Lifestyle

Cinta Lingkungan, Starbucks Memberi Reusable Cup Secara Gratis!

  by: Nadhifa Arundati       30/9/2021
    • Pada 28 September, pelanggan di beberapa negara yang berpartisipasi akan memberikan reusable cup peringatan ke-50 tahun Starbucks yang dapat digunakan kembali saat mereka membeli minuman handcrafted.
    • Starbucks mengajak pelanggan untuk beralih dari gelas sekali pakai ke gelas multi pakai sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan global untuk mengurangi jejak limbah hingga 50% pada tahun 2030.
    • Hadiah ini akan membuat reusable cup menjadi bagian dari Starbucks Experience bagi pelanggan dan partners (karyawan) di seluruh dunia.


    Calling out to all Starbucks fans! Dalam rangka merayakan kehadiran kopi dan hubungan yang terjalin bersama Starbucks secara global selama 50 tahun, Starbucks akan menghadiahkan reusable cup (gelas multi pakai) edisi terbatas kepada setiap pelanggan yang melakukan pembelian minuman handcrafted pada 28 September mendatang di sebagian negara di kawasan Asia Pasifik dan akan berlanjut di seluruh wilayah dalam beberapa bulan mendatang, yeay!


    Climate change is still relevant today, maka untuk mengurangi limbah yang dihasilkan sebesar 50% pada tahun 2030 mendatang, Starbucks mendorong pelanggan di seluruh dunia untuk beralih dari plastik sekali pakai, mengutamakan penggunaan material daur ulang, dan mempromosikan penggunaan reusable cup.
     
    Ini menjadi langkah inisiatif pertama kali yang dilakukan Starbucks secara global. Karena mulai minggu ini, gerai Starbucks di seluruh Jepang, Eropa, Timur Tengah dan Afrika, serta Amerika Latin dan Karibia akan menawarkan promosi yang mendorong pelanggan dalam mengurangi limbah gelas sekali pakai dan mengadopsi perilaku berkelanjutan untuk jangka panjang (long-term sustainable behavior).

    Jika kamu ingin menikmati Starbucks Experience, kamu bisa turut berkontribusi dengan membuat perubahan positif – yes, by using that reusable cup. “Menandai pencapaian penting di tahun ini, pemberian reusable cup merupakan hadiah kami kepada pelanggan untuk bersama-sama dengan Starbucks dalam mencapai usaha kami menjadi perusahaan yang bersumber daya positif. Langkah ini hanyalah satu bagian dari banyak hal yang akan datang. Bersama dengan para pelanggan, kami terus berinovasi untuk memberikan cara baru dalam meningkatkan solusi yang lebih berkelanjutan di seluruh wilayah,” penjelasan dari  Sara Trilling, presiden Starbucks Asia Pasifik.
     



    Ingin mengikuti program ini? Yuk, ketahui lebih detail!
    1. Pesanan minuman Starbucks ukuran short, tall atau grande akan disajikan dalam reusable cup. Pelanggan akan menerima reusable cup desain inti atau reusable cup desain ulang tahun ke-50 edisi terbatas, selama persediaan masih ada.
    2. Penawaran ini akan tersedia di seluruh gerai Starbucks di Indonesia dan layanan pesan-antar Starbucks Delivers,  serta beberapa gerai yang berpartisipasi di Kamboja, Hong Kong, Korea, Malaysia, Singapura, dan Taiwan, serta India pada 2 Oktober.
    3. Pelanggan dianjurkan untuk membawa reusable cup kembali saat mengunjungi Starbucks berikutnya untuk dapat menikmati potongan harga promo BYO (Bring Your Own) sebesar Rp5.000 (promo penawaran dan waktu mungkin berbeda di setiap negara).

     
    Selain itu, gerai Starbucks di Indonesia terus melakukan eksplorasi dan inovasi untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan sampah di gerai. Starbucks telah menawarkan program “Bring Your Own Tumbler”, yang memberikan potongan harga sebesar 50% untuk setiap minuman yang dibeli menggunakan reusable cup atau tumbler Starbucks, pada setiap tanggal 22 kepada pelanggan Indonesia sejak 12 tahun yang lalu. Selain itu, semua gerai di Indonesia juga telah mengganti gelas dan tutup plastik PET dengan gelas dan tutup plastik RPET (recycled polyethylene terephthalate) sebagai bagian dari inisiatif Greener Nusantara pada awal tahun 2021. Melibatkan material daur ulang ke dalam rantai pasokan telah menghilangkan penggunaan plastik murni di lebih dari 460 gerai di Indonesia.
     
    Pada 28 September sendiri, Starbucks memperkirakan dapat menjangkau lebih dari 2 juta pelanggan di seluruh wilayah Asia Pasifik. Dengan penggunaan satu reusable cup yang akan menggantikan hingga 30 gelas sekali pakai, Starbucks bercita-cita untuk menciptakan budaya penggunaan kembali di antara para pelanggan, partner (karyawan) dan masyarakat, menyatukan mereka lewat sebuah harapan bersama untuk berkontribusi lebih banyak kepada planet ini.
     
    Untuk informasi selengkapnya tentang bagaimana Starbucks menandai 50 tahun, to inspire and nurture the human spirit – one person, one cup and one neighborhood at a time – kamu bisa langsung kunjungi Starbucks Stories.

    Love the earth as you would love yourself, mulai dari langkah kecil!





    (Nadhifa Arundati / Image: Dok. Starbucks Indonesia)