Cara menangani masalah finansial yang melanda

Berita baik: Anda bisa menanganinya.

Bila kamu memiliki utang…Anda tidak bisa mengubah angka utang tersebut, namun Anda bisa mengubah jumlah bunga yang harus dibayar. Semakin rendah nilai bunganya, semakin cepat Anda bisa melunaskan utang, kan? Erin Lowry, penulis Broke Millennial Takes on Investing, menyarankan Anda untuk mengecek apabila utang tersebut dapat dipindahkan ke credit card tanpa bunga. Jika tidak bisa, Anda dapat mencoba menghubungi kreditur dan mengajukan keringanan suku bunga.

TIPS TAMBAHAN: Anda perlu membekukan utang. Literally. Ahli keuangan Whitney Hansen menyarankan untuk menyimpan semua kartu kredit dalam sebuah mason jar, mengisinya dengan air, dan memasukannya ke dalam freezer. Dengan ini, Anda masih bisa mengaksesnya dalam keadaan darurat, namun Anda jadi tidak bisa berbelanja secara impulsif.

Bila Anda meminjam uang dari teman dan belum bisa membayarnya kembali… Tidak perlu mencoba melunaskan utang secara sekaligus, karena jika Anda belum punya uang, mengumpulkan dana yang besar untuk melunaskan utang akan menjadi semakin sulit. Daripada terus mengundurkan tanggal jatuh tempo, lebih baik susun strategi untuk cicilan pelunasan utang yang lebih masuk akal. Jika tidak, tawarkan jasa pelayanan yang dapat Anda berikan kepadanya - dengan membantunya mengerjakan tugas atau proyek tanpa mendapat bayaran.

Bila Anda meminjamkan uang kepada seseorang dan masih menunggu bayaran…Yup, masalah uang memang dapat membuat hubungan antar keluarga atau teman menjadi tidak enak. Namun, ingat: menghabiskan uang lebih mudah ketimbang menabung, maka jika Anda bertemu dengannya di lain waktu, biarkan si dia mentraktir Anda makan malam dan tiket bioskop, mungkin. Ulangi terus hingga jumlah pengeluarannya untuk Anda sudah menutup utangnya.

Bila Anda terlalu takut mengeluarkan uang…Remember that you are in control of your expenses. Pilih satu money goal yang dapat membantu Anda merasa lebih stabil secara finansial, seperti melanjutkan kegiatan menabung meskipun gaji bulanan telah dipotong. Cara lain untuk mengeluarkan diri dari survival mentality yang membuat Anda merasa tidak berdaya? Sumbangkan sebagian dari uang Anda, meskipun hanya sedikit - berdonasi untuk hal positif dapat menjadi reminder bahwa Anda masih memiliki financial power.

Bila tagihan menumpuk dan Anda sulit melunasi semuanya…Di tengah kondisi ini, banyak kreditur dan penyedia layanan finansial menawarkan bantuan dan keringanan, lho. Namun, Anda masih perlu mengubungi mereka untuk membicarakan opsi yang ditawarkan: mulailah dengan tagihan yang hampir melampaui batas akhir masa pembayaran, kemudian atur tanggal pembayaran baru agar semua tagihan Anda tidak jatuh di tanggal yang sama. Last but not least, tanya bila mereka menawarkan insentif untuk pembayaran otomatis. Apakah Anda bisa mendapat diskon bulanan… atau kredit?

A QUESTION FROM QUARANTINE

“Bagaimana cara saya mendukung bisnis favorit bila sudah tidak mampu mengeluarkan uang?”

Setelah Cosmo bertanya kepada beberapa pemilik bisnis kecil, mereka berkata bahwa mendapat pesan yang berisi dukungan via Direct Message dapat menaikkan semangat mereka. Atau, Anda bisa mempromosikan produk mereka lewat Instagram Stories atau media sosial lainnya.

Punya apartemen atau rumah kosong yang jarang digunakan? Daftarkan tempat Anda secara gratis di situs penginapan terpercaya seperti Airbnb. Anda dapat mengiklankan tempat tinggal kepada jutaan wisatawan, menentukan harga sendiri, dan Anda tidak perlu menangani pembayaran secara langsung.

