Jadi Desainer Gucci, Simak Kembali Momen Viral Demna di Balenciaga
Salah satu momen paling mengejutkan yang terjadi industri mode pada tahun 2025 ini adalah penunjukan Demna sebagai creative director Gucci. Nama Demna bukanlah yang sering disebut dalam sejumlah kandidat potensial pengganti Sabato de Sarno yang mundur pada Januari 2025 lalu.
Alasannya, karena garis desain Demna di Balenciaga yang bergaya rebel bertolak belakang dengan citra Gucci yang klasik dan publik juga masih terkenang masa kejayaan Tom Ford dan Alessandro Michele-dua desainer dengan karakter yang bertolak belakang namun sukses meredefinisi citra Gucci dan komersial.
Namun bagi Francois Pinault, CEO Kering selaku grup yang menaungi Gucci dan Balenciaga, karakter desain Demna yang khas menjadi alasan utama penunjukannya. “Kontribusi Demna, kepada industri, Balenciaga, dan kesuksesan perusahaan sangat besar. Kreativitasnya adalah hal yang dibutuhkan oleh Gucci,” terangnya dalam keterangan pers.
Sebenarnya situasi ini tak jauh berbeda ketika desainer asal Georgia tersebut bergabung dengan Balenciaga pada tahun 2015. Kala itu nama Demna baru saja dikenal para pencinta mode lewat labelnya Vetements dengan desain yang unik dan nyentrik. Seperti kaus DHL, hoodie dengan bahu yang tegas, dan tracksuit berbahan velvet.
Sesuai prediksi, Demna langsung merombak total Balenciaga. Pada koleksi debutnya, ia menampilkan jaket puffer yang dikenakan secara off-shoulder bersama atasan berhiaskan embellishment dengan celana panjang dan heels, gaun bercorak bunga yang bernuansa retro, dan tas besar multiwarna yang sekilas mengingatkan tas belanja di pasar tradisional.
Melihat antusias publik, Demna semakin giat untuk mengeksplorasi rancangan yang terinspirasi busana maupun aksesori yang biasanya tak dianggap mahal menjadi sebuah produk barang mewah berharga fantastis. Aksinya ini tentu mengundang pro dan kontra.
Ada yang beranggapan Demna berhasil mendobrak standar sekaligus citra akan sebuah desain barang mewah. Sementara mereka yang kontra menilai ia hanya mencari popularitas semata dan kreasinya bertolak belakang dengan esensi dari rumah mode Balenciaga yang bersinonim dengan gaya elegan adibusana.
Selain lewat produk, Demna juga menerapkan pendekatan tak biasanya tersebut dalam hal busana red carpet dan fashion show. Berikut sederet momen viral Demna untuk Balenciaga.
Tas “IKEA”
Pada tahun 2017, Balenciaga merilis tote bag warna biru yang mirip dengan tas belanja IKEA. Perbedaanya terletak pada material dan harga. Versi Balenciaga dibuat menggunakan bahan kulit dan saat itu dijual seharga 2000 USD.
Berkolaborasi dengan Crocs
Crocs menjadi bintang di peragaan Balenciaga koleksi Spring/Summer 2018. Demna menggandeng jenama tersebut untuk berkolaborasi merancang sepatu Crocs yang selaras dengan visi estetisnya. Crocs merancang sebuah sepatu platform berhiaskan pin atau jibbitz yang playful. Sukses di pasaran, keduanya melanjutkan kerja samanya dengan merilis sepatu boots.
Chips Bags
Jangan tertipu dari penampilannya. Balenciaga tidak berekspansi ke bisnis makanan ringan. “Kemasan” ini justru adalah sebuah tas! Yes you read it right. Melansir dari situs Balenciaga, tas ini terbuat dari glossy calfskin dan memiliki ritsleting sebagai penutup.
Tersedia tiga varian “rasa” yakni spicy chilly (merah), salt & vinegar (biru), dan cheese & onion (kuning). Sebelumnya, Balenciaga juga sempat melansir tas serupa berkolaborasi dengan Lays.
Sneakers Bergaya Kotor dan Lusuh
Selain sneakers Balenciaga Triple S yang konon menjadi awal kebangkitan tren Dad Sneakers, sepatu lain rancangan Demna yang viral lainnya adalah sneakers dengan desain yang terlihat kotor dan usang. Sepatu ini sendiri dirilis secara eksklusif di mana hanya tersedia 100 pasang saja.
