Beauty

4 Cara Merawat Kulit Kepala Dan Menjaga Pertumbuhan Rambut

  by: Astriana Gemiati       15/9/2021
  • Kamu pasti pernah mendengar, a happy, healthy scalp = rhappy, healthy hair. Dan, itu benar. Ahli perawatan rambut menyarankan bahwa pertumbuhan rambut yang sehat dimulai dari akar; karenanya, jika kamu merawat kulit kepala, kamu secara otomatis akan memberi jalan untuk helai rambut yang lebih penuh dan berkilau. Jika kamu telah mengekspos rambut kamu dengan heat styling, highlighting, dan bleaching selama bertahun-tahun, triknya adalah memulai dari awal. Sementara pikiran kamu mungkin bergerak untuk fokus pada panjang rambut kamu, alihkan perhatian ke kulit kepala—di situlah semuanya dimulai!


    via GIPHY




    Sekarang Cosmo telah menetapkan bahwa tiket untuk rambut yang lebih kuat, lebih lama, dan lebih sehat adalah perawatan kulit kepala, mari memandu kamu tentang cara melakukannya.



    Pijat kepala untuk melancarkan peredaran darah

    Setiap folikel rambut memiliki suplai darahnya sendiri, oleh karena itu, merangsang sirkulasi darah di kulit kepala dapat memberi jalan bagi pertumbuhan rambut yang sehat. Pijat kepala dengan tekanan ringan menggunakan onion oil, ini tidak hanya akan meningkatkan sirkulasi darah, tetapi minyak biji bawang akan lebih memperkuat folikel rambut, sehingga mencegah kerontokan dan bisa bantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Perhatikan bahwa pijat kepala harus lembut karena pemijatan yang cepat dan agresif, atau menggaruk dapat menyebabkan helai rambut mengendur," jelas Smita Baishakhia, Ahli Kosmetologi dan Kepala Pengembangan Produk, MyGlamm.


    Seimbangkan sebum di kulit kepala kamu

    Kulit kepala yang terlalu berminyak dan sangat kering dapat mengganggu kulit, sering kali menyebabkan ketombe. Ketombe, pada gilirannya, dapat menyebabkan rasa gatal yang berlebihan, jerawat di dahi dan punggung. Sementara kebanyakan orang percaya bahwa kulit kepala berminyak dapat dikoreksi dengan sering mencuci rambut, itu sebenarnya salah satu kontributor utama kulit kepala berminyak, bersama dengan meminyaki tidak teratur dan kebersihan kulit kepala yang buruk. Smita menyarankan, "Cuci rambut kamu setiap dua hingga tiga hari tergantung pada kelembapan dan seberapa banyak kamu berkeringat. Pilih sampo yang ringan dan sesuai dengan jenis kulit kepala kamu. Biasakan juga untuk untuk mengoleskan oil rambut kamu secara teratur. Ini akan membantu penyembuhan kulit kepala kamu dan mengatur tingkat sebum yang tidak seimbang."


    Bersikaplah lembut dengan kulit kepala dan rambut kamu

    Hindari mengurai rambut secara agresif—kering atau basah—karena akan melonggarkan rambut dari akarnya. Sebagai gantinya, gunakan jari-jari untuk memilah-milah simpul dan kemudian menyisir rambut kamu. Pijat kepala yang agresif juga akan menyebabkan rambut rontok dan patah. Bagi rambut kamu menjadi beberapa bagian sambil meminyaki dan encerkan sampo dengan air sebelum mengoleskannya ke rambut. Untuk mengeringkan rambut, tepuk lembut handuk untuk menyerap kelebihan air. Dan, jika kamu sering melakukan blow dry atau heat style, STOP. Jika perlu, gunakan serum atau semprotan heat protectant sebelum mengekspos rambut kamu ke panas eksternal.


    Gunakan produk perawatan rambut yang tepat

    Menurut Smita, buktinya ada pada produk yang kamu gunakan. Hindari memilih produk rambut yang mengandung sulfat, alkohol, atau wewangian. Gunakan produk khusus untuk kebutuhan kulit kepala kamu—coconut oil (carrier) dengan neem oil sangat ideal untuk ketombe, coconut oil (carrier) dengan lavender dan chamomile oil cocok untuk kulit kepala yang meradang, dan onion seed oil baik untuk pertumbuhan rambut . "Tambahkan serum dan kondisioner ke rutinitas perawatan rambut kamu untuk membantu menghilangkan kusut dengan lebih mudah dan mengurangi stres pada kulit kepala. Sebelum aplikasi, lakukan uji tempel pada siku kamu untuk memastikan bahwa produk tersebut tidak menimbulkan reaksi apa pun pada kulit.”




    Selain itu, semuanya bermuara pada mempertahankan gaya hidup sehat; makan dengan benar, dan tidur nyenyak. Makan makanan yang kaya antioksidan, asam lemak omega, dan biotin. Antioksidan adalah penyelamat rahasia rambut kamu yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan mempertahankan kolagen dalam tubuh dan jaringan ikat folikel rambut. Mereka juga melindungi sel-sel kulit kepala di pembuluh darah dan mencegah penghancuran melanin di korteks helai rambut kita, sehingga meningkatkan retensi warna dan membuat helai rambut lebih kuat dan sehat," menginformasikan Baishakhia.


    Menjelaskan manfaat kulit kepala yang sehat, Mehul Gangotra, Technical Educator, Enrich, mengatakan, "Kulit kepala yang sehat berarti pertumbuhan rambut yang sehat, sirkulasi darah yang baik, dan peningkatan kepadatan rambut. Kamu akan bebas dari masalah kulit kepala seperti ketombe, berminyak, dan kekeringan serta penipisan rambut juga akan berkurang. Untuk menghindari folikel rambut kamu tersumbat—dan, untuk membuat kulit kepala bernafas lebih baik—eksfoliasi kulit kepala kamu dengan scrub kulit kepala seminggu sekali, singkirkan kotoran yang menumpuk.





    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati Image:  GIPHY.com, [email protected] )