• Id
  • /
  • En
Image CL The Alpha Female

Sepertinya CL memang tidak pernah meninggalkan takhta dan tetap menjadi Ratu K-Pop paling keren; ia bekerja keras dan menunggu saat yang tepat untuk kembali lebih memukau dari sebelumnya!

To us, K-pop's baddest Queen CL never vacated her throne; she worked tirelessly waiting for the right moment to strike back more powerful than ever!


Image CL The Alpha Female Gown: MONSOORI. Earrings/Rings: Loree Rodkin.

Kali ini ia merilis album solo pertamanya sejak debut 2NE1 di tahun 2009, dan seluruh emosi yang terdapat pada album ALPHA adalah sesuatu yang paling ditunggu-tunggu oleh Blackjacks dan GZB kesayangannya. Ini adalah sebuah pengalaman yang sangat menyentuh hati lewat kemampuan vokal yang tidak pernah salah dan juga rap yang tajam, membuktikan bahwa sama sekali tidak ada yang bisa menandingi CL. Simak apa yang CL ceritakan kepada Cosmo tentang albumnya, menjadi mandiri dan juga harapan terbesarnya untuk tahun 2022. All hail the Queen!

Releasing her first full-length solo album since 2NE1's 2009 debut, the raw emotions of Alpha are everything her beloved Blackjacks and GZBs have been loyally waiting for. Heartfelt experiences break through her unmistakable vocals and fierce raps, proving that absolutely nothing can restrain CL. Read on as she shares with Cosmo more on the album, being independent, and her biggest hopes for 2022. All hail the Queen!

Selamat sudah merilis album solo, ALPHA! Seperti apa sih rasanya sekarang memiliki album tersebut dan mendapat semua dukungan dari penggemar di seluruh dunia? Semua ini sangat berarti untuk saya. Pastinya karena ini merupakan solo album pertama dan saya telah mimiliki konsep “ALPHA” ini sejak lama, jadi saya sangat bahagia akhirnya bisa membagikan ini ke seluruh dunia dan menjalin kembali hubungan dengan para penggemar. Selain itu, ini juga merupakan proyek pribadi yang saya jalankan secara mandiri, jadi bisa melakukan ini semua setelah keluar dari sistem K-pop terasa luar biasa.

Congratulations on the release of your full solo album, Alpha! Tell us how it feels to have it out now and see all the support pouring in from your fans worldwide? It’s very meaningful to me. Obviously because it’s my first solo album and I’ve lived with the concept and title “ALPHA” for so long, I’m so happy to finally share this with the world and reconnect with my fans. Also this is an independent project, so being able to do that after coming out of a K-pop system feels amazing.

Setelah mendengarkan keseluruhan album, apakah ada satu lagu yang sangat berarti atau yang paling mirip dengan kamu? Selalu susah untuk memilih satu karena semua lagu adalah bagian dari diri saya. Tetapi untuk sekarang, sepertinya “Xai” atau “Siren”.

After listening through your album, is there one song on there that’s the most meaningful to you or you feel most akin to? It’s always hard to pick one since I was a part of all of the songs. Right now, I think “Xai” or “Siren”.


Untuk semua yang mendengarkan ALPHA, apa yang kamu harap mereka dapatkan dari musik yang kamu buat? Ada sebuah lirik ini di “ALPHA” yaitu: “I choose love over fear”. Saya berharap semua yang mendengarkan ini merasa empowered. Saya merasa setiap orang memiliki jiwa Alpha di dalam dirinya. Dan saya berharap saya bisa mengeluarkan Alpha tersebut dari diri setiap orang yang mendengarkan.

For those listening to Alpha, what do you hope they take away from the music? I have this line for “ALPHA”: “I choose love over fear.” I hope everyone that listens to it feels empowered. I feel like everyone has an alpha in them. And I hope I can bring that out of them.

Apa saja inspirasi utama di balik lagu-lagu ALPHA? Sejujurnya secara keseluruhan.. hanya diri saya. Saya ingin semua suara ini hanya saya yang bisa ekspresikan. Mike Tyson juga termasuk salah satu inspirasinya. Selama ini saya mendengarkan podcast miliknya dan ia membicarakan tentang cinta, ia juga menyebutkan bahwa cinta adalah rasa hormat. Terkadang seseorang berani melakukan sesuatu yang melewati batas atas nama cinta, tetapi hal tersebut tidak akan pernah terjadi ketika memiliki rasa hormat. Ia berpendapat bahwa cinta itu sama dengan rasa hormat dan saya setuju, terutama karena saya juga memiliki proyek berjudul “In The Name of Love”. Saya juga merasa relate dengan apa yang ia katakan dan lakukan sebelum terjadi pertikaian, karena terlalu banyak energi dikeluarkan - dan saya mengeluarkan emosi yang biasanya tidak digunakan secara normal ketika di atas panggung.

