teman yang butuh dukungan moral

    Maybe You Should Talk to Someone – Lori Gottlieb


    Peringatan dini, kamu mungkin mau menuliskan pesan kecil, “Kamu baik-baik saja, kok – ini hanyalah bacaan yang sangat menarik saja,” sebelum memberikan buku ini sebagai kado ke teman. Ini bukanlah buku self-help, melainkan memoar yang dituliskan oleh terapis Lori Gottlieb, yang mengungkap jawaban untuk satu pertanyaan besar: Apa artinya menjadi manusia? Bagian terbaiknya adalah buku ini sedang digarap menjadi serial TV. (Periplus.com, harga: Rp340.000,-)


    Untuk teman yang menyenangi ~kemewahan~

    She Regrets Nothing – Andrea Dunlop


    Kalau Gossip Girl dan The Great Gatsby punya anak, maka anak tersebut pasti merupakan buku ini. Seduktif, adiktif, dan dramatis. Andrea Dunlop mendeskripsikan cerita menggugah tentang gadis Midwestern yang bertemu dengan sepupunya yang kaya raya, lalu pindah ke NYC, dan tenggelam dalam sisi kelam dari kemewahan hidup. (Booksbeyond.co.id, harga: Rp348.650,-)


    Untuk teman yang meniti karier jadi bintang

    Daisy Jones & The Six – Taylor Jenkins Reid


    Ada banyak hal yang bisa disukai dari kisah fiktif perempuan yang memutuskan untuk mendedikasikan hidupnya demi band rock di tahun 1970an ini. Lewat Daisy, kita akan dibawa melihat kebangkitan grup ini menuju popularitas hingga perpecahannya. Beri teman kado ini sebelum menyarankannya untuk menonton serialnya di Amazon Prime (dijamin akan bikin si dia nonton maraton, karena serialnya diproduksi oleh Reese Witherspoon dan dibintangi oleh Riley Keough). (Booksbeyond.co.id, harga: Rp329.650,-)


    Untuk teman yang mendedikasikan hidupnya untuk olahraga

    Head Over Heels – Hannah Orenstein


    Ya, Olimpiade tahun 2020 mungkin dibatalkan, tapi tak berarti kamu tak bisa menikmati sensasi gymnastic dari buku ini. Hannah Orenstein memberi bacaan menarik tentang seorang gymnast yang bertransformasi jadi pelatih, yang tak sengaja jatuh cinta dengan rekan sesama pelatih ketika melatih murid yang berpotensi menang Olimpiade. (Periplus.com, harga: Rp257.000,-)


    Untuk teman yang menggemari rom-com

    The Proposal – Jasmine Guillory


    Jasmine Guillory meraih hal yang tak terduga: Menulis cerita cinta sempurna, manis, tapi tidak menyebalkan untuk diikuti. Nikole adalah tokoh yang sedang dalam masalah karena sudah menolak lamaran dari pacarnya ketika berada di pertandingan L.A. Dodgers, yang ditonton oleh ribuan orang di sana. Itulah saat dokter manis Carlos menyelamatkannya untuk memberinya tumpangan pulang. Tak bisa dihindari, mereka mulai berkencan tapi bersumpah untuk membawa hubungan ini santai saja. Tapi seperti rom-com kebanyakan, sumpah yang seperti itu pasti lebih sulit dibuktikan ketimbang diucapkan saja. (Periplus.com, harga: Rp226.000,-)


    Untuk teman yang sangat kekeluargaan

    This Is How It Always Is – Laurie Frankel


    Lima anak laki-laki dalam buku ini punya banyak kesamaan, kecuali satu hal ini: Anak yang paling bungsu ingin tumbuh dewasa menjadi seorang perempuan. Laurie Frankel sukses menceritakan tentang apa yang terjadi ketika parenting, rahasia, dan masa kecil saling beririsan dengan cara yang rumit. (Booksbeyond.co.id, harga: Rp329.650,-)


    Untuk teman yang sedang dalam friend zone

    Normal People – Sally Rooney


    Pertemanan yang berubah jadi jalinan cinta bukanlah konsep yang baru, tapi Normal People membuatnya semakin dinamis dan semua kerumitannya jadi tampak sangat orisinal. Dan ya, Cosmo sangat merekomendasikan untuk membaca novel ini dulu sebelum menonton serial TV-nya. (Kinonukiya on iLotte.com, harga: Rp253.000,-)




