• Ava Max pose 1
  • Ava Max pose 2
  • Ava Max pose 3

Exclusive with Ava Max! Tentang Musik, Kebahagiaan, dan Perempuan

Setelah single Sweet But Psycho sukses viral di tangga lagu dunia tahun lalu, Ava Max konsisten mendirikan langkahnya di industri musik global lewat single terbaru EveryTime I Cry yang (psst, rahasia dari Ava untuk kamu dan Cosmo!) akan melibatkan sebuah kejutan pop di masa mendatang. Namun di balik semangat berapi Ava dalam berkarya, ia pun menuturkan visi personalnya untuk perempuan muda di era digital ini. She’s one of our new gurl to look up to!


Image Ava MaxSuit, Sorapol.

Hai Ava! Selamat atas rilisnya single terbaru “EveryTime I Cry”, ya! Anyway, apa kabar? Terima kasih banyak, saya senang karena lagu ini sudah rilis dan mendapat banyak reaksi positif dari para fans. Kabar saya pun baik – tak sabar untuk kembali berkarya!

Bisakah ceritakan sedikit tentang dirimu? Apa saja sih kesibukan yang sedang dijalani? Akhir-akhir ini aktivitas saya cukup padat, apalagi saya sudah mulai kembali untuk perform! Saat ini saya sedang sibuk melakukan penulisan dan rekaman musik untuk album selanjutnya.

Tak heran kalau jadwal kamu padat, khususnya saat menjadi opening act untuk tur Maroon 5. Kedengarannya sangat menyenangkan! Lalu di tengah kesibukan ini, apa saja yang kamu lakukan dalam menjaga kesehatan? Yes! Sejujurnya ini merupakan mimpi yang menjadi kenyataan, terlibat sebagai opening act untuk Maroon 5. Acara tersebut sungguh mengagumkan. Saya sangat bersyukur karena dapat melihat para fans kembali menari dan menyanyikan lagu saya in real life. Meskipun sibuk, saya tetap mencari keseimbangan dalam mengatur pola makan, karena menurut saya, ini adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan. Walau saya menikmati burrito sebagai sarapan, tetapi saya tetap memasak makanan sehat dari rumah. Saya selalu menggunakan resep andalan dari Ibu saya, yakni sayur-sayuran yang dipanggang. Biasanya saya langsung memasaknya dalam porsi yang banyak supaya bisa disimpan untuk seminggu ke depan.


Kalau kamu memiliki waktu senggang, apa kegiatan yang bakal kamu lakukan, atau bagaimana cara kamu untuk bersantai di akhir hari? Kalau punya kesempatan, saya bakal menikmati waktu makan malam bersama teman dan keponakan. Saya senang mendengar life update dari mereka. Lalu di malam berikutnya, saya memilih untuk bersantai di dalam rumah.

Mari bicara soal karier, sebenarnya apa alasan kamu ingin mengembangkan karier di industri musik? Apakah dari dulu kamu memang bercita-cita untuk menjadi musisi? Ya, sedari kecil, saya sudah punya keinginan untuk menjadi penyanyi. Bahkan saya sering bernyanyi di acara keluarga saat musim liburan.

Dari mana kamu mempelajari cara menulis lagu dan bernyanyi? Saya belajar bernyanyi dari Ibu. Beliau adalah sosok terpenting dalam perjalanan hidup saya meski beliau bukan seorang penyanyi profesional. Ibu adalah seorang penyanyi opera dan selalu menyanyikan lagu untuk saya sampai saya beranjak dewasa. Kalau tentang penulisan lagu, bisa dikatakan saya belajar banyak tentang cara menulis lagu dari produser Cirkut.

Apa saja tantangan yang pernah kamu lalui saat pertama kali perform? Pertama kali rasanya gugup banget! Sebelumnya saya hanya berani perform di depan keluarga saja, jadi saya tidak terbiasa kalau harus bernyanyi di depan banyak orang asing. Namun saat saya akhirnya memulainya, seketika rasa gugup itu hilang, dan saya merasa seperti mengalir dengan musik.


