Beauty

Ini Yang Terjadi Jika Tidak Hapus Eyeliner Dengan Benar Di Waterline

  by: Astriana Gemiati       9/9/2021
  • Hello there! Jika kamu suka mengaplikasikan eyeliner di waterline untuk melengkapi riasan, kamu mungkin ingin lebih teliti dalam menghapusnya di penghujung hari. Dalam video TikTok yang diunggah oleh seorang dokter mata, Dr. Brittani Carver-Schemper, dia menunjukkan waterline seorang pasien yang telah memakai eyeliner di waterline sejak dia masih remaja.





    Dalam video tersebut, kelenjar minyak pasien tersumbat dan minyaknya dikeluarkan menggunakan alat. Menurutnya, minyak di kelopak mata kita seharusnya memiliki konsistensi minyak zaitun, tetapi pasien dalam video memiliki minyak yang memiliki konsistensi pasta gigi.




    Dalam wawancara dengan buzzfeed, Dr. Carver-Schemper menjelaskan bahwa kelopak mata kita memiliki kelenjar minyak khusus yang disebut kelenjar Meibomian. Menurutnya, mereka bertanggung jawab untuk memproduksi dan mengeluarkan lapisan minyak air mata kita yang melindungi lapisan air mata dan menjaga air mata kita tetap sehat. "Tanpa minyak berkualitas baik dan air mata yang sehat, kita akan mengembangkan penyakit mata kering yang dapat memengaruhi penglihatan kita dan menyebabkan ketidaknyamanan pada mata kita."



    Apa salah satu cara kelenjar minyak kamu bisa tersumbat? Yup, kamu sudah dapat menebaknya—dengan memakai eyeliner di waterline kamu. Inilah mengapa penting untuk sangat *menyeluruh* saat menghapus riasan kamu. Menggunakan pembersih wajah saja tidak cukup—kamu juga perlu menggunakan oil cleanser atau micellar water




    Gejala kelenjar minyak yang rusak atau tersumbat bisa berupa kekeringan, sensasi terbakar atau gatal, dan pandangan kabur. Jika kamu mengalami salah satu dari gejala-gejala ini, yang terbaik adalah meminta dokter mata kamu melihat dan melakukan beberapa tes untuk mengevaluasi kondisi kamu dengan benar.




    (Artikel ini disadur dari www.cosmo.ph  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: [email protected], Dok. TikTok)