Lifestyle

Fakta Soal Novel Young Adult Jessica Jung Eks SNSD, 'Shine'

  by: Shamira Priyanka Natanagara       28/9/2020
  • Kalau kamu seorang penggemar K-Pop, kamu mungkin tahu tentang sisi gelap industri tersebut: lebih dari kemewahan dan glamor, ada pula sesi latihan berjam-jam, tekanan untuk selalu tampil ~sempurna~, dan larangan untuk berkencan, di antara beban lainnya. Ada banyak rahasia tentang industri tersebut yang mungkin tak akan pernah bisa kita pelajari, tapi kita bisa mengintip ke dunia tersebut, karena eks personel Girls' Generation (yang juga dikenal sebagai SNSD), Jessica Jung, menggunakan pengalamannya sebagai mantan idola K-Pop untuk menulis novelnya, Shine.





    Novel bergenre Young Adult ini berlatar di Seoul, Korea Selatan dan mengikuti kehidupan seorang karakter fiksi bernama Rachel Kim, seorang trainee berdarah Korea-Amerika yang berada di bawah naungan salah satu agensi ternama Korea Selatan, DB Entertainment. Dengan harapan menjadi bintang K-Pop sukses, Rachel mengikuti latihan ketat, menghadapi banyak masalah sepanjang jalan, dan akhirnya jatuh cinta dengan bintang K-Pop dan rekan satu agensi, Jason Lee.



    Selain menjalani hidup sebagai trainee dan memiliki perasaan pada Jason yang terus tumbuh, Rachel juga memperkenalkan kita, para pembaca, kepada keluarganya, yang terdiri dari orang tuanya dan adik perempuannya, Leah, yang kata Jessica terinspirasi oleh adiknya sendiri, Krystal Jung (yang juga seorang bintang K-Pop dan aktris K-Drama, BTW).

    Shine mungkin tampak seperti sebuah autobiografi, tapi Jessica mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa buku ini merupakan campuran skenario kehidupan nyata dan fiksi: "Namun saya juga ingin membuat hiburan yang baik, seperti yang telah saya lakukan sepanjang hidup, dan saya tahu bahwa hiburan berarti memadukan detail nyta dengan storytelling bagus dan memberi semua karakter alur cerita masing-masing untuk diikuti." Yup, Cosmo is super excited about this!


    Pada 2015, Jessica, yang sempat menjadi bagian dari girl group K-Pop legendaris Girls' Generation, memutuskan kontrak dengan agensinya, SM Entertainment. Sejak itu, ia telah mencoba karier yang berbeda dan telah dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu, fashion designer, pengusaha, vlogger YouTube, dan sekarang sebagai penulis.







    Shine diterbitkan oleh Simon Pulse, dan telah dijual di 11 negara sebelum dirilis secara resmi pada 29 September besok. Sebuah sekuel telah direncanakan untuk tahun depan, dan sebuah film pun sedang dikerjakan oleh Matt Kaplan, produser di balik film rom-com Netflix sukses, To All The Boys I've Loved Before.

    Yup, buku pertama Jessica akan diluncurkan besok! Are you excited?




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. Instagram/jessica.syj)