    Untuk teman yang vokal terhadap aktivisme

    Know My Name – Chanel Miller


    Buku ini adalah memoar Chanel Miller yang cukup menakutkan, yaitu tentang ceritanya yang dilecehkan secara seksual oleh Brock Turner. Kala kasus itu terjadi, mantan siswa Stanford ini memilih untuk jadi anonim, tapi sekarang tidak lagi. Dalam buku ini, Chanel berbagi ceritanya yang akan mematahkan hati kita namun ajaibnya mendorong kita untuk tak lupa pada sebuah harapan. (Kinokuniya on iLotte.com, harga: Rp344.000,-)


    Untuk teman yang punya jiwa seorang Samantha Jones

    Tell Me Lies – Carola Lovering


    Pengkhianatan. Cinta. Ambisi. Dambaan. Dengan kata lain, buku ini akan sulit untuk ditinggalkan. Berilah pada teman yang saaaangaaaat kebosanan dengan skena kencan era modern ini, dan ingin bisa kabur sebentar ke zona yang lebih seksi dan menantang. (Periplus.com, harga: Rp180.000,-)


    Untuk teman yang terobsesi dengan SATC

    Unwifeable – Mandy Stadtmiller 


    Setelah bercerai, Mandy Stadtmiller mengemas barang bawaannya dan pindah ke New York City. Ia pun dengan segera menyadari bahwa kota-yang-tak-pernah-tidur ini dipenuhi dengan reputasi glamor, tapi bisa sangat merusak jika kita tak berhati-hati. Jika temanmu suka dengan Sex and the City, maka ia pasti akan terobsesi dengan memoar ini. (Periplus.com, harga: Rp476.000,-)


    Untuk teman yang sedang hilang arah

    Big Magic – Elizabeth Gilbert


    Para jiwa yang kreatif pasti akan menyenangi buku terbaru dari penulis yang telah menelurkan Eat, Pray, Love itu. Buku ini adalah tentang mencari jati diri, merangkul semua rasa keingintahuan, dan merelakan masa lalu. Semoga berhasil untuk temanmu, ya. (Booksbeyond.co.id, harga: Rp310.650,-)


    Untuk teman yang menggemari cerita misteri

    Pretty Things – Janelle Brown


    Buku ini juga akan dijadikan serial di Amazon Prime dan akan dibintangi oleh Nicole Kidman! Ceritanya adalah tentang seorang perempuan bernama Vamessa yang sedang singgah di hunian pegunungan milik keluarganya, dan malah dihadapkan oleh rahasia gelap dari masa lalunya. Kata suspenseful saja tak cukup untuk menggambarkan ketegangan buku ini. (Periplus.com, harga: Rp340.000,-)


    Untuk teman yang merupakan penggemar Twilight sejati

    Midnight Sun – Stephenie Meyer


    Baik itu untuk teman yang jadi penggemar buku-buku atau film-film Twilight, jangan lewatkan karya terbaru Stephanie Meyer ini yang mengambil cerita dari sudut pandang Edward. Buku ini akan membuat kita bertemu Bella, Jacob, dan seluruh geng vampir dengan pandangan yang berbeda ketika membacanya. (Opentrolley.co.id, harga: Rp667.000,-)


    Untuk teman yang percaya time travel

    Oona Out of Order – Margarita Montimore


    Dalam 13 Going on 30, bangun tidur lalu menjelma jadi perempuan karier sukses berusia 30 tahun tentu saja seru. Tapi ketika Oona yang 19 tahun menjelma jadi dirinya di usia 50an… well, persoalannya pasti sangat berbeda. (Booksbeyond.co.id, harga: Rp523.450,-)


    Untuk teman yang suka cerita detektif

    Saint X – Alexis Schaitkin


    Claire masih duduk di Sekolah Dasar ketika kakaknya, Alison, hilang saat liburan keluarga. Setelah jasadnya ditemukan, buktinya sangat tidak mendukung untuk memenjarakan para tersangka. Bertahun-tahun kemudian. Claire berhadapan langsung dengan salah satu pembunuh kakaknya, dan terjebak dalam jeratan tipuan – dan bisa saja melibatkan – hasrat. (Periplus.com, harga: Rp280.000,-)


    Untuk teman yang pemikir kritis

    Whisper Network – Chandler Baker


    Thriller ini berlatar waktu di tengah-tengah gerakan #MeToo, yang mengungkap cerita tentang sekelompok rekan kerja Sloane, Ardie, Grace, dan Rosalita, setelah kematian bos mereka. Kebohongan pun diungkapkan, rahasia pun terkuak, dan hidup semua orang sedang dalam bahaya. (Booksbeyond.co.id, harga: Rp329.650,-)


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Opening Image: Dok. Cosmopolitan US / Book Images: Goodreads.com / Paulina Jayne Isaac)