Fashion

7 Cara Gunakan Sepatu Boots Baru Tanpa Kaki Terasa Sakit Dan Lecet!

  by: Astriana Gemiati       13/9/2021
  • Setelah kamu cukup menabung dan ingin memanjakan diri dengan akhirnya membeli sepasang sepatu boots yang sudah lama kamu incar, rasanya sangat menyenangkan, bukan? (I feel you, girls!). Namun, ketika kamu dihadapkan dengan yang kenyataan bahwa sepatu baru kamu tidak senyaman yang kamu kira, hmm… hingga akhirnya berujung membuat kaki kamu lecet bahkan terasa sakit—akibat lengkungan sepatu baru dengan bahan yang masih keras dan menyakitkan. 


    Girls, jika kamu ingin menggunakan sepatu baru segera tanpa rasa sakit dan lecet di sepanjang jalan, ada beberapa tips yang bisa coba kamu ikuti bagaimana cara menggunakan sepatu boots baru dengan benar.



    1. Kaus kaki akan menyelematkan kamu

    Temukan sepasang kaus kaki tebal dan kenakan di dalam sepatu boots kamu di sekitar rumah sebentar. Ini akan meregangkan kulit dengan lembut dari area yang dikhawatirkan, membentuknya ke kaki kamu dan membuatnya lebih nyaman saat pertama kali kamu memakainya tanpa pelindung kaus kaki. Pastikan untuk melepasnya begitu mereka mulai merasa kencang dan ulangi prosesnya di hari lain.




    2. Hangatkan sepatu boots kamu

    Menggunakan hair dryer untuk menghangatkan sepatu boots saat kamu mengenakan kaus kaki tebal akan sedikit melonggarkan kulit dan memberi kaki kamu lebih banyak ruang untuk bernapas. Hanya saja, jangan terlalu lama menempelkan pengering rambut pada kulit, ini akan berisiko dapat merusak sepatu boots baru kamu.



    3. Bawa beberapa cadangan

    Pernah mengalami hal itu ketika kamu secara internal memberi selamat kepada diri sendiri hanya karena membeli sepasang sepatu yang begitu nyaman, dan menyadari dalam waktu beberapa jam di hari itu bahwa kamu telah membuat kesalahan yang mengerikan? Kamu menyadari bahwa berjalan pulang dengan sepatu boots baru akan menjadi tantangan—dan itu rasanya menyakitkan.


    Pastikan kamu memiliki sepasang sepatu cadangan di bawah meja kerja kamu, sehingga sepatu boots baru kamu memiliki waktu untuk menyesuaikan dengan kaki kamu dan sebaliknya. Kaki akan membengkak seiring berjalannya hari, jadi beberapa jam dengan sepatu boots baru adalah yang terbaik sebelum lecet itu mulai muncul. Setelah beberapa saat, kamu akan bisa memakainya lebih lama.



    4. Coba freezer trick

    Jika kamu tidak memiliki waktu atau kesabaran untuk meregangkan sepatu boots baru kamu secara perlahan, ada trik yang dapat membuat kulit kamu kendur dalam semalam. Isi dua kantong freezer ziplock dengan air, pastikan untuk mengeluarkan semua udara dari kantong, lalu gandakan kantong untuk perlindungan ekstra dan kencangkan. Tempatkan mereka di dalam setiap sepatu, masukkan ke dalam freezer semalaman. Keluarkan sepatu boots dan biarkan airnya mencair sehingga kamu bisa mengeluarkan kantongnya dari dalam sepatu.


    Ini seharusnya membuat kulit menjadi rileks tetapi juga memiliki risiko kerusakan air—jadi berhati-hatilah jika kamu ingin mencoba trik ini.


    5. Pakai blister plasters

    Sebelum kamu mendapatkan kaki lecet. Jika kamu benar-benar tidak sabar untuk memakai sepatu boots baru, pastikan kamu terlindungi dengan benar. Sebagian besar dari kita memiliki area masalah di mana gesekan adalah yang terburuk, jadi selesaikan masalah dengan menambahkan bantalan ekstra (padding) di kaki.





    6. Pilih kualitas daripada kuantitas

    Dengar, Cosmo tahu kamu mungkin tergoda untuk mengisi lemari pakaian dengan sepatu boots lucu sebanyak mungkin sesuai anggaran kamu. Tetapi jika kamu takut memakainya, atau selalu ingin naik bus tanpa alas kaki di penghujung malam, lalu apa gunanya? Cosmo tips: menabunglah untuk mendapatkan sepasang sepatu boots dengan kualitas terbaik yang cukup terjangkau, dan pilih gaya yang akan dengan senang hati kamu kenakan beberapa kali seminggu. 



    7. Bawa sepatu boots kamu ke tempat profesional

    Jika ragu, bawa sepatu boots kamu ke tukang sepatu dan mereka akan dapat memperluas sepatu kamu dengan aman melalui penguasaan pembengkokan sepatu boots. Mereka juga dapat memasang kembali solnya jika sudah terlihat terlalu aus, atau menambahkan cengkeraman karet. Ingin melakukan kustomisasi khusus? Banyak tempat yang bisa melakukan itu. Yes, kini kamu akan terbebas dari rasa kaki sakit.


    Happy boot, girls!







    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. Pinterest)