Lifestyle

Fakta Film Shang Chi, Superhero Asia Pertama di MCU!

  by: Nadhifa Arundati       4/9/2021
  • Girls, tepat pada tanggal 3 September 2021, film Shang Chi and the Legend Of the Ten Rings sudah rilis! Salah satu yang bikin heboh banyak orang yakni karakter Shang Chi,  merupakan satu-satunya superhero Asia di Marvel Cinematic Universe, #asianproud! Ada banyak fakta-fakta menarik di balik film Shang Chi and the Legend Of the Ten Rings yang perlu kamu ketahui. So, Cosmo sudah rangkum beberapa faktanya, simak!


    Shang Chi is the Master of Kung Fu!





    Karakter Shang Chi merupakan karya dari Steve Englehart dan Jim Starlin pada tahun 1972 yang terinspirasi dari aktor Burce Lee (no wonder). Terpaan budaya Kung Fu di Amerika Serikat membuat Marvel tergerak untuk menciptakan superhero yang menjadikan Kung Fu sebagai kekuatan super-nya. Jadi ibarat, Shang Chi adalah ‘gambaran’ Bruce Lee di dunia MCU.



    Film Shang Chi punya kemiripan dengan Iron Man.


    Yes, kabarnya karakter Mandarin palsu (musuh di Iron Man 3) akan muncul di film Shang Chi and the Legend Of the Ten Rings! Memberikan petunjuk bagi kita semua, kalau film ini akan memiliki kesinambungan dengan film Iron Man. Dilansir dari Comic Book, presiden Mavel Studios, Kevin Feige, menyatakan kalau ending dari film Shang Chi and the Legend Of the Ten Rings akan punya kemiripan dengan bagian ending film Iron Man 1, dimana hal ini akan mengarahkan alur cerita Shang Chi untuk melangkah ke dunia MCU. This is interesting!


    Produksi film yang sempat tertunda.



    Di tahun 2018 lalu, Marvel melihat bahwa film yang melibatkan kebudayaan Asia sedang diminati oleh publik, salah satunya seperti film Crazy Rich Asians. Well, faktor ini mendorong Marvel untuk meproduksi film Shang Chi and the Legend Of the Ten Rings pada tahun 2020, namun dikarenakan pandemi yang tak kunjung mereda, penayangan film sempat tertunda beberapa kali, sampai akhirnya dinyatakan rilis pada tanggal 3 September 2021.


    Simu Liu sudah pernah menyinggung soal superhero Asia-Amerika di salah satu tweet-nya.



    Mungkin sebelumnya kamu hanya mengenal Simu Liu dari sitkom Kim’s Convenience saja... Namun sekarang Ia telah mendapat spotlight yang cukup besar, lantaran mendapat peran sebagai Shang Chi. Aktor yang berasal dari Kanada ini pernah menyinggung Marvel terkait superhero Asia-Amerika yang belum pernah dilibatkan dalam sebuah film. Bahkan Ia mengatakan hal tersebut di salah satu tweet-nya pada tahun 2014.



    Dalam tweet tersebut Simu Liu mengatakan, “Hey @Marvel, kerja bagus untuk film Captain America dan Thor, bagaimana kalau sekarang memunculkan pahlawan dari Asia-Amerika?” And BOOM, kini Marvel menghadirkan superhero Asia-Amerika yang telah 'diambil alih' oleh Simu Liu, good for him!




    Amazing soundtracks!


    To be honest, salah satu hal yang membuat Cosmo merasa excited dengan film ini adalah soundtrack-list! Marvel Studios ternyata menggandeng 88rising sebagai produser eksekutif untuk Shang-Chi and the Legend of The Ten Rings: The Album. Menampilkan Rich Biran, NIKI, Warren Hue, Keshi, DPR LIVE, DPR IAN, DJ Snake, Jhene Aiko, Swae Lee, Anderson .Paak, Saweetie, Audrey Nuna, Mark Tuan, dan beberapa penyanyi lainnya. Deretan lagu ini rilis tepat pada tanggal 3 September 2021, bersamaan dengan tanggal rilis film. Superb!


    Namun belum bisa dipastikan tanggal yang tepat untuk penayangan di bioksop Indonesia. Kita tunggu saja, ya!


    (Nadhifa Arundati / Image: Dok. Instagram @shangchi, @destindaniel, @simuliu, Outnow.Ch)