Celebrity

Semua yang Perlu Kamu Ketahui Soal Nama Belakang Pangeran William

  by: Alvin Yoga       30/9/2021
  • Pangeran William memiliki akses ke banyak hal yang, mayoritas bagi kita para orang awam, tidak kita miliki, seperti: kastel besar, mahkota berlian, dan sederet anjing corgi yang menggemaskan. Meski begitu, ada satu hal yang kita miliki, namun tidak Pangeran William miliki: sebuah nama belakang.

    Nama asli Pangeran William adalah William Arthur Philip Louis, yang bisa kita akui rasanya seperti sebaris nama depan yang dikumpulkan menjadi satu tanpa nama belakang yang pasti. Jadi...bisa dikatakan ia tak memiliki nama belakang sama sekali? Sedikit membingungkan, TBH, inilah mengapa Cosmo mencari tahu lebih banyak (termasuk mengintip dokumen-dokumen kuno) mengenai aturan kerajaan untuk menjelaskan hal ini.




    KAY, Pangeran William tidak *terlahir* dengan sebuah nama belakang

    Cosmo mengetahui hal ini berkat surat lahir Pangeran William, dengan membaca bagian "nama dan nama keluarga". Sayang sekali Cosmo tidak bisa menampilkan foto tersebut padamu, tapi, yah, begitulah.


    Keluarga kerajaan menulis dengan sangat *kasual* bahwa nama dan nama keluarga Pangeran William adalah "His Royal Highness Prince William Arthur Philip Louis", jelas-jelas mengabaikan permohonan untuk menuliskan nama belakang. Sementara itu, Charles menulis nama aslinya sebagai berikut "His Royal Highness Prince Charles Philip Arthur George Prince of Wales"—because yeah, jika bisa menuliskan kata "pangeran" dalam nama sebanyak dua kali, mengapa tidak?

    Dan tolong catat bahwa nama lengkap William telah berubah sejak ia lahir. Ia sekarang adalah Duke of Cambridge (sebuah gelar yang diberikan Ratu Elizabeth padanya setelah ia menikah pada Kate Middleton), jadi nama Pangeran William telah berubah menjadi "His Royal Highness Prince William Arthur Philip Louis Duke of Cambridge," seperti yang tertera dalam surat lahir Putri Charlotte.


    William diketahui pernah menggunakan nama belakang "Wales"

    Tidak memiliki nama belakang memang terkadang bisa membuat situasi menjadi canggung, terutama ketika sedang melakukan hal seperti masuk ke dalam militer atau bersekolah, jadi Pangeran William memiliki beberapa nama pemberian. Saat di sekolah dan ketika bekerja dalam Royal Navy, the Royal Air Force, dan sebagai pilot ambulans udara, William menggunakan nama belakang "Wales" karena ayahnya merupakan Prince of Wales. Saya rasa kita semua setuju bahwa "William Wales" terdengar bagus dan sedikit lucu, meski FYI, ketika ia sedang menjadi seorang pilot, ia dipanggil dengan sebutan resmi "Flight Lieutenant Wales." Cool cool cool.


    William juga diketahui pernah menggunakan nama "Mountbatten-Windsor"

    Sedikit kembali ke tahun 1960, Sang Ratu dan Pangeran Philip memutuskan untuk memberikan para penerus keturunan mereka yang tidak memiliki gelar (aka para anggota kerajaan yang tidak menggunakan "His/Her Royal Highness") sebuah nama belakang yang spesial.



    Menurut website keluarga kerajaan: "Para penerus keturunan sang Ratu, selain mereka yang diberikan gelar Royal Highess dan gelar Pangeran/Putri atau keturunan perempuan yang menikah, akan memiliki nama Mountbatten-Windsor." Inilah mengapa anak-anak Pangeran Harry dan Meghan Markle diberikan nama belakang Mountbatten-Windsor!

    Website keluarga kerajaan juga menjelaskan: "Untuk mayoritas, anggota keluarga kerajaan yang berhak diberikan gelar dan kehormatan HRH Pangeran atau Putri tidak membutuhkan nama keluarga, namun jika ada waktu di mana mereka membutuhkan nama keluarga (seperti saat menikah), nama belakangnya adalah Mountbatten-Windsor."

    Jadi, dari mana nama tersebut berasal? "Windsor" adalah nama keluarga yang diberikan George V pada para penerusnya sebelum Elizabeth menambahkan "Mountbatten," yang merupakan sebuah nama akhir dari kakek nenek Pangeran Philip.

    Pangeran William tidak menggunakan "Mountbatten-Windsor" sesering itu, namun ia pernah menggunakannya ketika menggugat sebuah majalah Prancis, Closer, ketika mereka mempublikasikan foto topless Kate. Dalam tuntutan perkara (yang mereka menangkan!), William dan Kate dirujuk sebagai "Monsieur et Madame Mountbatten-Windsor."


    FYI, anak-anak William memiliki nama belakang yang *berbeda*

    Alih-alih menggunakan "Mountbatten-Windsor," George, Charlotte, dan Louis menggunakan nama akhir "Cambridge" di sekolah. Yang tentu saja cukup masuk akal karena Will dan Kate adalah Duke and Duchess of Cambridge dan karena kita tahu Pangeran William juga menggunakan gelar ayahnya (Wales) ketika ia masih sekolah.

    Jadi, yeah, kesimpulannya, Pangeran William tidak memiliki nama belakang, namun ketika ia membutuhkannya, ia bisa menggunakan "Wales" atau "Mountbatten-Windsor," dan anak-anaknya akan menggunakan "Cambridge." Fin!


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / Image: Dok. Cosmopolitan US)