Lifestyle

6 Fakta ‘Squid Game’, Series Korea Terbaru Netflix

  by: Giovani Untari       18/9/2021
  • Bagi kamu pecinta series yang menguji adrenalin dan penuh ketegangan, maka series Korea terbaru Netflix berjudul Squid Game ini rasanya akan cocok untukmu. 

    Tayang mulai 17 September 2021, Squid Game akan membawa kita pada kisah 456 orang dengan segala tingkat usia yang ikut berpartisipasi dalam sebuah permainan misterius. Tak main-main, pemenangnya pun akan mendapat hadiah sebesar 45,6 miliar Won!

    Sekilas tidak ada yang aneh dari acara yang didominasi permainan anak-anak tersebut, sampai para peserta akhirnya menyadari bahwa hanya ada satu pemenang terpilih dan mereka harus berpacu dengan kematian. Sound so interesting, uhmm







    Tapi sebelum mulai menonton series-nya, ini dia 6 fakta Squid Game yang wajib kamu ketahui:


    1. Melibatkan para pemain papan atas Korea

    Untuk membuat para penonton masuk ke dalam alur penuh ketegangan, Squid Game menggandeng banyak pemain handal Korea Selatan. Sebut saja Lee Jung-jae yang pernah membintang film Along with The Gods: The Two Worlds, Along with The Gods: The Last 49 Days, dan Trade Your Love. Ada pula Park Hae-soo yang pastinya langsung bisa kamu kenali berkat perannya di sejumlah K-drama populer seperti Prison Playbook dan Memories of The Alhambra. Ada juga serta sederetan nama aktor lainnya yaitu: Wi Ha-jun (18 Again, Romance Is A Bonus Book), Jung Ho-yeon, dan Heo Sung-tae.





    2. Squid Game aslinya memang nama sebuah game di Korea

    FYI, Squid game sendiri ternyata juga merupakan sebuah nama game yang populer di Korea pada era tahun 70 – 80'an. Permainan ini sebenarnya cukup sederhana namun banyak melibatkan elemen fisik.

    Tak heran jika sang sutradara sekaligus kreator Hwang Dong-hyuk pun mengambil ide permainan tersebut menjadi judul atas series ini. "Squid Game merupakan salah satu permainan yang menguras fisik dan salah satu permainan favorit saya. Bagi saya, Squid Game dapat menjadi permainan anak-anak yang paling simbolis untuk menggambarkan kondisi masyarakat saat ini,” ujarnya.




    3. Digarap oleh sutradara ternama

    Sutradara dari series Netflix ini adalah Hwang Dong-hyuk. Ia merupakan salah satu sutradara kenamaan Korea yang karyanya diakui di industri perfilman Korea. Sebelumnya Hwang Dong-hyuk telah menyutradarai dan menulis naskah untuk film The Fortress (2017), Miss Granny (2014), dan Silenced (2011). 

    Salah satu filmnya yaitu The Fortress juga berhasil memenangkan penghargaan "Best Screenplay" di ajang 38th Blue Dragon Film Awards di tahun 2017 silam.





    4. Naskah awal serial ini sudah ada sejak tahun 2008!

    Bisa dibilang Squid Game 'lahir' dari proses yang cukup panjang. Sutradara Hwang Dong-hyuk sendiri pertama kali mulai menulis naskah Squid Game pada tahun 2008 silam. Bisa dibilang naskah serial ini ia buat jauh sebelum film-filmnya yang kini mencatat rekor box office di Korea. Untuk menginspirasinya sang sutradara banyak membaca buku komik dan akhirnya menyelesaikan naskah pertama Squid Game di tahun 2009.

    Sayangnya beberapa orang menganggap cerita series terlalu rumit dan tidak komersil. Akhirnya sutradara Dong-hyuk juga gagal mendapat investor dan kesulitan mencari pemain yang tepat. Dengan penuh pertimbangan selama satu tahun (wow!), ia pun memutuskan untuk tidak melanjutkan series ini. Tetapi syukurlah kini Squid Game benar-benar jadi dibuat dan bisa ditonton oleh publik secara global.






    4. Peserta Squid Game juga datang dari latar belakang yang beragam

    Yang membuat jalan cerita Squid Game semakin menarik adalah latar belakang dari 456 peserta di dalamnya. Seperti karakter Gi-hun (Lee Jung-jae) yang diceritakan sebagai seorang duda yang bisnisnya gagal dan sedang terdesak utang. Di sisi lain Sang-woo (Park Hae-soo), teman masa kecil Gi Hun sedang dalam kondisi sulit meski ia bekerja di sebuah perusahaan investasi dan kuliah di universits ternama. Ada pula Jun-ho (Wi Ha-jun) seorang polisi yang menemukan permainan ini saat mencari saudaranya yang hilang. Serta Sae-byeok (Jung Ho-yeon), pembelot Korea Utara yang berjuang untuk menyatukan keluarganya. 




    5. Dirancang dengan visual yang mengagumkan

    Meski series ini menceritakan tentang sebuah survival game, tetapi set syuting nya dibuat dengan mendetail dan apik! Sang sutradara Hwang Dong-hyuk juga lebih memilih untuk menggunakan set berukuran besar dan nyata tanpa harus bergantung pada kecanggihan teknologi. Hal ini membuat para pemain kagum dengan set syuting mereka.

    Musik di Squid Game juga merupakan lagu anak-anak favorit di tahun 70-an dan 80-an sehingga membuat para penontonnya akan bernostalgia.





    6. Terdiri dari sembilan episode

    Squid Game akan berjumlah sembilan episode. Berbeda dengan survival series lainnya, Squid Game lebih berfokus pada bagaimana para peserta bersikap dan bereaksi. Dalam permainan bertahan hidup. "Kita cenderung lebih memperhatikan para pemenangnya. Namun di Squid Game, kita justru melihat siapa yang kalah. Tidak akan ada pemenang apabila tidak ada yang kalah,” ujar sutradara Hwang Dong-hyuk. Are you ready, babes?






    Squid Game tayang perdana pada hari Jumat, 17 September 2021 di Netflix.



    (Giovani Untari / Images: Dok. Netflix)