The Most Expensive Trash Bag
Demna seolah tak pernah kehabisan ide dan tak memiliki batasan untuk membawa benda sehari-hari ke ranah mode mewah. Setelah tas pasar, tas IKEA, dan kemasan makanan ringan, ia juga tak ragu untuk membuat tas terinspirasi kantong sampah.
"Saya tak bisa melewatkan kesempatan untuk membuat kantong sampah paling mahal di dunia, karena siapa yang tidak menyukai sebuah skandal mode?" ujar Demna seperti dikutip dari Women's Wear Daily.
Tas tersebut hadir pada peragaan koleksi Balenciaga Fall/Winter 2022. Konsep peragaan juga dibuat dramatis di mana para model berjalan menerjang badai salju buatan sembari menenteng “trash bag”. Kala itu, MSN melaporkan harga dari “trash bag” lansiran Balenciaga ini mencapai 1790 USD atau sekitar Rp26,6 juta.
Di koleksi ini juga, Balenciaga menampilkan sebuah catsuit yang dililit lakban berhiaskan logonya. Kim Kardashian menjadi yang pertama memakainya.
Banjir di Runway
Peragaan Balenciaga Fall/Winter 2020 menjadi salah satu yang paling memorable. Betapa tidak, Demna mempresentasikan rancangannya dalam panggung runway yang sengaja tergenang air. Ia seolah turut memberi kesadaran kepada para pencinta mode mengenai permasalahan perubahan iklim.
Kolaborasi Gucci x Balenciaga
Sebelum resmi menjadi creative director, Demna sebenarnya pernah merancang untuk Gucci, well tepatnya koleksi kolaborasi. Merayakan 100 tahun eksistensi Gucci, pada tahun 2021 Alessandro Michele yang saat itu masih menjabat creative director menggandeng Demna untuk bekerja sama. Keduanya saling menghiasi sejumlah karya ikonis dengan logo masing-masing label. Seperti jaket Balenciaga tapi bergambar logo Gucci dan tas Balenciaga City namun berhiaskan corak bunga ikonis Gucci.
Kontroversi Holiday Ad Campaign

Balenciaga pernah terjerat kontroversi ketika merilis foto kampanye koleksi liburan yang menampilkan seorang anak memegang boneka teddy bear berbusana mirip pakaian BDSM. Ramai akan hujatan, Balenciaga dan Demna merilis permintaan maaf.
"Saya secara pribadi meminta maaf atas keputusan yang tidak tepat terkait konsep artistik dari iklan koleksi hadiah bersama anak-anak dan saya siap bertanggung jawab. Sangatlah tidak pantas menampilkan anak-anak dengan objek yang tak ada hubungannya dengan mereka," ujar Demna.
Baju Besi di Koleksi Haute Couture
Demna menghidupkan kembali lini couture Balenciaga yang sudah hiatus selama 53 tahun semenjak Cristobal Balenciaga menutup rumah modenya. Salah satu kreasi adibusana rancangan Demna yang mencuri perhatian adalah sebuah gaun terinspirasi baju besi pada koleksi haute couture musim gugur 2023.
Gaun tersebut dibuat dengan teknologi CAD dan dicetak 3D, menggunakan resin galvanis dengan lapisan krom mengkilap. Bagian dalamnya dilapisi beludru hitam, seperti kotak perhiasan. Balenciaga mendeskripsikan gaun ini sebagai simbol akan perpaduan teknik klasik dengan inovasi modern. We couldn't agree more!
Gaya Kim Kardashian di Met Gala 2021
Kim Kardashian merupakan salah satu selebriti yang menjadi muse Demna. Selain rajin menonton fashion show dan bahkan ikut menjadi model, ia juga gemar memakai busana unik karya Demna. Salah satunya adalah gaun dan topeng hitam di Met Gala 2021. Demna sendiri turut memakai topeng hitam saat menemani Kim berjalan di red carpet pesta akbar mode tersebut.
Terbiasa melihat Kim Kardashian berpenampilan glamor, gaya uniknya ini menuai pujian sekaligus ide meme bagi netizen.