Beauty

7 Alasan Pembersih Wajah Kamu Mungkin Tidak Berfungsi Baik

  by: Astriana Gemiati       10/9/2021
  • ICYDK, pembersih adalah tulang punggung dari rutinitas perawatan kulit yang baik. Ini adalah langkah pertama untuk menghilangkan semua kotoran dan minyak dari wajah, jadi kamu pasti membutuhkan yang terbaik. Tapi, jika pencuci wajah terbaik di dunia tidak akan melakukan apa pun untuk kulit kamu, jika kondisinya kamu menggunakannya secara tidak benar.

    Hyram, seorang YouTuber dan spesialis kulit, baru-baru ini mengunggah video di mana dia berbicara tentang kesalahan paling umum yang dilakukan orang saat membersihkan, dan itu benar-benar membuka mata. Simak beberapa hal yang dia bahas:






    Kesalahan paling umum dilakukan orang saat membersihkan wajah

    1. Kamu terlalu lama membersihkan kulit.

    Membersihkan kulit terlalu lama dapat menyebabkan minyak alami kamu terkelupas, penghalang kulit terganggu, dan peningkatan sensitivitas. Menurut Hyram, 30 hingga 60 detik sudah lebih dari cukup.


    2. Kamu menggunakan terlalu banyak produk.

    Kamu mungkin tergoda untuk menggunakan sesendok besar pembersih di wajah untuk benar-benar memastikan kamu mendapatkan ~full experience~. Pada kenyataannya, kamu hanya membutuhkan jumlah seukuran blueberry.


    3. Kamu menggunakan pembersih yang salah untuk kulit.

    Ini adalah salah satu alasan paling populer mengapa kulit kamu mungkin tidak setuju dengan pembersih kamu. Menurut Hyram, yang terbaik adalah menemukan orang dengan jenis kulit yang sama dengan kamu dan mengabaikan saran mereka. 


    4. Kamu terlalu sering membersihkan diri.

    Biasanya, kamu hanya perlu membersihkan wajah di pagi dan malam hari. Melakukannya lebih dari dua kali akan menyebabkan pengelupasan minyak alami yang dibutuhkan kulit kamu. Jika memang perlu mencuci muka (seperti setelah berolahraga), pastikan hanya menggunakan pembersih yang sangat lembut.


    5. Kamu tidak menggunakan cleansing oil atau balm sebelumnya.

    Jika kamu memakai riasan atau bahkan hanya tabir surya, kamu perlu menggunakan cleansing oil atau balm sebelum mencuci wajah biasa. Langkah tambahan ini akan memastikan bahwa sebum, riasan, dan kotoran di wajah kamu terhapus sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.


    6. Menggosok pembersih terlalu keras pada kulit kamu.

    Kamu mungkin tergoda untuk memberikan banyak tekanan saat mencuci muka untuk memastikan bahwa kamu benar-benar "membersihkannya". Menurut Hyram, cara terbaik adalah dengan melakukan putaran perlahan dan lembut.




    7. Kamu menggunakan scrub yang keras.

    Scrub yang keras, dikombinasikan dengan menerapkan terlalu banyak tekanan, dapat merusak kulit kamu, hingga menyebabkan lebih banyak sensitivitas, dan bahkan menyambut jerawat dengan cepat. Jika kamu ingin mengeksfoliasi wajah, kami sarankan menggunakan yang *chemical*. (Lihat daftar recomendasi kami di sini!)



    Jika kamu telah melalui semua langkah ini dan pembersih masih tidak berfungsi, inilah saatnya untuk mencari yang baru! Ingat, produk perawatan kulit tidak cocok untuk semua. Ini masalah trial and error.


    Tonton video Hyram di bawah ini:







    (Artikel ini disadur dari www.cosmo.ph / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: GIPHY.com, [email protected])