Lalu apa keinginan terbesar kamu dalam bermusik? Dan jenis musik seperti apa yang selama ini ingin kamu ciptakan? Tujuan utama saya adalah ingin menjangkau banyak orang melalui lirik dan musik. Saya merasa puas saat para fans merasa relate dengan lagu yang saya ungkapkan, it shows that we are never truly alone. Dengan tujuan ingin menjangkau banyak orang di seluruh dunia, saya akan senang sekali jika diberi kesempatan untuk melakukan tur.
Saya juga suka sekali dengan musik pop ’90an dan 2000an awal! Seperti Gwen Stefani, Mariah Carey, dan Kelly Clarkson, mereka semua menjadi inspirasi saya dalam menemukan gaya bermusik. Mereka adalah alasan mengapa saya lebih menyukai musik pop.

Seperti yang bisa kita dengar dari lagumu, kamu sering menyelipkan pesan di lirik yang berkaitan dengan women empowerment dan feminisme, apakah kamu punya pesan khusus perihal empowering para perempuan muda di era modern ini, agar menjadi versi terbaik mereka? Jujur, menjadi seorang perempuan itu pekerjaan yang berat! Saya mencoba untuk menggabungkan pesan positif dalam musik saya agar saat mereka mendengar, mereka percaya kalau perempuan itu bisa melakukan apa saja.

Menurutmu, apa aksi individual yang bisa kita lakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, khususnya bagi para perempuan? Menurut saya, sangat penting untuk mendorong mereka agar bisa merasa bahagia dengan cara mereka sendiri. Saat saya suka dengan cara berpakaian, makeup, atau sesuatu hal baik yang mereka lakukan pada dirinya sendiri, saya selalu memastikan mereka tahu apa yang saya pikirkan terhadap mereka. Words are so powerful, semakin banyak kebaikan yang kita sebar, lingkungan yang sehat akan datang dengan sendirinya.


Apa nasihat terbaik seputar career building di industri musik dan hiburan yang pernah kamu dapatkan? Nasihat terbaik yang pernah saya dapatkan adalah... jika saya masih bisa menyerap banyak kemampuan, maka lakukanlah, karena waktu akan terus berjalan.

Dan apa saran yang bisa kamu berikan kepada para artis muda di luar sana, yang sedang berusaha meraih karier di industri musik/kreatif? Saya akan bilang kepada mereka untuk tetap berpegang teguh pada ide dan nilai yang mereka miliki sebagai patokan karier mereka di masa depan. Karena saat kamu masih muda dan jiwa semangat sedang bergelora, akan banyak pula orang yang ingin mengambil keuntungan darimu, jadi kamu harus selalu ingat bahwa hanya kamulah yang tahu hal terbaik untuk diri sendiri.

Kamu melakukan banyak hal yang luar biasa di bidang musik. Sebagai musisi kamu sudah banyak dikenal – juga disukai – tak hanya oleh para fans di Amerika dan Indonesia saja, tetapi di banyak negara. Lantas, bagaimana sih rasanya punya banyak fans? Aw, terima kasih banyak! Saya tentu akan menjangkau para fans di seluruh dunia dengan sangat ramah. Saya bersyukur karena ternyata banyak orang yang merasa relate dengan pesan yang saya sampaikan dalam lirik lagu.

Seiring berjalannya hari, popularitasmu semakin berkembang. Bagaimana cara kamu menanggapinya? Apakah hal tersebut membuat pekerjaanmu tampak lebih menyenangkan atau malah memberikan sedikit tekanan dan mendorongmu untuk melakukan yang terbaik? Perasaan saya ‘campur aduk’ jika ditanya soal perkembangan popularitas. Meski demikian, semua ini terasa menyenangkan karena musik yang saya ciptakan dapat menjangkau banyak orang, di mana mereka memiliki pengalaman dan perasaan yang mirip dengan saya. It powers my writing.


Okay, mari bicara soal EveryTime I Cry. Apa saja inspirasi di balik terciptanya lagu ini? Saya tidak memiliki kenangan yang begitu indah sewaktu SMA, pengalaman ini menjadi inspirasi untuk lagu EveryTime I Cry. Dulu orang-orang mengatakan hal buruk tentang diri saya, yang tentunya membuat saya kesal. Namun setelah saya meluapkan kesedihan dengan menangis, rasanya lega sekali. Lagu ini menggambarkan tentang bagaimana pengalaman pahit dapat membentuk diri kita yang sekarang.