Can you tell us what some of the primary inspirations behind the songs on Alpha are? A lot of them were honestly….just me. I wanted this to be all the sounds that I could express. Mike Tyson was also one of them. I’ve been listening to his podcast and he talked about what he thinks love is and he said that to him, love is respect. Sometimes people cross the line in the name of love but never when they respect someone. He thinks love equals respect and I really connected to that, especially since I have a project called “In The Name of Love” out. I also relate to the things that he says and does before a fight because it’s just so much energy to bring out– and I use emotions I don’t use normally on stage.


Image CL The Alpha Female

Bisakah kamu menceritakan kepada pembaca Cosmo tentang Very Cherry dan bagaimana ini bermula? Pada dasarnya, Very Cherry adalah tim saya. (Terdapat juga Verry Cherry Records). Ini adalah sebuah tim yang saya bangun karena saya ingin melindungi kreativitas yang saya lakukan. Namun sekarang, ini menjadi sebuah proyek mandiri, ke manapun saya pergi dan dengan siapapun saya berkolaborasi, ini adalah tim utama dan anggota inti saya.

Would you share with our readers more about Very Cherry and how it started? Very Cherry is my team, basically. (There’s also Very Cherry Records.) It’s a team that I started because I wanted to protect my creatives. Right now, it’s an independent project as a statement but wherever I go, whoever I collaborate with, this is my main team and my core members.

Dari awal karier hingga sekarang, kamu terus maju tanpa henti, memecahkan stereotip, dan juga mengadvokasi pemberdayaan perempuan. Apa yang membuat kamu terus mendorong hal tersebut? Saya ingin mengubah hal-hal yang saat awal tidak saya miliki. Apa yang telah saya lalui dan ini adalah apa yang selalu saya inginkan untuk diri saya ketika memulai karier.

From your earliest days until now, you’ve been pressing forward non-stop, breaking stereotypes, advocating for female empowerment. What drives you to keep pushing the envelope more and more? I want to change the things that I didn’t have when I started. What I went through and what I would’ve wanted for myself earlier in my career.


Apa yang kamu lakukan untuk mencapai self-love dan merasa berdaya dari dalam diri? Pertama, dimulai dengan harus mencintai diri sendiri. Saya harus memastikan bahwa saya dapat menghabiskan waktu untuk diri sendiri, sehingga tubuh terasa baik, mental juga, apapun itu. Saya rasa setiap orang perlu meluangkan waktu, memberikan perhatian, dan juga kesadaran. Bersikap baiklah kepada diri sendiri, semua bermula dari sini. Akhir-akhir ini, saya selalu berlari di malam hari dan ini sangat membantu apalagi di saat sedang tenggelam dalam pikiran sendiri, olahraga dapat membantu untuk keluar dari zona tersebut dan masuk ke zona yang positif.

What are the things that you would do for yourself to reach self-love and to feel empowered from within? First of all, I think you need to love yourself. I have to make sure I spend time with myself, that my body feels good, mentally…whatever it is. I feel like you need to take the time and give it attention and give it awareness. Just be nice to yourself – I think it starts there. Lately, I’ve been doing night runs and that’s helped me a lot because sometimes when you’re in too deep in your own thoughts, exercise helps get you out of that zone into a positive one.

Menurut kamu, tindakan kecil apa yang bisa dilakukan sebagai seorang individu, terutama perempuan, untuk menjadi berdaya dan menularkannya kepada orang di sekitar? Menurut saya adalah dengan mencintai diri sendiri. Bermula dari dirimu sendiri. Kamu harus bisa menjaga dirimu sendiri sebelum yang lain. Saya ingin memastikan bahwa semua orang bisa menjaga dirinya masing-masing.

According to you, what is the little action that we all can do as individuals, especially women, to become empowered and to radiate it to the others around us? I think self love. It’s you first. You have to take care of yourself first before anything. I want to make sure everyone takes care of themselves.


Apa saja harapan dan juga optimisme kamu kepada Gen Z generasi yang lebih muda untuk perubahan dan transformasi yang lebih baik sehingga bisa merasa self-empowered? Harapan saya kepada generasi muda adalah agar mereka tidak merasakan terlalu banyak tekanan di dalam hidup ini. Saya ingin mereka menikmati kehidupan tanpa tekanan.

