Fashion

25 Cara Membuat Pakaian Kamu Tahan Lama

  by: Astriana Gemiati       28/9/2021
  • Kita semua mencari cara dalam hal mode dan berbelanja agar bisa lebih sustainable. Sekarang ada banyak merek di luar sana yang menggunakan proses produksi etis baru dan bekerja dengan bahan yang membuat pakaian yang kita beli lebih sustainable, serta lebih baik untuk lingkungan.

    Namun, salah satu cara termudah —dan termurah— untuk mengubah kebiasaan belanja kamu dan mencapai lemari pakaian yang suistainable adalah dengan membuat pakaian yang sudah kita miliki dan cintai bertahan lebih lama. Cosmo tidak akan menghakimi kamu jika, ketika kemeja favorit mulai tipis, jaket tebal kamu sudah mulai bau dan usang, secara dramatis, pakaian kamu sudah mulai terabaikan dan tidak bisa digunakan. 

    Entah itu tidak mencuci pakaian kamu dengan cara yang benar, tidak menangani noda dengan cukup cepat, atau solusi penyimpanan yang ceroboh —jujur, beberapa hari ini lebih banyak pakaian yang terlihat di lantai kamar tidur daripada gantungan— terkadang kita perlu memberi sedikit pakaian lebih banyak cinta.



    Dengan mengikuti petunjuk bermanfaat ini, termasuk beberapa hack untuk ditemukan dan dibagikan, kita dapat menghirup kehidupan baru ke dalam lemari pakaian tanpa mengucapkan selamat tinggal pada barang-barang kesayangan kita, dan tetap setia pada diri kita yang sadar akan lingkungan. Baiklah, waktunya kita menghemat uang.



    Cuci pakaian kamu

    1. Sortir cucian kamu dengan benar. Pisahkan yang berwarna gelap dari yang putih tetapi juga jauhkan kain yang berat dari yang terang, pakaian yang sangat kotor dari yang tidak terlalu kotor, dan selalu cuci handuk sendiri.

    2. Cuci jeans luar dalam... agar warna tidak cepat pudar.

    3. Mencuci dengan tangan... atau letakkan di tempat cucian dingin di mesin cuci kamu di dalam sarung bantal atau tas jaring.

    4. Ritsleting semua ritsleting, dan ikat semua tali sebelum dicuci untuk menghindari halangan buruk di mesin cuci.

    5. Segera atasi noda. Air dingin selalu bekerja paling baik untuk ini dan kamu tidak perlu mencuci seluruh pakaian.

    6. Cuci jumper sejarang mungkin. Faktanya, selain pakaian dalam, sebagian besar pakaian kamu dapat bertahan lebih lama dari hanya satu kali pakai sebelum perlu dicuci, dan menurut CEO Levi's kamu sebenarnya tidak boleh mencuci jeans sama sekali.

    7. Dry clean sesedikit mungkin. Semua bahan kimia berat itu tidak bagus untuk masa simpan pakaian kamu —dan, harganya juga mahal. Cobalah pembersihan di tempat atau cuci dengan tangan sampai pembersihan mendalam benar-benar diperlukan.


    Merawat pakaian kamu

    8. Keringkan pakaian dengan udara... daripada menggunakan mesin pengering, karena lebih lembut pakaian.

    9. Putih kering di luar dan warna gelap di dalam ruangan. Sinar matahari dapat mencerahkan atau memudarkan pakaian yang berwarna gelap, jadi jauhkan dari cahaya alami saat sedang dijemur.

    10. Steam pakaian kamu jika memungkinkan. Steaming adalah cara yang jauh lebih tidak agresif untuk menghilangkan kusut dari pakaian kamu daripada menyetrika. Jika kamu tidak memiliki steamer, coba gantung pakaian di kamar mandi sambil mandi air panas.

    11. Menghapus bobbles pada pakaian kamu... dengan gadget kecil yang rapi seperti fabric shaver kamu dapat menghapus bobbling (alias pilling) dari jumper dan pakaian favorit kamu untuk memberi mereka kehidupan baru.

    12. Secara teratur bersihkan aksesori bahan kulit kamu untuk mencegah kerusakan dan noda yang bertahan lama.

    13. Temukan tempat perbaikan dan penggantian pakaian di dekat kamu. Maksudnya, kamu bisa menggunakan atau mencari label lokal yang menyediakan permintaan mengenai pakaian suistanable.



    Menyimpan pakaian kamu

    14. Simpan sepatu dan tas di dalam kantong debu... agar tetap kering dan terlindung dari kotoran. Atau, jika kamu tidak memiliki kantong debu, gunakan sarung bantal.



    15. Berinvestasi dalam gantungan yang bagus. Cobalah untuk menghindari gantungan kawat yang tidak akan menopang pakaian dengan baik dan dapat merusak bentuk bahu. Gantungan baju yang lembut atau kayu juga akan mencegah kerusakan akibat gantungan baju.




    16. Gunakan lavender atau cedar wood di laci kamu. Tidak hanya baunya yang harum tetapi juga akan menjauhkan serangga dari menggigit pakaian kamu.

    17. Gunakan metode Marie Kondo... dan rapikan pakaian di lemari pakaian kamu. Semakin banyak pakaian kamu yang dijejalkan, semakin kamu perlu menggunakan setrika untuk menghilangkan kusut. Beri mereka ruang untuk bernapas dengan menyimpan barang-barang yang tidak kamu butuhkan untuk musim itu.

    18. Jangan menggantung jumper. Lipat dan letakkan pakaian rajut kamu di laci kering. Berat jumper atau kardigan di gantungan, terutama jika terbuat dari wol, kasmir, atau angora, dapat menyebabkannya tidak berbentuk.

    19. Simpan semua pakaian dan aksesori di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari sinar matahari alami.

    20. Jangan simpan jas atau gaun di dalam plastik penutup dry cleaning. Plastik menyimpan panas dan kelembapan yang buruk untuk pakaian —gunakan tas pakaian kanvas atau sarung bantal untuk menyimpan pakaian formal kamu.

    21. Isi sepatu dan tas kamu... dengan kertas tisu atau kaus kaki untuk menjaga bentuknya.


    Hack untuk membantu pakaian kamu bertahan

    22. Gunakan kondisioner rambut untuk menyusutkan wol ... percaya atau tidak!

    23. Bekukan celana ketat kamu. Rendam celana ketat kamu dalam air dan membekukannya sebelum dipakai pertama kali.

    24. Gunakan tang untuk memperbaiki ritsleting yang rusak ... jika ritsleting kencang, tetapi gigi terlepas, kamu dapat menggunakan tang untuk mengencangkan celah dan akan menjaga gigi tetap di tempatnya.

    25. Warnai ulang pakaian hitam daripada membeli yang baru. Ada trik untuk mencegah jeans hitam kamu memudar tetapi jika kerusakan terjadi, coba gunakan pewarna pakaian khusus untuk menghidupkan kembali warna gelap kamu yang pudar.





    Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com/uk  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: [email protected] )