Beauty

Cara Memilih Sunscreen Yang Tepat Untuk Kulit Kamu

  by: Astriana Gemiati       5/9/2021
  • Untuk mendapatkan dosis Vitamin D yang sehat, Cosmo sarankan kamu berjemur di siang hari yang menyilaukan—tetapi BUKAN tanpa memakai tabir surya. Aman untuk berasumsi bahwa kita semua mengetahui fakta perawatan kulit: paparan sinar matahari = garis-garis halus, pigmentasi, kekeringan, melanoma, dan banyak lagi lainnya. Dan, kecuali jika kamu ingin terkurung di rumah setiap saat sepanjang hari. Ya, satu-satunya cara untuk melindungi kulit kamu dari sinar ultraviolet adalah dengan mengoleskan lapisan sunscreen yang banyak.


    via GIPHY



    Namun, meskipun Cosmo menyarankan kamu untuk mengikuti praktik perawatan kulit ini secara religius, Cosmo memahami bahwa menemukan tabir surya yang ideal untuk jenis kulit kamu bisa sedikit merepotkan. UVA, UVB, PA+ bukanlah istilah yang kami harapkan dari orang awam, oleh karena itu, Cosmo memiliki dua ahli kecantikan untuk berbagi dua hal tentang hal-hal yang harus diingat saat membeli pelindung matahari.



    "Saat kamu berada di luar ruangan—dan terkadang di dalam ruangan juga—kulit kamu akan terpapar banyak agresor eksternal, seperti polusi dan sinar UVA dan UVB. Sinar ultraviolet dari sinar matahari bisa sangat merusak, sehingga sangat penting untuk mengoleskan tabir surya sepanjang tahun. Tabir surya melindungi kulit kamu dan meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh sinar berbahaya ini, melawan tanda-tanda penuaan dini dan kerusakan akibat radikal bebas," jelas Zoya Ali, National Training Head, Innisfree India.


    Untuk memberi kamu beberapa wawasan, Dr Ipsita Chatterjee, Lotus Herbals, membantu memecahkan kode beberapa istilah penting yang sering kamu temukan pada label pelindung matahari:

    1. UV: Ultraviolet adalah versi cahaya berenergi lebih tinggi yang dibagi lagi menjadi kategori A dan B.

    2. UVA: Ini adalah sinar yang menembus lapisan terdalam kulit dan berpotensi menyebabkan kerusakan paling besar, yang mengarah ke tanda-tanda penuaan dini.

    3. UVB: Sinar ini bekerja di permukaan kulit, sering menyebabkan kulit terbakar, kulit kecokelatan, dan ruam kulit.

    4. Board Spectrum: Produk berspektrum luas menawarkan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB.

    5. SPF: Sun Protection Factor (SPF) mengukur berapa lama tabir surya Anda akan melindungi kulit Anda dari sinar UVB.

    6. PA: Ini adalah tingkat perlindungan terhadap sinar UVA.

    7. PA+, PA++, dan PA+++: menunjukkan perlindungan yang lebih besar terhadap sinar UVA.


    Jenis Tabir Surya

    Zoya Ali membantu kami membedakan dua jenis utama tabir surya:

    1. Mineral Sunscreen: Tabir surya mineral—juga dikenal sebagai tabir surya fisik—bertindak sebagai penghalang fisik yang memantulkan atau menyebarkan sinar ultraviolet dari matahari. Titanium dioksida dan seng oksida adalah bahan aktif utama dalam tabir surya mineral dan lembut untuk semua jenis kulit.




    2. Chemical Sunscreen: Tabir surya kimia—juga dikenal sebagai tabir surya organik atau sintetis—menyerap sinar UV, mengubahnya menjadi panas, dan melepaskannya dari tubuh. Karena bahan-bahan seperti avobenzone dan octisalate dapat mengiritasi kulit, carilah bahan-bahan seperti minyak bunga matahari, minyak dedak padi, dan minyak biji gandum, yang kaya akan vitamin E dan antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas.



    Berapa Banyak yang Harus Diterapkan dan Seberapa Sering?

    “Mengoleskan tabir surya sekali di pagi hari tidak cukup, terutama jika kamu berencana untuk keluar di bawah sinar matahari. Pastikan kamu mengoleskan kembali tabir surya SPF 30 atau lebih setiap dua jam. Jika kamu bertualang di luar ruangan, gunakanlah tabir surya 15 menit sebelumnya, karena mungkin perlu beberapa saat untuk mengendap dan terserap ke dalam kulit kamu. Di sisi lain, water resistant sunscreen akan melindungi kulit kamu selama sekitar 40-80 menit dalam air, tergantung pada komposisinya. Saat di dalam ruangan, kamu juga harus mengoleskan sunblock, dan inilah alasannya—sementara jendela kamu dapat menyaring sinar UVB, sinar UVA masih dapat menembus, menyebabkan kerusakan kulit yang signifikan," kata Dr Chatterjee.


    Sunscreen untuk kulit berminyak

    Menurut Dr Chatterjee, jika jenis kulit Anda berminyak, sebaiknya gunakan tabir surya yang memberikan hasil akhir matte yang tidak berminyak atau memiliki formulasi matte berbasis gel.

    Sunscreen untuk kulit kering 

    "Jika kamu memiliki jenis kulit kering, pilihlah tabir surya yang mengandung hidrasi yang tidak hanya melindungi kulit kamu dari sinar ultraviolet tetapi juga memaksimalkan kelembapan," tambahnya.

    Sunscreen untuk kulit normal

    Dr Chatterjee mengemukakan, "Jika kulit kamu tidak mengelupas atau pori-pori tidak tersumbat oleh minyak, kamu dapat memilih tabir surya yang ringan, tidak berminyak, dan memberikan perlindungan sinar matahari yang optimal."


    Cara mengaplikasikan sunscreen

    “Sekitar 1/3 hingga 1/2 sendok teh, sunscreen harus dioleskan ke seluruh wajah dan leher kamu untuk memastikan cakupan penuh. Kamu juga harus menutupi semua area yang terbuka seperti kaki, telinga, lengan, dan tangan. Aplikasikan kembali sunscreen setelahnya. 2-3 jam sangat penting karena perlindungan SPF sering memudar seiring waktu, bahkan jika kamu tidak berkeringat setetes pun. Pastikan kamu tidak mencampur sunscreen dengan riasan atau krim seperti BB atau CC cream. Lapisi sunscreen kamu secara terpisah untuk memastikan perlindungan penuh terhadap sinar UV yang berbahaya. Bersihkan kulit kamu dua kali dengan minyak pembersih dan busa pembersih di penghujung hari untuk memastikan bahwa kamu menyingkirkan semua partikel SPF," saran Zoya Ali.


    Setelah mempertimbangkan semua informasi yang disebutkan di atas, belilah sunscreen yang paling sesuai dengan jenis kulit kamu. Sunscreen adalah bagian tak terpisahkan dari rutinitas perawatan kulit kita, jadi jangan lupa untuk mengoleskannya—dan mengoleskannya kembali—setiap hari.




    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: [email protected] , [email protected] , GIPHY.com)