What are your hopes or optimism for Gen Z and the younger generations, for the good changes and transformations that we can look forward to in terms of becoming self-empowered? My hope for younger generations is that they don’t feel too much pressure living in the time we live in. I want them to enjoy life without pressure.

Bagaimana perasaan kamu mendengar penggemar yang berkomentar bahwa kamu telah memberikan dampak positif bagi kehidupan mereka? Sejujurnya mendengar ini akan sangat membangkitkan kembali energi saya. Ini memberikan motivasi kepada saya.

What does it mean to you when you have fans commenting how you’ve positively impacted their lives? That recharges my energy honestly. That motivates me.


Memiliki kehadiran dan sebuah platform global yang ikonis selama lebih dari satu dekade, bagaimana cara kamu menangani tekanan berat yang menyertainya? Saya tidak menanganinya, saya hanya terus berjalan. Seperti lirik “Dr Pepper” “Chillin in the freezer when I’m under pressure.” Karena bagaimana pun itu pasti akan terjadi. Saya suka bekerja dan saya suka apa yang saya lakukan, jadi hanya akan terus berjalan. Saya hanya melakukan apa yang saya suka.

Having such a global, iconic presence and platform for over a decade, how do you handle the heavy pressures that come with it? I don’t handle it, I just keep going. Like in the “Dr Pepper” line “Chillin in the freezer when I’m under pressure.” Because it’s going to happen anyway. I love working and I love what I do, so I just keep going. I just do what I love.

Apa saran yang paling tulus yang pernah kamu terima semasa perjalanan karier selama ini dan dapat membawa diri kamu melewati hari-hari terberat? Bersabar. Semua situasi itu berbeda, tetapi sebelum “ALPHA” ini sangat membantu. Dan juga, karena saya sering sibuk, terkadang saya sendiri lupa untuk meluangkan waktu dan menyerapnya. Being present is important so that was really great advice for me.

What’s the most sincere advice you’ve been told in your career thus far that’s carried you through your toughest days? Be patient. Every situation is different but before “ALPHA.” that definitely really helped. Also because I’m so busy so often, I sometimes forget to give it time and soak it in. Being present is important so that was really great advice for me.


Cosmo mengenal kamu sebagai salah satu ikon di dunia fashion. Kenapa fashion sangat penting bagi kamu? Saya sangat menyukai segala hal yang berhubungan dengan mengekspresikan diri dan saya sangat menikmati hal tersebut. Ini membuat saya berada di dalam zona kreatif yang saya sukai. Saya adalah seorang performer sehingga ketika di atas panggung, fashion merupakan bagian besar dari cara saya untuk mengekspresikan musik dan bagaimana itu dipresentasikan. Ini sebabnya saya menyukai fashion.

We know you as one of the fashion icon. Let us know, why is fashion so important to you? I love everything that has to do with expressing myself and I enjoy doing that. It puts me in the creative zone I love being in. I’m a performer so when I’m onstage, it’s such a big part of expressing my music and how it’s presented. That’s why I love fashion.

Kamu selalu terlihat percaya diri dan berani, apakah ada tips untuk pembaca Cosmo agar dapat lebih percaya diri? Saya rasa kunci nya adalah saya tidak selalu percaya diri dan juga berani. Tetapi dengan mengetahui hal tersebut memberikan saya kekuatan untuk menjadi lebih percaya diri, berani, dan juga tidak mengenal rasa takut karena hal tersebut tidak hanya satu sisi.

You always look so confident and bold, any tips for fans and Cosmo readers to stay confident like you? I think the key is that I’m not always confident or bold. Knowing that gives me the power to be confident and bold and fearless because it’s not only one sided.


Image CL The Alpha Female

Apa resolusi terbesar dan juga harapan kamu untuk tahun 2022? Saya hanya ingin terus berjalan. Saya ingin tampil lebih sering, terus membuat karya, dan menjalani kehidupan sepenuhnya.

What are your biggest resolutions / hopes for 2022? I just want to keep going. I want to perform a lot more and just keep creating and living a full life.

Terakhir, bisakah kamu memberikan shout-out untuk penggemar yang ada di Indonesia? Sudah lama sekali saya tidak ke sana. Saya tidak sabar untuk bisa kembali. Saya berharap kalian menikmati ALPHA dan berharap untuk bisa bertemu dengan kalian secepatnya!

Finally, could you give a quick shout-out to your fans in Indonesia? It’s been so long since I’ve been back there. I can’t wait to come back. I hope you guys enjoy ALPHA and hope to see you guys very soon!


eyelash vector design

On cover: Top and Gown: Marmar Halim. Necklace: Balenciaga. Earrings: Martine Ali. Shoes: Harry Halim.