Clara Sutantio

line vector design

ASNTM Cycle 5

CLARA SUTANTIO No Bodys Perfect Quotes

Apa yang membuat Anda Insecure?

“Dulu (saat tubuh saya kurus) nggak merasa insecure. Sekarang lihat nih...” ujar Clara sambil menunjukan lengan, paha, dan perutnya. Sejujurnya, Clara merasa tak masalah dengan perubahan berat badannya yang bahkan mencapai 15 kilogram. Tapi hal ini menjadi kejanggalan bagi mereka yang belum dapat menerima pergeseran beauty standard. “Saya sering mendapat ejekan di sosial media, seperti dibilang ‘gendutan’, ‘model kok kayak gini?’, dan yang paling menyakitkan adalah menyebut saya mirip oink-oink,” tutupnya.

CLARA SUTANTIO Self  Love Quotes

Bagaimana Anda mengatasinya?

Clara percaya bahwa karakter personalnya yang friendly suatu kelebihan.“Saya yakin, walau bentuk tubuh saya berubah sedemikian rupa, personality saya akan selalu dicintai orang-orang.” Ya, pelajaran pertama adalah memahami bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, tidak terkecuali seorang publik figur. Ingat, selalu ada sisi positif yang bisa Anda tunjukan kepada orang lain, atau setidaknya ditanamkan dalam pikiran sendiri. “Saya pernah membaca bahwa perempuan tercantik di dunia pun pasti pernah merasa insecurity, jadi jangan membandingkan diri dengan orang lain.” Saat ditanya bagaimana caranya menerapkan self-love, Clara menjawab “Melihat diri di cermin. Walau sekarang ada double-chin, tapi tetap lucu ‘kan?” Yes, don’t let your mind bully your body! Temukan mantra positif yang paling sesuai dengan kondisi Anda saat ini, lalu katakan berulang kali dengan lantang!

CLARA SUTANTIO Quotes

Experts said…

Nuran Abdat, M.Psi mengatakan bahwa body positivity dapat dimulai dengan cara menanamkan mindset bahwa Anda merasa cukup dengan kondisi tubuh dan segala adaptasi yang terjadi. Ketika Anda sudah menumbuhkan pikiran positif, perasaan self-love juga akan muncul dengan sendirinya. Akan tetapi, Anda harus menyadari bahwa self-love bukan hanya mengakui hal-hal yang dimiliki, tetapi juga menerima kondisi masa lalu secara sadar dan memahami ketulusan pernyataan positif maupun negatif dari orang lain.

Lesson learned from Clara

“Kalau tidak percaya dan menyayangi diri sendiri, siapa lagi yang akan melakukan hal itu? Kita saja belum bisa menyayangi diri sendiri, bagaimana dengan orang lain,” ungkap Clara dengan tegas. Cosmo setuju! Jika sudah merasa nyaman dan menerima diri sendiri, maka Anda dapat dengan mudah mengembangkan apapun yang Anda miliki.