Apa tantangan terbesar yang kamu lewati dalam proses pembuatan lagu EveryTime I Cry? Tantangan terbesarnya adalah saat membuat MV (music video), waktu itu saya belum bisa menggambarkan secara jelas terkait visual seperti apa yang ingin ditampilkan. Setelah saya berbincang dengan sutradara Charlie Chops, seketika semua ide yang ada di kepala tertuang begitu saja. Ajaib sekali rasanya!

Apa pesan yang ingin kamu sampaikan lewat lagu EveryTime I Cry? EveryTime I Cry menceritakan tentang proses ‘menyusuri’ rintangan hidup, yang akhirnya membentuk kita menjadi seseorang yang lebih kuat. Semua orang pasti pernah melalui berbagai masalah. Ini seperti reaksi kita terhadap masa-masa sulit yang kemudian mendorong kita untuk terus maju menuju ke masa depan.

Dalam waktu dekat, apakah akan ada kejutan menarik yang berkaitan dengan EveryTime I Cry? Adakah sneak peek dari album mendatang terbaru? Upcoming album tentu akan memberikan banyak kejutan! Tetapi saat ini saya masih menulis dan menyunting beberapa lagu yang akan direkam. Saya sendiri sudah tak sabar untuk merilisnya, supaya kalian bisa segera mendengarkannya!


Mari kita berganti topik. Banyak, lho, yang bertanya soal kehidupan sehari-hari seorang Ava Max. Bisakah kamu ceritakan apa saja kegiatan rutin yang biasanya kamu lakukan setiap hari? Kegiatan saya itu tidak menentu, tetapi ada beberapa hal yang saya lakukan secara rutin. Setelah bangun tidur, saya selalu menikmati secangkir kopi, mengganti pakaian sesuai kebutuhan, and do my hair and makeup. Setelah itu, saya melakukan rekaman atau menulis lagu untuk upcoming album atau latihan untuk upcoming performance. Di malam hari, saya bergegas untuk mandi, menghapus makeup, do my skincare routine, dan berleha-leha sebelum tidur.

Kamu sangat terlihat fashionable di IG! Dari pandangan kamu, are you a stylish-kind-of-person? Apakah kamu selalu memberi usaha lebih untuk berpenampilan menarik? Aw, thank you so much! Betul, saya suka sekali dengan fashion, jadi saya selalu merencanakan baju apa saja yang harus saya kenakan setiap harinya.

Apa saja hal-hal kecil yang membuatmu merasa bahagia? Mengobrol dengan Ibu. Meski hanya melalui telepon selama lima menit saja, saya sudah bisa merasa amat bahagia.


Sebutkan satu hal yang selama ini orang lain belum ketahui tentang dirimu! Saya itu orang yang detail-oriented dan bisa menggila kalau segala sesuatu tidak berjalan sesuai semestinya!

Seperti apa kamu sewaktu kecil? Apa perbedaan yang paling tampak antara diri kamu di masa remaja dengan kamu di masa sekarang? Saya sangat bandel sewaktu kecil. Meski saya adalah tipe orang yang lovely, tetapi saya juga sangat bandel. Kalau saya diperintah untuk melakukan sesuatu, saya tidak akan mau melakukannya: Saya malah akan melakukan hal sebaliknya.

Jika kamu bukan seorang musisi, kira-kira kamu akan menjadi apa sekarang? Kalau saya bukan seorang musisi, saya ingin menjadi interior decorator. Saya suka mendekorasi rumah sendiri ataupun rumah orang lain!

Apa satu hal yang membuatmu merasa bangga sejauh ini? Itu adalah saat saya mendapat kesempatan untuk traveling dan bisa mengenal banyak orang, tempat, serta beragam budaya selama melakukan tur.

Terakhir, adakah pesan yang ingin kamu sampaikan kepada para fans di Indonesia? Terima kasih banyak untuk para fans di Indonesia karena sudah mendengarkan lagu-lagu saya dan selalu memberikan dukungan! Tak sabar untuk bertemu dan perform langsung di hadapan kalian semua!