Celebrity

Yuk, Kenalan dengan 8 Member Stray Kids, Grup dari JYP!

  by: Giovani Untari       30/9/2020
    • Sejak memulai debutnya di tahun 2018 grup asal Korea Selatan Stray Kids selalu menorehkan prestasi yang membanggakan di industri musik Korea.
    • Yuk kita berkenalan lebih dekat dengan 8 member Stray Kids, grup asal JYP Entertainment yang saat ini sedang begitu bersinar. Siapa bias-mu?



    Delapan personil dari grup Stray Kids, memang baru menapaki industri musik Korea Selatan selama lebih dari dua tahun terakhir. Tetapi musikalitas mereka yang memukau ditambah dengan penampilan yang selalu powerful membuat Stray Kids menjadi salah satu grup K-Pop yang patut diperhitungkan di generasi saat ini. Di tahun 2019 silam, Twitter bahkan mengungkap bahwa Stray Kids menjadi grup K-pop yang paling naik daun di media sosial tersebut! Cosmo yakin ini menjadi salah satu dari sekian banyak alasan untuk jatuh cinta dan bergabung ke fandom STAY (julukan untuk fans Stray Kids).



    Percayalah: Stray Kids pastinya akan semakin bersinar lagi ke depannya!


    ALL ABOUT STRAY KIDS

    Di tahun 2017, Stray Kids mulai dikenal publik lewat ajang pencarian bakat berjudul “Stray Kids” yang diusung oleh JYP Entertainment dan MNET. Episode terakhir dari ajang ini membawa 9 nama personilnya yaitu Bang Chan, Lee Know, Changbin, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin, I.N, dan mantan anggota Stray Kids Woojin untuk debut dengan nama Stray Kids. Mereka resmi memulai debut di tahun 2018 melalui sebuah lagu bergenre hip-hop dan EDM berjudul “District 9”.



    Yang membuat grup ini berbeda dengan yang lainnya adalah mereka memiliki musik dengan beat yang dinamis lengkap dengan bagian rap yang enchanting. Mereka juga memiliki bakat yang besar dalam urusan menulis lagu dan memproduksi musik mereka sendiri. Sebelum debut bersama Stray Kids, tiga personilnya yaitu: trio 3RACHA yang terdiri dari Bang Chan, Changbin, dan Han adalah bagian dari grup hip hop. 

    Sejak itu mereka bertiga aktif terlibat dalam proses pembuatan sejumlah lagu dan musik untuk Stray Kids dan dari sana pula beberapa personil lainnya mulai mencoba untuk ikut belajar menulis dan menciptakan lagu.

    Sebagai para pria yang menginjak usia 20’s something, Stray Kids memiliki ketulusan yang terasa dalam setiap lirik lagu mereka. Lagu-lagu dari grup ini tak jarang mengangkat tentang perjuangan mereka dalam karier dan menemukan identitas diri yang sesuai di industri musik. Single Stray Kids di tahun 2018 yaitu “My Pace” misalnya, adalah lagu yang wajib kamu dengar karena menceritakan bagaimana cara kamu meraih mimpi dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki.



    Pada bulan Oktober 2019, salah satu personilnya Woojin mengumumkan untuk mundur dari Stray Kids dan JYP Entertainment dengan alasan personal. Sejak itu, Stray Kids pun melanjutkan promo dan aktivitas mereka bersama dengan 8 personil yang ada, seperti tur dunia kedua mereka, District 9: Unlock. Dan di tahun 2020 ini, Stray Kids kembali menorehkan prestasi yang membanggaan dengan merilis album pertama merea berjudul Go Live pada bulan Juni silam. Album ini pun menghasilkan track yang berjudul “God’s Menu”, yaitu sebuah lagu bertema dance yang menakjubkan dan memecahkan banyak rekor.


    Stray Kids saat ini juga sedang merilis sebuah album repackage berjudul, In Life dengan lagu utamanya “Back Door”. Di bulan November nanti, Stray Kids juga siap merilis mini album Jepang mereka berjudul, All In.


    Baca juga: Kenalan dengan 9 Member NiziU, Girl Group Terbaru dari JYP!


    Ikut penasaran dengan siapa saja para personil Stray Kids? Yuk kita simak profil personilnya berikut ini:


    1. Bang Chan: Leader, produser, vokalis, dancer, rapper

    Bang Chan merupakan leader sekaligus personil tertua dari grup Stray Kids. Pria kelahiran 3 Oktober 1997 ini besar di Australia, sehingga membuatnya fasih dalam berbahasa Inggris dan sering kali menjadi translator (unofficial) dari Stray Kids saat mereka tengah menghadiri interview bersama jurnalis luar negeri. Para personil Stray Kids mendefinisikan Bang Chan sebagai sosok pria yang selalu sibuk dan penuh kerja keras untuk grup mereka. Bang Chan pun menjadi kakak tertua yang mereka hormati. Selain sebagai leader, pria satu ini juga dikenal memiliki suara yang manis dan clear--- begitu kontras dengan gerakannya yang selalu powerful dan bold saat sedang menari. Bang Chan juga memiliki sisi charming yang terlihat sangat natural dan selalu vokal menyuarakan pemikirannya, terlebih apabila itu adalah sebuah isu yang penting dan terkait dengan para fansnya. Pada bulan Mei 2020 ini, Bang Chan sempat merilis “I Don’t Want To Admit”, sebuah lagu yang ia tulis, komposer, dan produseri sendiri.





