Healthy Me Time

Oleh dr. Sandi Perutama Gani at 1 Oct 2018, 09:42:53   posting: 4, dilihat: 542

 


 


Apakah anda seorang ibu dengan satu anak atau lebih ? Anda merasa tidak mempunyai waktu luang untuk diri sendiri atau untuk melakukan hobi anda karena mengurus anak ?


Pertanyaan di atas mungkin seringkali terlintas di pikiran anda ketika anda sedang berada dalam titik jenuh atau lelah dalam mengurus anak dan rumah tangga. Kelelahan ini seringkali membuat mood anda menjadi tidak baik, bahkan bisa sampai mengganggu kesehatan tubuh anda.


Nah, sebenarnya bisa ga sih buat kita merasakan Me Time sambil tetap bisa aktif menjaga si kecil ?


Me Time bagaimana yang bisa kita lakukan sambil menjaga kesehatan tubuh kita ?


Yuk coba ikuti beberapa tips Me Time yang sehat di bawah ini :


Timeout and Take a Deep Breath


Terkadang saat anda begitu merasa lelah dan jenuh, minta sedikit “timeout” dengan anak anda. Hiruplah udara segar dengan membuka jendela rumah. Tarik nafas dalam dan hembuskan perlahan sambil memejamkan mata. Lakukan ini selama kurang lebih 5-10 menit agar otak anda memperoleh oksigen kembali dan anda bisa kembali merasa segar untuk menjaga buah hati anda.


 


Picnic Time !


Bikin acara makan dengan si kecil menjadi lebih anti-mainstream dengan piknik di taman. Bawa bekal makanan yang mudah dan sehat, seperti sandwich, susu, oatmeal, atau buah – buahan (bisa dibuat jus juga lho !).


 


Walk around the Park


Ajak yuk si kecil jalan – jalan di taman. Selain bisa membantu mengenalkan alam kepada anak, anda juga bisa sambil berolahraga di taman. Badan anda lebih sehat karena ada udara segar dan sinar matahari. Bersepeda di taman bisa menjadi opsi yang menarik juga lho selain jalan.


 


Lie Down at Bedtime


Susah istirahat ? Tidur bareng si kecil bisa menjadi waktu anda beristirahat bersama. 30-40 menit waktu tidur akan membuat badan anda jauh lebih segar untuk melanjutkan aktivitas anda.


 


Put down your gadget and start READING !


Berhenti menghabiskan waktu anda dengan gadget. Ganti waktu – waktu yang biasa anda habiskan bersama gadget menjadi reading time dengan anak. Anda juga bisa membacakan cerita dari buku kesayangan anak anda. Dengan membaca buku, mata anda menjadi lebih sehat ketimbang bermain gadget, sekaligus untuk meningkatkan kualitas hubungan anda dengan anak


 


Demikian tips – tips Healthy Me Time yang bisa anda lakukan. Perlu diingat bahwa tips – tips di atas bisa dilakukan bukan hanya untuk para ibu yang mempunyai anak, namun juga untuk anda yang bekerja.


Selamat mencoba !


1 Oct 2018, 16:02:57   #1
Belinda S
Last login: 3 Jan 2019, 12:14:24
Total post: 1

Dok betul sekali, sulit banget mencari waktu santai.. Dalam hal ini sih saya belum punya anak hehe tapi karena pekerjaan yg sedang banyak, jdnya untuk waktu santai pun belum ada. walau dipikiran sih udah membayangkan pantai juga.. dalam kesehatan seperti itu jg ga baik ya dok.. Kira2 kl buat org yg bekerja lebih seperti gmn ya? kdg jenuh banget tp kerjaan juga masih numpuk. takut kl ditinggal malah makin numpuk huhu :(



Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 2 Oct 2018, 16:15:35
Dear Belinda, I know what you feel. Mungkin kamu bisa melakukan "short escape" ke taman bareng temen - teman kamu saat jam istirahat. Makan siang di taman bisa menjadi sarana refreshing yang enak lho ! Bekerja dengan pikiran yang lebih segar akan lebih cepat ketimbang kamu sedang suntuk / jenuh lho ! Selamat mencoba !
1 Oct 2018, 16:08:09   #2
Dian Mulia
Last login: 3 Jan 2019, 12:17:10
Total post: 1

Ini sama persis seperti saya dok! Anak saya memang baru satu, tapi krn masih kecil dan saya opun kerja juga, sebenernya buat waktu me tim terkadang sulit bgt.. Krn hrs fokus bekerja di jam kerja, kemudian ya pulang langsung ngurus anak. Kadang capek banget, ga kuat, tapi saya merasa seperti "jadi ibu ya jgn ngeluh, itu pilihan kamu" tapi, kl seperti itu terus, jujur saya stres banget sih dok.. Untuk menyikapinya gimana ya dok? maaf saya curcol hehe



Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 2 Oct 2018, 16:19:29
Dear Dian, no problem kalo curhat, malah bagus bisa menjadi bahan masukan bagi teman - teman lain yang visit ke forum. Take a deep breath, enjoy every second you have with your kids. Do something different everyday with your kids (bisa membantu kamu jadi lebih kreatif juga lho !). Selamat mencoba, ngobrol lagi ya gimana hasilnya ! ^^
2 Oct 2018, 12:01:07   #3
Amanda S
Last login: 2 Oct 2018, 11:54:59
Total post: 1

wah setuju banget sama dokter sandi..aku baru punya anak 1 aja udah susah bagi waktu buat si kecil dan aku nya sendiri. justru aku pengennya me time aku dan waktu untuk anak aku dibarengin aja..terima kasih ya dokter sandi saran2nya pasti bakal aku coba! hehe kalo ada saran lagi bolehh dong dibisikin biar pastiny a aku sama anak ku makin fun!



Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 2 Oct 2018, 16:20:28
Dear Amanda, oke nanti saya posting di sini lagi ya kalau ada tips tambahan ! Enjoy ur me time with si kecil ya !
2 Oct 2018, 12:05:35   #4
Dira Indriani
Last login: 2 Oct 2018, 12:03:43
Total post: 1

Malah aku kepengen banget spend time juga sama anak selagi aku ngelakuin me time tapi ya namanya anak jaman now yah dikit2 selalu pegang gadget,sibuk pergi sm temennya, dll. tapi diseling waktu itu aku jadi bisa me time buat aku sendiri sementara yang aku mau itu spend waktu sm anak ku..gimana yah dok caranya? huhu



Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 2 Oct 2018, 16:23:12
Dear Dira, salah satu tips yang saya cantumkan di atas adalah taruh gadget-mu ! I know how difficult it is, especially untuk generasi milenial sekarang. But its all about commitment, kita bisa kalau kita mempunyai tekad yang kuat. Change ur mindset, give more time and attention to ur little one ^^
write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email