Girls Just
Want to
Have Fun!

Satu tahun sejak interview pertamanya bersama Cosmo… Marion Jola is back! Anda akan menjadi saksi bagaimana sang penyanyi muda tersebut terus melaju dari sisi musik, perfomance, juga pesonanya yang magnetic. And it’s always fun to talk with her!
By: Giovani Untari


Hai Lala it’s nice to see you again! Selama setahun ini apa hal yang Anda rasa berubah dalam perjalanan karier Anda?
Wow sudah setahun ya, Cosmo? Setahun ini ada hal yang berkembang, lalu saya juga bahagia bisa memiliki album sendiri, menerima banyak achievements, dan mengeluarkan beberapa video klip yang bisa disukai banyak orang. Tapi saya merasa progres terbesar datang dari diri saya sendiri. Marion Jola saat ini rasanya lebih bertumbuh menjadi sosok yang semakin jatuh cinta lagi dengan pekerjaannya sebagai musisi. Saya juga bersyukur mempunyai tim yang sangat solid untuk karier saya, MJ Squad. Rasanya karier saya menjadi lebih tertata.

Nama dan lagu Anda semakin dikenal publik. Tapi di antara semua lagu yang dirilis, mana yang paling berkesan untuk Lala secara pribadi?
Sebenarnya semua single saya terasa berarti dan memiliki ceritanya masing-masing. Tapi single terakhir saya yaitu Menangis Tanpa Air Mata jadi lagu sangat personal untuk saya. Saya bahkan ikut andil dalam proses pembuatan video klipnya lho! Lagu ini menjadi single yang tiba-tiba sangat related dengan hidup saya. Padahal awalnya ketika ditulis lagu itu bukan bercerita tentang kisah hidup saya, tetapi ternyata mengarah ke sana.

...

Saya ekspresif, dan senang menyatakan semuanya dari bahasa tubuh serta ekspresi wajah.


Lala selalu terlihat energik, Anda bahkan menambahkan unsur dance saat tampil di atas panggung. Apakah dance menjadi salah satu passion Anda selain menyanyi?
Pada dasarnya saya memang tidak bisa diam dan menyukai dance, haha. Semuanya terjadi secara natural di atas panggung. Kemudian saya dan tim berpikir ini adalah hal yang positif, jadi mengapa tidak kita perhatikan lebih, bukan? Beberapa dance ditambahkan agar orang melihat perbedan Marion Jola dengan musisi lainnya. Saya memang tipikal orang yang ekspresif dan senang menyatakan semuanya dari bahasa tubuh serta ekspresi wajah. Menariknya ada beberapa dance yang sering saya lakukan berulang lalu orang-orang menganggap itu gimmick. Tapi akhirnya mereka sampai hafal dance tersebut.

Ini juga yang membuat seorang Marion Jola bisa terlihat begitu lepas di atas panggung?
Ya! Mungkin juga karena saya tahu bahwa saya melakukan hal yang saya sukai yaitu bernyanyi di atas panggung. Lalu saya juga tampil bersama tim saya yang terbaik dan selalu menyenangkan. Saya pun berprinsip untuk selalu memberikan penampilan yang terbaik kepada para penonton. Rasanya begitu melihat mereka saya selalu bersemangat. Apapun yang terjadi mau di belakang panggung ada sesuatu atau saya sakit, di atas panggung saya harus tampil energik dan membawa yang terbaik bagi penonton semua.

...

Anda telah berduet dengan beberapa nama seperti Rayi RAN, Rizky Febian, Tuan Tigabelas, bahkan Afgan di konser solonya. Siapa musisi yang ingin sekali Anda ajak duet di masa depan?
Teza Sumendra! Saya ngefans sekali dengan beliau. Semoga ke depannya semesta mengizinkan ya. Lucunya saya sangat pemalu dan starstruck setiap sekali setiap bertemu dengan kak Teza. Saya bahkan pernah bersembunyi dan gemetar pas bertemu, haha. Saya juga ingin sekali bisa berduet sama kak Isyana, lalu sama kak Afgan lagi. Baru-baru ini saya juga ingin punya single sama kak Nino RAN.

Jadi apa yang sejauh ini Anda pelajari dari industri hiburan?
Soal sabar dan mengampuni. Sabar karena hidup saya menjadi bagian dan urusan banyak orang. Saya pun rasanya belajar untuk selalu bertanggung jawab pada pekerjaan. Lalu belajar tentang menjadi rendah hati agar lebih enjoy menjalani kehidupan. Orang banyak berpikir karier saya langsung naik dan besar, padahal karier saya sangat berproses pelan-pelan dari sebuah ajang pencarian bakat. Akhir-akhir ini saya belajar menjadi seniman yang sepenuh hati dalam membagikan karyanya. Saya ingin tulus dalam berkarya serta membuat orang lain merasa bahagia saat mendengar musik saya.

...

Banyak orang berpikir karier saya langsung naik dan besar.