    2. Lee Know: Dancer, vokalis, rapper

    Lee Know adalah salah satu personil Stray Kids yang terkenal kalem dan juga easy-going di kehidupan nyata. Tetapi bersiaplah untuk terpukau dengan persona Lee Know di atas panggung yang begitu berbeda, babes! FYI, sebelum debut bersama Stray Kids, Lee Know ternyata pernah menjadi dancer untuk tur BTS di Jepang. Ia juga personil yang memiliki daya tarik berupa karisma sensual dalam setiap penampilannya. Pria berzodiak Scorpio ini memang terlihat pendiam saat berada di tengah umum, tetapi Lee Know ternyata juga sering mengunggah foto-foto selfie-nya yang adorable di media sosial, lho! Yuk intip bagaimana kerennya Lee Know saat tampil solo untuk lagu “DAWN” berikut:





    3. Changbin: Rapper, vokalis, produser

    Changbin diibaratkan memiliki alter ego yang dark dan misterius di atas panggung. Tetapi aslinya, ia adalah personil Stray Kids yang begitu ceria dan menyenangkan. Pria yang kini menginjak usia 21 tahun tersebut memiliki kemampuan rap dengan tempo sangat cepat! Changbin juga memiliki filosofi menarik, di mana ia memilih membuat musik sebagai salah satu caranya untuk healing. Dalam lagu solo terbarunya yang berjudul “Streetlight”, Changbin menyanyi sembari melakuan rap yang bercerita tentang bagaimana caranya berhasil berdamai dengan luka personal yang sempat dialaminya.





    4. Hyunjin: Dancer, rapper, vokalis, visual

    Member Stray Kids berusia 20 tahun ini juga menjadi salah satu personil yang selalu terlihat playful dan ekspresif di depan kamera. Terlepas dari kemampuan dance-nya yang menghipnotis, Hyunjin memiliki suara falestto yang sweet dan terus mau belajar menulis lirik dari lagu yang ia ciptakan. Pria ini juga jago dalam urusan memandu acara dan saat ini ia adalah salah satu MC dari acara musik mingguan, MBC Music Core. Intip dance kontemporer yang Hyunjin bawakan (di mana ia juga menciptakan koreo khususnya) untuk lagu “When The Party’s Over” milik Billie Eilish berikut:







    Baca juga: Berkenalan dengan ITZY, Girlband Baru JYP Entertainment!


    5. Han: Rapper, vokalis, produser

    Rasanya tak ada yang meragukan betapa lucu dan menggemaskannya sosok dari Han – Stray Kids. Personil satu ini begitu banyak memiliki sisi natural yang membuat para fans jatuh cinta dengan sosoknya. Meski begitu Han juga memiliki sisi introvert dalam dirinya dengan memilih melakukan sejumlah aktivitas personal saat ia sedang tidak memiliki jadwal grup. Dalam lagu solonya berjudul “Close”, rapper dari Stray Kids ini mencoba mengekspresikan berbagai emosi dalam dirinya menjadi sebuah lagu yang mengagumkan. Lagu ini juga terinspirasi dari scene awal film Closer yang tayang di tahun 2004 silam.





    6. Felix: Dancer, rapper, vokalis

    Sama seperti Bang Chan, Felix juga merupakan personil Stray Kids yang tumbuh besar di Australia. Para personil dari Stray Kids menyebut Felix sebagai sosok yang paling sweet di grup! Meski Felix hanya menjalani masa trainee selama satu tahun, tetapi pria kelahiran 15 September 2000 ini selalu stunning dengan auranya yang unik di atas panggung. Felix juga memiliki suara deep yang begitu seksi dan mudah dikenali. Bagian rap Felix di lagu-lagu Stray Kids selalu terdengar begitu distingtif dan membuat banyak fans membuat fan-made kompilasi atas part rapp Felix di lagu Stray Kids.





    7. Seungmin: Vokalis

    Pria bernama asli Kim Seungmin ini memiliki kepribadian yang tak kalah unik: ia adalah sosok yang cukup eksentrik, selalu bersemangat, dan begitu terlihat sangat menyayangi para anggota Stray Kids. Sudah bukan rahasia lagi juga jika Seungmin merupakan seorang fans berat dari rekan satu labelnya, DAY6! Ia bahkan menunjukkan dedikasinya dengan mengunggah cover lagu DAY6 “You Were Beautiful” yang begitu emosional.





    Baca Juga: Siapa Member GOT7 yang Cocok Jadi Pacarmu?


    8. I.N: Vokalis, maknae

    I.N memang merupakan personil termuda aka maknae di Stray Kids. Tetapi urusan kemampuan, tak perlu lagi kita ragukan karena ia begitu berbakat! Di atas panggung saat membawakan lagu-lagu Stray Kids, I.N tampil begitu menawan selayaknya seorang idol profesional. Tetapi di luar panggung, ia akan kembali menjadi sosok baby boy di grupnya yang begitu cute! I.N juga memiliki talenta unik dimana ia begitu handal menyanyikan genre lagu trot, yang merupakan genre lagu populer di era tahun ‘90-an!





    Simak juga lagu-lagu terbaik dari Stray Kids berikut ini:





    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: Sony Music Japan)