Beauty

Ini Jarak Waktu Yang Tepat Antara Lapisan Produk Skincare Kamu!

  by: Astriana Gemiati       27/9/2021
  • Jika kamu termasuk yang rajin mengikuti ritual perawatan kulit pada pagi dan malam hari, maka ada kemungkinan besar kamu akan bertanya-tanya tentang kemanjuran setiap langkah atau cara terbaik untuk mengoptimalkan setiap lapisan saat kamu mengoleskan toner, serum, krim, dan oil. Pikiran yang pasti sering terlintas di benak kamu saat melakukannya adalah berapa lama kamu harus menunggu antara mengaplikasikan setiap lapisan produk perawatan kulit lainnya. You are not alone, babes!

    Dengan begitu banyak produk di pasaran, sulit untuk mengetahui apa yang harus digunakan kapan dan bagaimana, berapa banyak lapisan, jarak waktu antara setiap produk, dll. Dr Chytra Anand, dokter kulit, ahli kosmetik dan pendiri Skin Q Beauty Care, membagikan tips praktis, katanya, “Mulailah dengan yang lebih ringan dan lanjutkan ke produk yang lebih berat. Saat ini, ada banyak skincare routine, mulai dari terapan klasik dengan tiga langkah, lalu tujuh langkah untuk meraih glass skin, dan 10 langkah menerapkan Korean skin routines. Pada dasarnya, semuanya tetap sama.”




    Namun, sebelum kita lanjut membahas perbedaan waktu antara setiap lapisan, mari kita lakukan penyegaran tentang urutan pengaplikasian produk perawatan kulit yang benar.




    Bagaimana urutan pemakaian produk perawatan kulit yang benar?

    Cosmo meminta Dr. Chytra untuk menguraikan bagaimana menerapkan lapisan produk skincare yang benar. Dia membagikan ritual menjadi langkah-langkah sederhana yang perlu diikuti dalam urutan yang disebutkan di bawah ini:

    Rutinitas harian perawatan sehari-hari yang harus dilakukan harus mencakup pembersihan wajah, diikuti dengan pelembap, dan penerapan tabir surya.

    Rutinitas perawatan malam melibatkan pembersihan wajah diikuti dengan mengaplikasikan night serum pada bagian wajah dan leher, serta terakhir night cream yang perlu diterapkan pada bagian wajah, leher, mata dan bibir.

    Untuk lapisan harian meliputi pembersih, toner, serum, spot treatment, pelembap, krim mata, retinol, facial oil, tabir surya dan, kemudian riasan.

    Dr Chytra lebih lanjut membahas setiap lapisan, memberi saran tentang cara yang tepat untuk memilih produk dan menerapkannya dengan benar.


    Cleansing: Perlu dilakukan pada siang dan malam hari.

    Pilihannya: Face Wipes atau Ph balanced cleanser (gel / cream), atau micellar water, atau cleansing oil.

    “Langkah pertama selalu pembersih. Ini adalah langkah penting untuk membersihkan kulit dari debu, kotoran, dan minyak. Ketika wajah kamu dalam keadaan bersih, menerapkan lapisan berturut-turut akan bantu penyerapan jauh lebih baik. Jika tidak, ini menyebabkan penyerapan dan penyumbatan yang tidak tepat, ”katanya.


    Single cleanse: Untuk kebutuhan sehari-hari


    Double cleanse: Makeup wipes + Ph balanced cleanser cleansing oil + micellar water 


    Toner: Perlu digunakan pada pagi dan malam hari.

    “Dulu memang wajib, tapi sekarang toner diganti dengan active serum atau correction serums, terutama untuk kulit berjerawat. Saat ini ada botanical serums seperti rose water, marine water sprays yang tersedia. Ini bisa jadi opsi persiapan kulit untuk penyerapan yang lebih baik,” tambah Dr Chytra.


    Serum: Perlu digunakan pada pagi dan malam hari.

    Ini adalah suatu keharusan jika kamu sudah berusia di atas 25 tahun. Serum adalah cairan pekat, lebih ringan dari lotion. Dan, dikemas dengan bahan aktif untuk bantu meningkatkan aktivitas kulit.


    Dr Chytra mengatakan, “pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit kamu. Carilah bahan-bahan ini di dalam serum jika jenis kulit kamu adalah sebagai berikut:


    Oily: Salicylic acid, retinol liposomes dan tea tree extracts.



    Acne-prone: Salicylic acid, niacinamide, azelaic acid, retinol liposomes, tea tree extracts, dan witch hazel.

    Dehydrated: Hyaluronic acid dan sodium hyaluronate.  

    Pigmented: Kojic Acid, rrbutin, licorice, emblica, azelaic acid. 

    Dull skin: PHA dan lactic acid.  

    Day time: Photoprotective serum dan hydration serum adalah yang terbaik

    Night time: active serums lainnya.


    Spot Treatment: Ini terutama untuk kulit yang rentan jerawat (acne-prone) atau kulit yang memiliki resep perawatan kulit yang disarankan oleh dokter kulit. Lapisan ini hanya untuk aktivitas tertentu.


    Eye Cream: Untuk digunakan hanya pada malam hari.

    "Krim mata terpisah tidak selalu diperlukan kecuali jika area mata rusak. Serum dan pelembap biasa sudah cukup," kata Dr Chytra.


    Moisturizer: Perlu digunakan pada pagi dan malam hari.

    Pelembap adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit. It’s a barrier maintenance step. Skin barrier kita terus-menerus di bawah tekanan, dan pelembap akan membantu meningkatkannya. Sekali dalam sehari adalah suatu keharusan jika kamu berusia di bawah 30 tahun. Tetapi jika kamu berusia di atas 30 tahun dan memiliki kulit kering, maka gunakanlah dua kali sehari.


    Retinol: Retinol adalah bahan aktif yang digunakan untuk anti aging atau jerawat, atau pigmentasi. Ada bagian kelasnya sendiri.

    "Retinol selalu memerlukan lapisan karena dapat mengelupas kulit dan menyebabkan purging. Oleh karena itu, biasanya harus diterapkan setelah pelembap.


    Face Oil: Lapisan ini cocok untuk jenis kulit kering, dewasa, dan sensitif, digunakan terutama untuk mengembalikan skin barrier.


    Sunscreen: Ini adalah langkah terakhir perawatan kulit dalam rutinitas harian sebelum riasan. Satu-satunya langkah yang membutuhkan aplikasi ulang dalam tiga sampai empat jam.


    Jadi, berapa jarak waktu antara lapisan produk skincare?

     “Sekitar 30 detik hingga 1 menit adalah jarak yang cukup antara lapisan dalam langkah perawatan kulit. Pengecualian adalah perawatan pasca serum atau spot treatment, dan retinol. Kamu harus membiarkan tiga sampai lima menit sebelum menerapkan lapisan berikutnya untuk memungkinkan penetrasi kulit permukaan. Oleskan tabir surya hanya setelah tidak ada bekas pelembap di wajah. Jika tidak, kekuatannya akan berkurang. Yang penting diperhatikan adalah urutan aplikasi dan waktu antara untuk memastikan setiap lapisan efektif," kata Dr Chytra.





    Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: [email protected] . GIPHY.com)