Lifestyle

Semua yang Perlu Kamu Tahu Soal Paspor Diplomatik BTS

  by: Alexander Kusumapradja       16/9/2021
  • Untuk para penggemar K-pop, khususnya ARMY yang merupakan fandom BTS, kamu mungkin kemarin sudah mendengar kalau ketujuh member BTS baru saja dianugerahi paspor diplomatik secara khusus oleh Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in. Tapi apa sih alasan dan kepentingan di balik hal tersebut?





    Sejak Juli lalu, memang beredar kabar kalau Presiden Korea Selatan akan menunjuk member BTS sebagai Special Presidential Envoy For Future Generations and Culture (Utusan Khusus Presiden untuk Generasi dan Kebudayaan Masa Depan) dan akhirnya kabar itu pun terbukti kemarin di hari Selasa (14/9) di mana ketujuh member BTS: Kim Namjoon (RM), Kim Seokjin (Jin), Min Yoongi (Suga), Jung Hoseok (J-Hope), Park Jimin (Jimin), Kim Taehyung (V), dan Jeon Jungkook (Jungkook) kembali bertemu secara resmi dengan Presiden Moon Jae-in di Cheong Wa Dae alias Blue House (Istana Kepresidenan Korea Selatan) untuk menerima sertifikat penunjukkan Tugas Khusus Presiden dan paspor diplomatik tersebut untuk persiapan United Nations General Assembly (UNGA) atau Sidang Umum Perserikatan Bangsa-bangsa ke-76 di New York, Amerika Serikat.

    "Karena BTS telah menyampaikan pesan harapan ke seluruh dunia, kehadirannya di Sidang Umum PBB kali ini diharapkan menjadi kesempatan yang berarti untuk memperluas komunikasi dengan generasi masa depan di seluruh dunia dan menarik simpati mereka pada isu-isu internasional utama,” jelas Blue House dalam pernyataan resmi mereka.


    Dalam agenda tersebut, Presiden Moon akan melakukan perjalanan lima hari dari 19 September hingga 23 September 2021 ke Amerika Serikat dan tampil di Sidang Umum PBB yang telah ia hadiri selama lima tahun berturut-turut di tanggal 21 September 2021. Sementara BTS dijadwalkan untuk hadir dan menyampaikan pidato di pertemuan kedua dari Sustainable Development Goals Moment (SDG Moment) of the Decade of Action yang akan dibuka oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres di hari Senin tanggal 20 September nanti.

    SDG Moment sendiri diharapkan akan menjadi cetak biru dari usaha PBB untuk melawan isu kemiskinan dan kelaparan, kesetaraan gender, krisis perubahan iklim, dan membangun masa depan yang lebih sustainable untuk generasi mendatang. Kabarnya, selain berbicara, BTS juga akan menampilkan aksi panggung mereka yang telah direkam sebelumnya (pre-recorded). Kepergian dalam tugas negara ini juga akan menjadi kepergian pertama BTS ke luar Korea Selatan selama pandemi COVID-19.

    Ini adalah kali ketiga bagi BTS untuk berbicara sebagai perwakilan generasi muda di Sidang Umum PBB setelah tahun 2018 dan 2020. Pada tahun 2018 lalu, BTS berpidato sebagai perwakilan UNICEF untuk mengampanyekan "Love Myself" atau praktik mencintai diri sendiri. Sementara di tahun 2020 lalu BTS secara virtual juga menyampaikan pesan harapan untuk masyarakat dunia yang sedang berjuang melawan pandemi COVID-19.


    Melalui akun twitter resminya, ketujuh member BTS yang tampil keren dengan setelan jas resmi berpose sambil menunjukkan paspor diplomatik masing-masing. Selain paspor, masing-masing member juga mendapat pulpen kenegaraan resmi. Netizen khususnya ARMY pun meramaikan Trending Topic “BTS SOUTH KOREA’S PRIDE” di Twitter dan membahas pencapaian terbaru BTS ini yang jelas bukan sembarang hal.

    Di Korea Selatan, paspor diplomatik hanya dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri untuk orang-orang terpilih saja. Berdasarkan Dekrit Penegakan Hukum Korea dari Undang-Undang Paspor, orang-orang yang berhak untuk diberikan paspor diplomatik adalah sebagai berikut: “Presiden (termasuk mantan Presiden), Perdana Menteri, mantan Perdana Menteri, Menteri Luar Negeri dan Perdagangan, mantan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh, anggota Komite Olimpiade Internasional, pejabat publik Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan, pejabat publik lainnya yang bertugas dalam misi diplomatik di luar negeri berdasarkan Pasal 31 Dinas Luar Negeri Act,” menurut salinan undang-undang di Institut Penelitian Legislasi Korea.

    Selain harus bersih dari catatan kriminal dan punya reputasi yang bisa dipertanggungjawabkan, Biasanya orang berumur di bawah 30-35 tahun tidak akan mendapat paspor diplomatik ini kecuali mereka telah meraih pencapaian yang luar biasa bagi negara. Netizen pun mengulik apa saja sih keuntungan yang didapat dari memiliki paspor diplomatik tersebut dan berikut ini adalah beberapa contohnya:

    - Penyambutan karpet merah dan fasilitas menggunakan lounge khusus diplomat di banyak bandara internasional

    - Tidak ada kewajiban pajak pada beberapa sumber pendapatan

    - Tidak perlu menghitung hari untuk urusan imigrasi

    - Pembatasan visa yang lebih mudah



    - Penggunaan plat nomor CC atau CD atau Konsul pada mobil

    - Alat identifikasi diri di lingkungan politik atau bisnis

    - Bertemu pejabat tinggi pemerintah di negara mana pun

    - Status rumah dan tempat tinggal yang tidak dapat diganggu gugat

    - Visa gratis ke negara mana pun dan perjalanan bebas visa dalam banyak kasus

    - Tidak perlu membayar pajak keberangkatan bandara

    - Diskon pembelian mobil diplomatik Volvo dan BMW sebesar 20-40% (maksimal 2 mobil per tahun)

    - Peningkatan perjalanan pada maskapai dan hotel


    Menurut media Korea, pemegang paspor diplomatik dibebaskan dari pemeriksaan bagasi di bandara ketika mereka memasuki atau meninggalkan sebuah negara dan mereka juga diberikan protokol VIP. Tetapi paspor diplomatik hanya dapat digunakan saat bepergian ke luar negeri untuk urusan resmi kenegaraan, sedangkan untuk urusan pribadi, paspor pribadi atau biasa harus tetap digunakan untuk perjalanan ke luar negeri. Dalam kasus BTS, ketika mereka pergi ke luar negeri untuk tur atau konser, mereka akan menggunakan paspor biasa dan bukan paspor diplomatik.

    Sambil menunggu kehadiran BTS di Sidang Umum PBB tahun ini, in the meantime ARMY juga sedang gembira karena BTS akan berkolaborasi dengan Coldplay dalam merilis single baru berjudul “My Universe” pada tanggal 24 September mendatang. It's a great time for BTS and their fans!


    (Alexander Kusumapradja / Foto: Twitter @bts_bighit)