The Chronicles of

YUKI KATO

Siapa yang tak mengenal sosoknya? Yuki Kato bahkan telah melalui tiga fase terbesar dalam hidupnya di industri hiburan Indonesia. Menariknya lagi, sosok aktris sekaligus host (yang kini juga menjadi seorang pengisi suara untuk film ternama!) itu bahkan terus bersinar dan begitu dicintai. Okay Google, how to be unstoppable like her?

Hai Yuki, jadi apa saja kesibukan Anda akhir-akhir ini? Akhir-akhir ini saya sedang sibuk mengerjakan beberapa hal. Belakangan saya sedang fokus kepada karier saya di bidang hosting sebagai MC. Saya juga sedang belajar untuk mempraktikkan self-love dan mencoba untuk tidak malas bergerak.

Tahun ini kita melihat akting Anda dalam Pretty Little Liars (PLL) Indonesia. Bagaimana awal keterlibatan Anda dalam series ini dan mengapa memutuskan mengambil peran tersebut? Jadi awalnya saya sempat ditawarkan dua karakter di Pretty Little Liars Indonesia. Tetapi untuk bidang akting sendiri, saya merasa akan lebih menantang jika mengambil karakter Alissa yang saya perankan tersebut. Peran ini sempat membuat banyak orang bertanya mengapa saya mengambil peran yang lebih sedikit durasinya dibandingkan peran saya lainnya? Tetapi bagi saya, justru itulah daya tarik dan tantangannya! Karena saat syuting saya harus bisa 'menjahit' setiap emosi dari satu episode ke episode lainnya, dengan urutan waktu yang berbeda pula. Di situ saya merasa sangat tertantang.


Bagaimana cara Anda membangun chemisty para the girls lainnya selama syuting Pretty Little Liars Indonesia? This is so funny! Jadi sebelum syuting dan proses reading, saya sama sekali tidak bertemu dengan the girls lainnya karena kendala schedule yang saat itu bertabrakan dengan perilisan film Kapal Goyang Kapten. Saya baru bertemu dengan mereka di lokasi syuting dan kita baru saling berkenalan serta menjadi lebih dekat di sana. Saya berusaha untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar bisa ikut hangout dan membangun chemistry bersama mereka. Jika ada schedule lain, saya akan memilih flight lebih malam agar bisa punya lebih banyak waktu berkumpul dengan para cast Pretty Little Liars Indonesia.

Apa genre film atau peran selanjutnya yang ingin Anda coba dalam dunia akting? Banyak sekali sebenarnya. Mungkin orang lebih sering ingin mencoba peran-peran yang menantang seperti menjadi psycho atau orang gila. Saya pun ingin mencobanya. Tetapi terkadang saya juga berpikir, sepertinya masih banyak deh, karakter yang belum saya mainkan. Tidak usah yang terlalu heboh pun tidak masalah. Bagi saya bermain menjadi karakter yang lurus-lurus saja juga tetap menarik untuk dimainkan, tergantung ceritanya akan seperti apa. Saya tidak ingin menutup kemungkinan untuk bermain menjadi karakter tertentu saja. Jika bisa, saya ingin mencoba semua peran.


Yuki sudah memulai akting sejak masih belia. Masih ingat perasaan pengalaman saat pertama kali syuting? Saya ingat betul, pertama kali syuting saya hanya menjadi seorang pemeran tambahan. Itu pun saya lakukan setiap pulang sekolah sambil ikut casting di beberapa tempat. Tapi saya menjalaninya tanpa beban. Ketika saya mulai mendapat beberapa dialog, saya merasa semakin menyukai dunia ini. Bahkan jika melihat kembali foto-foto saya ketika masih kecil dulu, wajah saya selalu menunjukkan ekspresi senang. Padahal saya ingat betul, saat syuting pertama itu prosesnya sampai pagi. Tapi menurut saya itu hal yang seru.

Apa yang membuat Anda merasa jatuh cinta dengan akting dan dunia entertainment ini? Dari awal, hidup saya sepertinya memang sudah mengarah ke dunia hiburan ini. Dulu saat saya sempat tinggal di Bontang, Kalimantan Timur, saya suka didandani dan ikut acara lomba 17 Agustus serta fashion show. Somehow saya merasa senang saat berjalan di atas catwalk. Dan itu terus berlanjut hingga saya pindah ke Jakarta lalu mencoba ikut berbagai casting. Saya dulu sama sekali belum kepikiran untuk menjadi seorang public figure. Tetapi seiring berjalannya waktu, saya menyadari bahwa hati saya sepertinya memang ada di sini. Ini adalah passion saya dan akhirnya membuat saya semakin jatuh cinta dengan pekerjaan ini.


Sudah berkarier sampai sejauh ini, apa saja pelajaran hidup terbesar yang Anda dapatkan? Di dunia entertainment ini saya sudah melalui tiga fase kehidupan saya yaitu: anak-anak, remaja, dan menuju dewasa. Di tiga fase yang sudah saya lewati tersebut, setiap perubahan dan pelajaran hidup yang saya dapatkan semuanya berbeda. Mulai dari pelajaran dalam pendewasaan diri, berpikir, beretika, tata krama, dan pembentukan karakter. Di sana saya banyak sekali mendapat pelajaran dan sempat mengalami beberapa benturan juga. Tetapi dari benturan tersebut saya merasa jadi lebih terbentuk. Jadi jangan pernah takut, apalagi ketika dalam hidup Anda “terbentur” dan seolah hancur. Mari kita giring pola pikir menjadi “dari terbentur nanti saya akan terbentuk”. Saya juga tidak sabar untuk melalui fase kehidupan berikutnya, seperti apa ya, saya nanti?