Jika Anda seorang pecinta buku, Bookscouter dapat membantu menjual buku-buku lama atau memberikan perbandingan harga agar Anda bisa menentukan harga yang pas untuk setiap buku – sehingga bisa Anda jual di toko buku lokal.

Apakah Anda memiliki banyak barang lucu, namun jarang dipakai sehingga menumpuk dalam lemari? Saatnya bersih-bersih dan menjual preloved items Anda lewat aplikasi Carousell. Time to stop being a hoarder and make some money!

Ingin mulai menabung untuk masa depan? Jenius menawarkan tiga jenis tabungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, lengkap dengan bunga yang menguntungkan.

Bila Anda mau mewujudkan tujuan finansial, KoinWorks merupakan super financial app yang menawarkan banyak layanan finansial, mulai dari pendanaan online, pinjaman, investasi, manajemen keuangan, dan lain-lain.


Cara membuat pikiran lebih jernih

Karena sebuah krisis global dapat merusak diri Anda, inilah tips untuk membantu Anda kembali merasa seperti diri Anda yang biasanya.

Kita akan mulai dengan anxiety: Menurut data Cosmo poll, 52 persen perempuan milenial yang memiliki masalah kesehatan mental berkata bahwa kondisi mereka semakin buruk karena COVID-19, sedangkan 32 persen perempuan yang tadinya tidak memiliki masalah kesehatan mental kini memilikinya. Rasa depresi, kesendirian, dan stres juga semakin meningkat. Untuk membantu, para ahli di bidang kesehatan mental menawarkan saran untuk menghadapi hal tersebut.

Apakah saya butuh terapi yang serius?

Siapa saja bisa memperoleh manfaat dari berbicara dengan seorang ahli, tapi jika Anda merasa sangat low, mungkin ini adalah saatnya untuk memprioritaskannya. Jennifer Mann, seorang psikoterapis di New York City, membuat sebuah kuis untuk membantu mengukur posisi Anda saat ini:

  • 1 Apakah Anda mengalami kesulitan tertidur atau tetap tertidur selama beberapa minggu terakhir?
  • 2 Apakah Anda mulai terobsesi akan jatuh sakit?

  • 3 Apakah Anda terus-menerus cemas tentang worst-case scenarios?

  • 4 Apakah Anda merasa putus asa belakangan ini, sehingga segala hal—pekerjaan, teman, rencana di masa depan—merasa tak berarti?
  • 5 Apakah Anda tidak tertarik dengan hal-hal yang biasanya Anda nikmati?

  • 6 Apakah Anda telah mengabaikan teman dan keluarga?

  • 7 Apakah Anda memiliki perasaan cemas, sedih, atau marah yang meningkat?

  • 8 Apakah Anda mulai mengubah perilaku karena takut?

Your results: Apakah Anda menjawab ‘yes’ untuk lebih dari dua pertanyaan? Jika iya, Jennifer mengatakan bahwa sekarang adalah saatnya untuk mempertimbangkan berbicara dengan seseorang. Tak ada yang “salah” dengan Anda, tapi beberapa bulan terakhir ini sulit, dan Anda berhak fokus pada diri sendiri.

Sekarang, inilah cara menemukan jenis terapi yang tepat untuk Anda

BEST FOR AFFORDABILITY

Coba E-counseling Ibunda (@ibunda.id), yang cukup terjangkau, atau Support Circle Indonesia (@supportcircle.id) yang menyediakan support group.

BEST FOR A RANDOM 2 A.M. FREAK-OUT

Terapis Anda mungkin sedang tidur, tapi ada terapis versi robot yang selalu bangun. Aplikasi AI seperti Woebot, Youper, dan Wysa menawarkan layanan on-demand untuk mengobrol tentang masalah Anda 24/7.