Punya nasihat tentang musik yang selalu diingat?
Ada satu nasihat dari mas Ari Lasso semasa ajang pencarian bakat yang saya ikuti. Beliau berpesan bahwa “Jangan lupa kalau penonton selalu mau melihat pertunjukan yang bagus dan hasil yang Anda tampilkan. Jadi di luar itu jangan ditunjukkan.” Sampai sekarang itu terus teringat bagi saya bahwa apapun yang terjadi di belakang panggung atau bahkan saat di panggung, tidak ada penonton yang boleh tahu. Saya juga selalu ingat doa dari produser saya Laleilmanino yang saya kutip, “Semoga lagunya kita semua bisa membuat Lala terbang tinggi lagi di industri ini.” Bagi saya itu doa yang tidak bisa saya lupakan karena lagu mereka memang membuat karier saya ‘terbang’ lebih tinggi.

...

Apa yang biasanya Anda lakukan di waktu senggang?
Tidur, bertemu teman, nonton drama Korea, dan nonton musik video dari berbagai musisi. Baru-baru ini saya mengisi waktu senggang dengan liburan. Dulu saya bukan tipe yang suka liburan karena saya tidak suka berada di tempat asing.

Lalu drama Korea yang akhir-akhir ini sedang Anda tonton?
Saya rasa semua orang menjadi bagian dari drama ini yaitu Crash Landing on You! Sudah lama sekali tidak menonton drama Korea yang bergenre romantis seperti ini, karena seringnya menonton drama yang bergenre detektif. Saya menonton drama ini secara maraton!

...

Saya memilih bekerja sekeras mungkin, lalu melihat apa yang datang dari kerja keras tersebut.


Anda juga termasuk yang eksperimental dari segi fashion dan makeup di panggung, apakah Anda termasuk yang suka tantangan?
Akhir-akhir ini saya memang sering menggunakan warna pop untuk menyesuaikan dengan moodboard di salah satu lagu saya. Saya sebenarnya tidak terlalu paham soal fashion dan makeup, saya hanya memakai pakaian yang benar-benar saya suka. As simple as that! Tapi untungnya saya punya tim yang baik dalam mengatur soal penampilan saya di atas panggung. Spirit alami saya memang suka terlihat “weird” serta menjadi pusat perhatian, jadi terkadang pakai apapun asal orang sekitar saya seperti fashion stylist saya bilang keren maka “Okay i will rock it!”

...

We adore your skin! Apa rahasia menjaga kesehatan kulit seorang Marion Jola?
Saya suka sekali dengan produk perawatan tubuh. Saya punya banyak koleksi sabun mandi! Saya juga suka memakai body butter, body cream, dan body oil. Saya senang menjaga kulit saya tetap lembap dan tidak kering. Untuk kulit wajah, dulu saya jarang pakai skincare. Tapi karena sering memakai makeup untuk di stage, kulit saya pernah breakout dan akhirnya saya lebih concern lagi. Mungkin kuncinya juga karena saya selalu mencoba bahagia. Karena kadang kulit kusam atau bermasalah salah satunya karena kita stres dan banyak pikiran bukan? Jadi ya, saya selalu berusaha selalu gembira dan berpikir positif.

Kalau bagian tubuh favorit seorang Marion Jola?
Apa boleh saya jawab semuanya? Haha.. Tapi kalau disuruh memilih mungkin collarbones. Maka terkadang sering saya tunjukkan area collarbones tersebut sebab saya sangat mengaguminya.

...

Semoga di usia 20 nanti saya belajar lebih banyak hal baru lagi.


Tahun 2020 ini Anda akan memasuki usia 20 tahun. Apa hal dan target yang ingin dilakukan di usia yang baru nanti?
Saya ingin menjadi orang yang lebih wise! Lalu semoga di usia 20 nanti saya belajar banyak hal baru lagi. Karena saya merasa banyak perubahan di umur 19 tahun ini. Seperti saya mulai belajar berpikir mendalam, memerhatikan sesuatu, dan lebih berhati-hati saat ingin melakukan suatu hal. Semoga di usia 20 tahun nanti hal baik seperti ini akan lebih banyak terjadi lagi. Target saya? Hmmm.. Saya tipe yang memilih bekerja sekeras mungkin, terus melihat apa yang akan datang dari kerja keras saya itu. Tapi kalau ada kesempatan yang baik maka saya tidak ingin menolaknya.

...

Photographer: Hadi Cahyono. Fashion Stylist: Dheniel Algamar. Digital Imaging: Astis Abiprasiasti. Makeup & Hairdo: Yosefina Yustiani @beautybyyusti. Fashion stylist Assistant: Yovita Pratiwi.
On Marion Jola: Red dress look: Dress, Sportmax. Blue suit look: Suit and pants, Weekend Max Mara; Earrings, Aldo; Heels, Aldo; Necklace, Aldo, H&M. Blue shirt look: Shirt and jumpsuit, Christian Dior; Belt Bag, Christian Dior; Boots, Dr.Martens; Earrings, H&M. Colorful dress look: Dress, Weekend Max Mara; Earrings, H&M; Heels, Aldo.
Icons designed by Freepik from Flaticon.