Deretan Desainer yang Direkrut Jadi Creative Director Label Kenamaan di Tahun 2023

Rayoga Akbar 31 Oct 2023

Creative director memegang peranan penting dalam eksistensi sebuah label mode. Visi estetis yang ia usung tak hanya memengaruhi rancangan tapi juga citra dari jenama bersangkutan. Ia juga dituntut untuk jeli dalam membaca selera pasar dan tren yang ada. Tahun 2023 sendiri seolah menjadi tahun regenerasi bagi sejumlah label mode. 

Dalam hal seleksi kandidat, para pemilik brand tak lagi hanya memilih desainer kenamaan tapi juga mulai mempertimbangkan mereka yang berada di balik layar. Hal ini tidak terlepas dari kesuksesan Gucci bersama dengan mantan creative director nya Alessandro Michele. Sang desainer sebelumnya menjabat sebagai associate creative director hingga akhirnya naik pangkat pada 2015 dan mundur pada 2022 lalu.

Berikut sederet desainer yang didaulat menjadi creative director rumah mode kenamaan di tahun 2023.

 

Sabato de Sarno - Gucci

Sebelum didaulat menjadi creative director Gucci, Sabato menjabat Fashion Director di Valentino di mana ia mensupervisi koleksi busana perempuan dan laki-laki.

Pada debutnya di Milan Fashion Week spring/summer 2024, Sabato menampilkan visi baru untuk Gucci. Jika sebelumnya di bawah kepemimpinan Alessandro Michele Gucci bergaya eksentrik, Sabato menampilkan kreasi yang lebih laid back. Kasual, santai, dan effortlessly glamour. 

Seperti pada kombinasi mantel, tank top, dan celana pendek. Lalu deretan mini dress dan mantel berhiaskan embellishments.


Peter Do - Helmut Lang

'..'

Desainer David Renne terpilih menggantikan Jeremy Scott sebagai creative director Moschino. Sebelumnya David bekerja di Gucci, di mana sudah dua dekade mengabdi, dengan jabatan terakhir sebagai Head of Womenswear. Koleksi perdana David akan dipresentasikan pada Februari 2024.