BEST FOR LIMITED OPTIONS

Jika Anda tinggal di kota kecil di mana akses ke pelayanan kesehatan mental kurang memadai, teletherapy memungkinkan Anda untuk bertemu seorang terapis via teknologi seperti aplikasi Riliv, yang berbahasa Indonesia.

BEST FOR DEALING WITH THE BIG STUFF

Jika Anda butuh pengobatan atau dukungan secara berkelanjutan, terapi IRL adalah cara yang paling tepat.

Hal-hal kesehatan lainnya yang patut Anda hadapi begitu kembali beraktivitas secara normal


SekarangJadwalkan sesi pijat, sesi akupunktur, atau facial. Sepertinya ini tidak butuh penjelasan, kan? Sebentar lagi Buat janji dengan dokter umum. Sekarang adalah waktu yang baik untuk memeriksa kesehatan Anda secara keseluruhan dan memastikan jika ada sesuatu yang perlu ditanggapi ASAP. Lakukan dalam tiga bulan Kunjungi dermatolog dan ginekolog. Hanya karena kulit Anda belum bertemu sinar matahari dan Anda berhenti menggunakan Tinder sejenak tak berarti Anda harus menunda kedua hal ini. Lakukan dalam enam bulan Kunjungi dokter gigi (dan dokter mata jika perlu). Gigi Anda patut dibersihkan dua kali dalam setahun, jadi ini adalah waktunya. Dan jika Anda menggunakan kacamata, sebuah kunjungan ke dokter adalah ide yang baik untuk melihat jika Anda butuh resep baru berkat menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar.

So is this just who we are now?

Jika Anda menemukan sebuah kebiasaan saat karantina (atau lebih), Sara Kuburic (aka @millennial.therapist di Instagram) membuat sebuah formula untuk membantu Anda memutuskan mana saja yang perlu Anda simpan dan mana yang perlu ditinggalkan.

panduan membantu Anda memutuskan mana saja yang perlu Anda simpan dan mana yang perlu ditinggalkan

Cara menghadapi segala hal yang harus dibatalkan

Perspektif dari para wanita yang menemukan jawabannya.

Social distancing dimulai dan tiba-tiba saja semuanya harus dibatalkan. Tak ada acara kelulusan atau traveling bersama the girls atau perlombaan lari yang sudah kamu persiapkan selama berbulan-bulan sebelumnya. Acara pernikahan pun mendadak dilakukan di Zoom. Namun solusi kreatif ini bukanlah satu-satunya hal yang bisa kamu contoh. Berikut ini adalah beberapa hal yang orang lain lakukan untuk merayakan momen-momen terbesar dalam kehidupan mereka di tengah karantina:

A WEDDING“Memikirkan merencanakan ulang semuanya membuat saya benar-benar kewalahan, so setelah mempertimbangkan opsi yang ada, saya membatalkan semuanya. Kami mengambil USD60K (kenapa saya mengira kami membutuhkan begitu banyak jenis oyster?) yang tadinya akan dihabiskan dan menggunakannya untuk membeli sebuah rumah.”
— Heather, Columbus, Ohio

A VACATION“Daripada berjuang untuk mendapatkan uang saya kembali, saya bertanya jika ada insentif jika saya menyetujui kredit versus refund. Maskapai penerbangan mengizinkan saya untuk rebook penerbangan kapan saja selama setahun ke depan tanpa penalti dan juga memberikan voucher seharga USD500 untuk digunakan pada penerbangan selanjutnya. Dan hotel pun meng-upgrade kamar saya yang biasa saja menjadi suite untuk kapan pun saya memutuskan untuk travel.
— Andrea, (Hi, yes, penulis artikel ini), Jersey City, New Jersey

A GRADUATION“Saya mulai menggunakan fakta bahwa semester terakhir kuliah saya hancur sebagai icebreaker dengan perekrut pekerjaan. Ternyata saya menerima beberapa respons yang cukup baik. Orang-orang merasa tidak enak dan ingin membantu. Meskipun situasinya menyebalkan, lebih baik saya memanfaatkannya.”
— Amanda, Orlando, Florida



© 2020 Cosmopolitan Indonesia