Nadya Yasmeen

line vector design

Feature Development

Nadya Yasmeen

Apa yang membuat Anda Insecure?

Sejujurnya, konsep beauty standard adalah penyebab rasa insecure bagi perempuan. Memang, tidak ada yang salah dari gambaran bentuk tubuh jam pasir, pir, atau istilah lainnya yang diperkenalkan dalam budaya kita, tapi karena mayoritas beauty standard hanya memperlihatkan perempuan bertubuh kurus, Nadya Yasmeen merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuh pir miliknya. “Setiap mencoba celana di fitting room, langsung insecure,” ungkap Nadya. “Ditambah lagi, saya pernah mendapat ejekan yang tidak menyenangkan mengenai bentuk bibir. Rasanya kesal dan ingin marah, apalagi kalau ejekan itu berasal dari akun palsu di sosial media, yang bahkan tidak saya kenal!”

Nadya Yasmeen

Bagaimana Anda mengatasinya?

“Bercermin! Kalau sedang melihat diri sendiri di cermin, terkadang saya berpikir, saya cantik kok!” ujar Nadya sambil tertawa. Self-reminder yang Nadya pegang adalah “this too shall pass”. Bahwa semuanya akan dilewati dan ia tidak sendirian—banyak orang di luar sana juga sedang berjuang menghadapi insecurities mereka masing-masing. “Saya mencoba untuk bersyukur atas tubuh yang saya miliki, karena setiap anggota tubuh membantu saya menjalani kehidupan sehari-hari, dan mereka yang menemani aku setiap waktu.”

Nadya Yasmeen

Experts said…

Apakah cyberbullying berpengaruh terhadap kesehatan mental di kehidupan nyata? Tentu. “Penyerangan ini terjadi saat seseorang belum bisa memahami dirinya sendiri, maka dirinya mudah terefleksi oleh perkataan orang lain. Efeknya akan terasa secara mental dan emosional, dan jika dibiarkan, perasaan yang tidak nyaman tersebut dapat bertumbuh jadi peningkatan kecemasan,” jelas Nuran Abdat, M.Psi. Faktanya adalah, 49 persen pengguna Internet di Indonesai pernah mengalami cyberbullying, dan 66 persen jadi memiliki penurunan self-worth dan merasa lebih insecure, over anxiety, mengisolasi diri, hingga self-harm. “Bahkan, ada juga korban yang merasakan dampak secara spiritual dengan hilangnya keyakinan terhadap pencipta. Karena itu, cobalah untuk memaknai self-love secara fundemental. Anda juga perlu ingat untuk menyiapkan boundaries dengan memencet tombol mute atau block!”

Lesson learned from Nadya

Orang lain tidak berhak menentukan apakah Anda pantas dicintai atau tidak, karena itu adalah tugas Anda sendiri.“It’s your job to love yourself, it’s your job to be thankful to your body, and it’s your job to make yourself happy.” Cosmo setuju. Perubahan memang harus dimulai dari diri sendiri!