Beauty

Ini Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Eksfoliasi!

  by: Astriana Gemiati       2/9/2021
  • Selama beberapa tahun terakhir, eksfoliasi kimia telah didahulukan dari langkah perawatan kulit lainnya di dunia kecantikan. Memang benar, mengingat bagi banyak dari kita, tujuan perawatan kulit yang umum adalah kulit yang bersih dan bercahaya. Salah satu aspek terbaik dari eksfoliasi kimia secara teratur adalah membantu penyerapan produk lain seperti serum dan pelembap dengan lebih baik. Tidak hanya itu, foundation kamu juga dapat menyerap dengan baik bersama produk lainnya.


    via GIPHY




    Tapi, apa itu eksfoliasi kimia? "ekfoliasi kimia adalah berbagai jenis asam yang memecah sel kulit untuk mengungkapkan lapisan sel kulit yang sehat. Proses ini tergantung pada kekuatan dan sifat kimia dari asam tersebut," kata Dr Devayani Barve, ahli bedah plastik dan kosmetik. Dia juga menambahkan, penuaan, merokok, rutinitas perawatan kulit yang buruk dengan dehidrasi dan paparan sinar matahari adalah semua alasan kulit terlihat kusam. Karena sebagian besar faktor ini mengakibatkan pergantian kulit yang buruk.


    "Eksfoliasi atau pengelupasan menghilangkan lapisan kulit mati dan mencerahkan kulit sehingga terlihat segar dan bersemangat. Eksfoliasi kimia mempercepat proses alami pergantian kulit sekaligus memberikan nutrisi pada kulit" katanya.

    Tapi, bukan itu saja, kebanyakan eksfoliasi kimia juga bisa memberikan solusi untuk pigmentasi, kulit kering, kulit terkelupas, dan banyak lagi. Hadir dalam berbagai bentuk seperti overnight mask, peeling, dan bahkan pencuci muka—ada waktu untuk semuanya. Misalnya, disarankan untuk menggunakan retinol pada malam hari daripada siang hari karena membuat kulit kita sensitif. Hal yang sama berlaku untuk eksfoliasi kimia juga.


    Jam berapa dalam sehari kamu harus mengakomodasi eksfoliasi kimia dalam rutinitas ?

    Saran pertama Dr Madhuri adalah, "Selalu fokus pada hidrasi kulit kamu setelah pengelupasan kimia dan gunakan tabir surya. Ini untuk mengurangi kerusakan penghalang kulit dan meminimalkan kepekaan terhadap matahari." Dia juga menyarankan untuk melewatkan aktivitas kamu seperti retinol atau vitamin C hari itu karena kulit sedamg sangat sensitif setelah rutinitas pengelupasan kulit.



    Penting untuk diingat bahwa seseorang tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan karena dapat menyebabkan seringnya berjerawat dan sensitivitas yang lebih tinggi. Dr Madhuri menunjukkan, "Kulit kering dan sensitif harus membatasi eksfoliasi sekali dalam 10-15 hari untuk mencegah iritasi."


    Sementara Dr Devyani menyarankan, "Jenis kulit berminyak dapat melakukan eksfoliasi setidaknya tiga kali seminggu. Bagi mereka yang memiliki jenis kulit normal hingga kombinasi, disarankan kamu bisa memulai dengan seminggu sekali dan meningkatkannya dua kali seminggu tergantung pada respons kulit kamu."


    Produk rekomendasi:



    FOREO BEAR™ Microcurrent Facial Toning Device, Rp5.100.000,-. Rp5.100.000,-.



    COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid, Rp255.000,-. 






    Love Beauty & Planet Vegan Face Scrub Murumuru and Rose for Bright and Smooth Skin 190 ml, Rp75.000,-. 




    L’Occitane Reine Blanche Illuminating Scrub, Rp610.000,-.



    Innisfree, Green Barley Gommage Peeling Mask Rp150.000,-. 









    Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: GIPHY.com, [email protected] )