Prisca Afifah

line vector design

Model

Prisca Afifah

Apa yang membuat Anda Insecure?

Sejak kecil Prisca sering menerima komentar tak penting mengenai tubuhnya, seperti “Kamu lebih cantik kalau diet”. Well, masyarakat Indonesia mungkin masih menganggap komentar itu sepele atau tidak menyakiti, tapi kenyataannya kata-kata itulah yang justru menyebabkan Prisca insecure. Jika Anda berpikir bahwa society juga memberikan pengaruh negatif terhadap kepercayaan diri seseorang, yes, maybe it is. Seperti yang dialami oleh Prisca, “lima tahun lalu, saya pernah datang ke sebuah agensi model, namun ditolak. Mereka bilang saya cantik, tapi bentuk tubuh saya tidak,” ungkapnya.

Prisca Afifah

Bagaimana Anda mengatasinya?

Memperoleh kembali rasa percaya diri butuh proses, dan Prisca beruntung memiliki dukungan dari orang-orang terdekatnya. “Keluarga dan teman mendukung saya dan mendorong saya untuk lebih bangga akan diri sendiri,” katanya. “Mereka terus meyakinkan saya bahwa saya memiliki sesuatu yang berbeda dari orang lain, dan dukungan merekalah yang akhirnya membuat saya sadar bahwa kepercayaan diri itu penting.” Bicara mengenai body positivity, Prisca bercerita kalau ia memiliki role model yang telah membangun rasa kepercayaan dirinya. “Tara Basro! Saya suka sekali melihat foto-foto di akun Instagramnya. Benar-benar memberi contoh tentang self-love. Tara menunjukkan bahwa ia bisa menerima badannya dan be proud. Being big isn’t bad, right?”

Prisca Afifah

Experts said…

Tanpa disadari, media sosial memiliki memiliki peran yang besar dalam membangun (dan menjatuhkan) rasa percaya diri. Mendengar cerita Prisca, Cosmo langsung ingat akan kata-kata dari Nuran Abdat, M.Psi bahwa, “kita tidak butuh untuk selalu disukai orang lain. Semua orang punya helicopter view (pendapatnya secara menyeluruh dan tidak detail).” And yes, karakter setiap orang atau akun yang Anda follow di media sosial berpengaruh pada self-love! Sesuai saran Nuran, mulai dari sekarang coba kenali kata-kata atau ranah yang dapat meningkatkan motivasi Anda. Kalau tidak membuatmu nyaman dan senang, why follow it?

Lesson learned from Prisca

Ketika sedang meragukan dirinya sendiri, Prisca selalu mengingat nasihat dari agensi modelnya saat ini: “Embrace yourself, dan percaya bahwa saya punya potensi di luar sana”. Ia menambahkan, “Saya tahu ada banyak orang di luar sana yang belum berani mengambil langkah seperti saya, tapi saya yakin setiap orang memiliki keunikan tersendiri. So embrace yourselves and show the world that your body is beautiful no matter what, baby.”