Fashion

Alasan Cosmo Suka Koleksi Sustainable TENCEL™ x COTTONINK!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       27/11/2020
  • Seiring berjalannya waktu, kesadaran konsumen akan pentingnya sustainability dalam industri fesyen semakin meningkat. Terutama setelah tahu bahwa industri fesyen adalah salah satu industri penghasil limbah terbanyak di dunia pada 2018, dan di awal tahun ini Intergovernmental Panel on Climate Change menyatakan bahwa industri fesyen menghasilkan 10% emisi karbondioksida dunia setiap tahunnya, tidak sedikit penggemar mode mulai mempelajari pentingnya sustainability dan mencari alternatif yang lebih ramah lingkungan. 





    Konsumen bukanlah satu-satunya bagian dari dunia fesyen yang semakin eco-conscious. Sejumlah brand pun telah mengambil langkah untuk menyalurkan kreativitas mereka dengan cara yang memiliki lebih sedikit dampak negatif terhadap bumi kita, dan salah satu brand tersebut adalah label lokal COTTONINK.




    Belum lama ini, COTTONINK berkolaborasi dengan merek serat sustainable TENCEL™ untuk menghadirkan koleksi ramah lingkungan. Bertajuk Pastel Whimsical, seluruh pakaian dalam koleksi ini memiliki motif playful yang warna-warni dan mudah dipadu padan untuk segala suasana. Nah, tapi yang paling membuat koleksi ini tambah spesial adalah materialnya. 




    Koleksi Pastel Whimsical 100% terbuat dari serat berbahan dasar kayu, yakni TENCEL™ Lyocell yang biodegradable—ini berarti bahan tersebut dapat terurai secara alami sehingga tidak menjadi limbah yang menumpuk. Proses pembuatan TENCEL™ Lyocell sendiri telah memenangkan penghargaan karena proses produksinya yang closed loop, melibatkan pengolahan pulp kayu yang berasal dari sumber kayu terbarukan menjadi serat selulosa terbukti efisien dan minim dampak buruk terhadap lingkungan, bahkan tingkat pemulihannya mencapai lebih dari 99%.



    Koleksi Pastel Whimsical terdiri dari tujuh model untuk orang dewasa (empat atasan, satu outerwear, satu bawahan, dan satu shirtdress), serta tiga model untuk anak-anak (satu atasan, satu dress, dan satu bawahan). Yup, koleksi ini juga menawarkan pakaian untuk anak-anak! Justru berkat bahan TENCEL™ Lyocell yang mampu mengatur panas dan membuat tubuh tetap terasa sejuk, tidak mendukung pertumbuhan bakteri, dan kuat tapi tetap ramah pada kulit, koleksi ini nyaman untuk digunakan anak-anak bermain dan beraktivitas seharian. Plus, koleksi ini bisa menjadi perkenalan yang baik bagi anak-anak kepada sustainable fashion, mengingat mereka adalah generasi penerus.





    Orang dewasa pun bisa merasakan manfaat yang sama, kok. Tentu kamu ingin merasa nyaman, adem, tapi terlihat stylish ketika menjalani kegiatan sehari-hari, kan? Perpaduan antara warna pastel dan off white yang soft membuat penampilanmu tampak lebih ceria secara effortless, dan ragam model pakaian yang tersedia pun cukup versatile—mudah untuk dipadu padan dengan item fesyen favoritmu untuk berkegiatan sehari-hari. Dan ingat: kamu bisa merasakan semua manfaat ini tanpa merugikan lingkungan!

    Menurut Mariam Tania, Marketing and Branding Manager Lenzing Group Asia Tenggara dan Oseania (produsen dari serat bahan TENCEL™), kolaborasi COTTONINK dengan TENCEL™ ini dapat “membuka jalan menuju masa depan industri fashion yang lebih hijau, dan memenuhi permintaan pelanggan yang mendambakan produk fashion yang baik untuk diri mereka sendiri dan juga bumi kita.”




    Pelajari lebih lanjut langkah pertama COTTONINK menuju sustainable fashion dengan TENCEL™ dalam kampanye #FeelsSoRight.

    Kamu bisa melihat dan mendapatkan semua item dari koleksi sustainable pertama COTTONINK yang terbuat dari bahan fiber TENCEL™, 'Pastel Whimsical', di situs resmi COTTONINK. Harga dimulai dari Rp279,000 - Rp399,000 untuk COTTONINK (dewasa) dan Rp189,000 - Rp229,000 untuk COTTONINK Mini (anak-anak).

    Simak juga cara Adya Kirana dan putrinya, Aiyra, mix and match pakaian dari koleksi ‘Pastel Whimsical’ di video berikut ini!




    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Rhani Shakurani / Images: Dok. COTTONINK x TENCEL™)