Lifestyle

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Serial Viu 'Star Stealer'

  by: Shamira Priyanka Natanagara       30/9/2020
  • Meski sedang menghadapi pandemi, para sineas tanah air tidak patah semangat untuk menghadirkan karya-karya orisinil terbaik. Pada akhir bulan September ini, platform streaming Viu resmi menghadirkan serial Viu Original terbaru yang ditulis, disutradarai, dan dibintangi oleh seniman Indonesia. Introducing... Star Stealer!

    Star Stealer merupakan serial yang ditulis oleh Aaron Timothy Soeharto dan Audry Dayes Wangko, sekaligus pemenang ajang Viu Pitching Forum 2019 yang berhasil mengalahkan 250 naskah lainnya. Serial ini disutradarai oleh Andibachtiar Yusuf (Love for Sale), dan yang membuat serial ini semakin menarik adalah temanya: perampokan. Yup, it's a HEIST! Coba bayangkan aksi pencurian ala geng remaja dalam film The Bling Ring, lalu dipadukan dengan komedi Ocean's 8. Nah, itulah Star Stealer!

    Sebelum menyaksikannya, ini dia beberapa hal tentang Star Stealer yang perlu kamu ketahui, mulai dari alur cerita hingga inspirasi di baliknya.




    Seperti apa alur cerita serial ini?

    Kania (Syafira Haddad) adalah putri dari pemilik mal yang sayangnya bangkrut, sehingga ia kesulitan membayar biaya kuliah. Untuk meringankan beban finansial, Kania terpaksa harus bekerja di toko bubble tea di mal yang dulu dimiliki ayahnya... tapi upaya ini belum cukup. Ia memutuskan untuk mengumpulkan beberapa orang yang bekerja di mal tersebut, mulai dari janitor hingga penjual mie. Tujuannya? Kania membentuk kelompok yang memiliki misi untuk mencuri barang-barang milik seleb papan atas, lalu menjualnya kepada penawar tertinggi di internet. 




    Siapa saja yang akan membintangi serial ini?

    Jangan kaget kalau kamu melihat wajah-wajah baru dalam serial ini. Sahana Kamath, Head of Original Production Viu Indonesia dan Malaysia, mengatakan bahwa casting untuk serial ini dilakukan seorganik mungkin. Selain untuk memperkenalkan talenta-talenta baru, Sahana menjelaskan bahwa ia ingin para tokoh utama Star Stealer memiliki penampilan yang lebih real.

    Tokoh Kania, waitress toko bubble tea yang dihadapi masalah finansial, diperankan oleh Syafira Haddad. Sebelumnya ia pernah membintangi film Bisikan Iblis, dan kalau kamu merasa wajahnya familier, mungkin kamu pernah melihatnya di TikTok (di mana ia memiliki lebih dari 540 ribu followers!).





    Sejumlah aktor muda, yaitu Shenina Cinnamon (Ratu Ilmu Hitam), Roy Sungkono (Dilan 1991), Clairine Clay (Generasi Micin), Claudy Putri (Kain Kafan Hitam), dan atlet parkour Rekki Illahi, akan membintangi serial ini sebagai anggota kelompok pencurian Kania. Akan ada pula cameo oleh beberapa aktor Indonesia ternama, di antaranya Rio Dewanto, Chicco Jerikho, dan Jessica Mila.


    Terinspirasi realita

    Kalau kamu seorang penggemar K-Pop, mungkin kamu sudah tahu bahwa ada beberapa fans yang rela melakukan hal-hal ekstrim demi menarik perhatian sang idola (ingat ketika EXO hampir diculik?). Nah, tapi ternyata fans di Indonesia pun terkadang tidak kalah 'gila'. Menurut Shenina, yang berperan sebagai ahli komputer dalam serial ini, penggemar Indonesia sangat gokil terhadap idola mereka. "Bisa melakukan hal-hal yang enggak masuk akal, mengeluarkan banyak duit, pokoknya hal-hal gokil!", katanya. 

    Saat membuat serial ini, sutradara Andibacthiar juga mengingat kata-kata sutradara Indonesia legendaris Usmar Ismail: "Film fiksi adalah kenyataan yang difiktifkan". So kamu bisa melihat beberapa momen yang relatable dalam Star Stealer—dan bukan hanya 'kegilaan' penggemar terhadap artis saja, tapi juga nilai kebersamaan yang menurut sang sutradara identik dengan Indonesia.


    Kapan serial ini akan tayang?

    Star Stealer bisa kamu saksikan di Viu mulai Rabu, 30 September (yes, hari ini!). Simak dulu trailer-nya berikut ini:




    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. Viu Indonesia)