Better You

5 Stres Mikro yang Dapat Mengganggu Waktu Tidur Tanpa Disadari

  by: Alexander Kusumapradja       18/9/2021
  • Cosmo babes, mungkin kamu sudah pernah merasakan sulit tidur karena faktor stres yang signifikan seperti baru saja putus atau mendengar kabar buruk lainnya, tapi apakah kamu tahu kalau hal-hal menyebalkan yang mungkin terlihat remeh juga bisa mengganggu ritme tidur kita tanpa disadari?

    Setiap hari mungkin ada saja stres-stres mikro yang tampaknya tidak terlalu kamu pusingkan karena saat beraktivitas di siang hari, semua stres yang menumpuk itu bisa teralihkan karena otak kita fokus mengerjakan suatu hal atau banyak distraksi, namun saat bersiap istirahat di malam hari, otak kita justru seringkali mengingatkan to-do-list dan daftar kecemasan yang membuat tubuh dan otak kita dibanjiri dengan adrenalin dan kortisol, dua hormon yang mempercepat detak jantung dan membangkitkan naluri fight or flight yang akhirnya membuat kita sulit memejamkan mata dan mendapatkan waktu tidur yang optimal.

    Itu sebabnya penting bagi kita untuk mengenali stres-stres mikro apa saja yang mungkin menumpuk dan menganggu waktu tidur kita tanpa disadari serta belajar mengatasinya untuk tidur yang cukup dan terbangun dengan perasaan segar.





    via GIPHY

    1. Overthinking pembicaraan di siang hari

    Orang yang mengidap kecemasan (anxiety) memang lebih rentan kepikiran atau mengulang-ngulang interaksi yang mengganjal di otak mereka, tapi hal ini sebetulnya bisa terjadi pada siapa saja. Interaksi yang canggung atau miscommunication bisa terjadi kapan saja dalam percakapan secara lisan maupun tertulis dan kadang saat kita mau tidur hal itu terpikir kembali berulang-ulang di kepala kita hingga susah tidur. Kalau kamu termasuk yang sering mengalami hal ini, coba deh sediakan waktu khusus misalnya satu atau dua jam sebelum tidur untuk mematikan semua distraksi dari gadget dan keluarkan alat tulis dan kertas untuk menuliskan semua yang mengganjal di kepalamu. Daripada disimpan di kepala, menulis jurnal seperti ini bisa menjadi pelampiasan keresahanmu dan mengurangi stres yang membuatmu overthinking sebelum tidur.


    via GIPHY

    2. Memberi label negatif untuk semua hal

    Memberi label negatif pada setiap kejadian tak diharapkan yang terjadi sehari-hari bisa meningkatkan respons stres dan mengganggu waktu tidurmu. Misalnya saat terjebak macet, apakah kamu memilih memasang lagu favoritmu dan ikut bernyanyi atau kamu akan menekan klakson keras-keras dengan penuh frustrasi? Saat kamu membalas email kantor dengan typo yang tak kamu sadari, apakah kamu akan menertawakan diri sendiri atau justru kamu menyalahkan diri sendiri dengan keras? Kuncinya adalah melihat semua hal tak diharapkan tersebut dengan sudut pandang yang lebih positif karena kalau kamu melihatnya dengan penuh kenegatifan, hal itu akan terus terpikir di otak dan merusak waktu tidurmu.


    via GIPHY



    3. Memberi jadwal yang terlalu padat untuk diri sendiri

    Banyak orang yang bekerja di masa pandemi ini merasa mereka harus menyelesaikan sebanyak mungkin hal dalam satu hari dan akhirnya malah membuat mereka stres sendiri karena jadwal atau to do list yang terlalu padat itu. Kuncinya adalah menyeimbangkan antara waktu bekerja dengan beristirahat. Untuk para workaholic mungkin rasanya sulit sekali berkata “tidak” untuk banyak hal, tapi percaya deh kalau bekerja berlebihan tanpa istirahat hanya akan mengganggu kesehatan mental dan fisikmu. Salah satunya membuat kamu jadi sulit tidur karena merasa masih banyak yang harus dikerjakan. Izinkan dirimu untuk beristirahat tanpa distraksi di sela-sela pekerjaan.


    via GIPHY

    4. Kebiasaan menunda pekerjaan

    Secara ironis, kebiasaan menunda-nunda pekerjaan juga bisa membuatmu sulit tidur. Terutama, pekerjaan yang kamu tahu memang membuatmu stres atau malas menghadapinya. Tapi menundanya terus hanya akan membuat mereka semakin terbayang di benak dan membuat stresmu makin parah. Pikiran seperti itu bisa secara otomatis membangkitkan sistem saraf simpatik di mana tubuh kita jadi bersiap melakukan aktivitas melawan stres yaitu bertarung atau berlari yang tentu saja berlawanan dari niat kita untuk istirahat di malam hari. Mau tak mau, kita memang harus menyelesaikan tanggung jawab tersebut tapi kita juga bisa mencoba menenangkan sistem saraf kita dengan mandi air hangat sebelum tidur, membaca, atau mendengarkan musik yang chill.


    via GIPHY

    5. Tidur di ruangan yang berantakan

    Kalau kamu tinggal di ruangan yang berantakan atau punya pola hidup yang tak teratur, kamu juga akan lebih rentan terserang stres yang membuatmu terjaga di malam hari. Sesederhana kamu lupa meletakkan sebuah benda karena ruanganmu berantakan, hal itu tak hanya membangkitkan respons fight or flight tapi juga bisa membuatmu terjebak dalam pikiran negatif yang menyalahkan dirimu sendiri. Cara melawan stres ini adalah dengan membiasakan diri merapikan ruanganmu dan menaruh barang-barang ke tempat asalnya setiap selesai kamu pakai. Ruangan yang bersih dan apik akan membuatmu perasaanmu jadi ringan dan tidur pun jadi lebih mudah.


    (Alexander Kusumapradja / Foto: Kinga Cichewicz on Unsplash)