Sarra Tobing

line vector design

Broadcaster/Art Director

Sarra Tobing Cyberbyllying is still bullying Quotes

Apa yang membuat Anda Insecure?

“Saya sedang rutin berolahraga untuk menurunkan berat badan dan meratakan perut yang buncit. Tapi ketika saya mengunggah foto ke sosial media dengan memakai sport bra, saya justru menjadi bahan ejekan.” Sebagian orang mungkin menganggap pengalaman Sarra Tobing ini sebagai permasalahan kecil atau sebaiknya tidak perlu dibesar-besarkan. Faktanya, hal sederhana inilah yang sering menyebabkan gangguan kesehatan mental di kalangan anak muda. Cyberbyllying is still bullying, right?

Sarra Tobing

Bagaimana Anda mengatasinya?

Saat ditanya apakah Sarra ingin mengubah penampilannya, ia menjawab, “ya, tapi sesuai dengan ekspektasi saya”. Sebagai perempuan yang tumbuh besar dengan banyak tuntutan dari orangtua serta lingkungan sekitar, Sarra belajar menyadari tentang pentingnya menyayangi diri sendiri. Memang, butuh waktu lama untuk membentuk konsep self-love ini dan Sarra pun mengaku tidak serta merta bisa menerapkannya. Tapi ada dua hal yang selalu ia terapkan yaitu menghormati dan mempelajari apa yang harus dilakukan terhadap tubuhnya sendiri. Yes, it’s about not pushing yourself too hard. Saat ini, Sarra sedang berupaya mencapai bentuk badan idealnya dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat. Menariknya, perubahan pola hidup ini menerangi sisi positif dalam perjalanan self-love, bahwa Sarra menjadi lebih kenal akan kemampuan tubuhnya. “Utamakan mindset untuk hidup sehat dan nanti semua akan terbentuk dengan sendirinya. Jangan dipaksakan… saya bahkan tidak pernah menyalahkan diri kalau sewaktu-waktu bolos makan sehat. Manusia itu ‘kan tidak sempurna,” ungkapnya.

Sarra Tobing

Experts said…

Memulai pola hidup yang sehat tidak hanya mempersiapkan makanan yang tepat. Menurut Dr. Imelda Pardede, M.Gizi, SpKK, tanamkan pula mindset dalam diri bahwa Anda melakukan hal-hal ini karena mencintai diri sendiri. “’I love myself’ berarti Anda juga merawat diri baik secara fisik maupun emosional. Karena itu, mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, ataupun melakukan perawatan kulit adalah hal-hal yang dilakukan karena mencintai diri, bukan karena membencinya,” jelas Dr. Imelda. Tak masalah untuk sesekali melakukan cheat day dan mengonsumsi makanan yang kamu suka, asalkan Anda melakukannya atas keinginan diri sendiri.

Lesson learned from Sarra

Pelajari diri Anda, pelajari apa yang tubuh Anda ingingkan—mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Hal positif yang dilakukan seorang teman, selebriti, atau influencer, belum tentu dapat berdampak baik terhadap diri sendiri. Bahagia dengan cara otentik adalah suatu kebanggan yang patut ditanamkan oleh semua orang. Seperti kata Sarra, “just do it for yourself and for your happiness.”