Ada banyak eksplorasi peran yang telah Yuki mainkan. Tapi sebenarnya Anda ingin dikenal menjadi aktris yang seperti apa? Aktris yang seperti bunglon dan selalu berubah-ubah namun tetap keren. Saya ingin bisa dikenal seperti itu. Saya tidak ingin menjadi aktris yang dikenal dengan satu stereotype peran tertentu saja, karena pada dasarnya saya tipe yang suka bereksperimen.


Kalau bukan menjadi seorang aktris dan host, kira-kira apa pekerjaan yang ingin Anda lakukan? Sepertinya saya akan menjadi pilot! Karena beberapa tahun lalu saya sempat mencoba duduk di kokpit untuk latihan sebagai pilot. Dari sana saya berpikir bahwa pekerjaan ini seru sekali! Jadi mungkin saya akan menjadi pilot atau lawyer.

So, akting atau hosting? Semuanya seru, tapi untuk saat ini sepertinya saya memilih hosting. Tetapi tidak tahu untuk tahun depan. Apakah saya akan kembali bermain menjadi Alissa di Pretty Little Liars Indonesia? Hmmm.. will see.

Hal apa lagi yang ingin Anda coba di dunia hiburan ini? Menyanyi mungkin? Interesting! Andai saya punya kepercayaan diri yang lebih banyak lagi, mungkin saya akan mencoba bernyanyi. Saya belum tahu, haha.. Dalam waktu dekat saya belum ada keinginan ke arah sana. Tetapi di dunia hiburan ini, saya ingin sekali bisa mencoba bekerja di balik layar. Entah itu sebagai seorang produser atau penulis.


Jika bisa memilih, siapa orang yang paling berjasa pada perjalanan karier Anda? Sudah pasti ibu saya. Saya bisa menjadi seperti ini berkat campur tangan ibu. Dan alam semesta juga menyetujuinya. Saya dan ibu pun akhirnya menjadi partner untuk bekerja sama dalam membangun karier, bisa dilihat kami berdua sama-sama serius di bidang ini.

Jika hidup Yuki Kato diibaratkan sebuah film. Maka film apakah itu? Belum ada! Karena film itu yang nantinya akan saya produseri. Yang akan memerankan sosok saya? Angelina Jolie dong! Aduh percaya diri sekali ya, haha..

Punya rahasia khusus untuk stay healthy dan happy selama pandemi ini? Okay, awal-awal PSBB kemarin saya sempat merasa semua energi yang ada begitu negatif. Itu sempat membuat saya pusing dan terbebani. Lalu saya berpikir bahwa kalau dari diri saya sudah merasa negatif, tentu ini bukan hal yang baik bagi saya sendiri. Jadi sebisa mungkin saya berusaha untuk menjaga mental dan tubuh tetap fit. Ini membuat saya akhirnya menghindari berita-berita yang negatif serta apa saja yang bisa membuat pikiran dan tubuh saya drop. Saya memilih melakukan apapun yang membuat saya senang, misalnya seharian hanya menonton film atau rebahan. Atau ketika saya sedang mood berolahraga maka saya akan berolahraga. Setelah itu saya jadi paham bahwa semua rasa yang sedang saya alami itu adalah hal wajar di pandemi ini. Kalau sedang ingin menangis padahal tidak tahu kenapa, ya sudah tidak apa-apa. Karena setelah melakukannya Anda akan merasa lebih tenang. Rasakan semua hal yang sedang Anda rasakan, entah itu senang atau sedih, karena kalau tidak dan Anda menganggap semuanya baik-baik saja. Itu artinya Anda sedang membohongi diri sendiri. Kadang kita sering bilang bahwa kita tidak suka dibohongi, tetapi justru malah membohongi diri sendiri.


Anda kerap terlihat ceria di manapun itu. Biasanya jika sedang stres atau bad mood, bagaimana cara Anda mengatasinya? Saat bad mood, biasanya perasaan saya cukup terlihat karena tiba-tiba saya menjadi lebih pendiam. Biasanya saya menyiasatinya dengan berkata kepada orang sekitar, "Maaf kalau saya sedang nggak asyik," dibanding mereka semua menerka-nerka kenapa saya menjadi lebih pendiam. Tetapi saya termasuk tipe yang simpel, kok! Saat sedang bad mood biasanya saya akan memilih tidur. Karena kalau mood kita sedang buruk, rasanya melakukan apapun jadi tidak enak, kan? Jadi ya, lebih baik tidur. Lalu saya memilih untuk tidak bermain handphone, tidak melakukan apa-apa, baru setelahnya saya bisa kembali pulih lagi.

Dalam sebuah wawancara, Yuki berkata sering melakukan digital detox dengan tidak membuka media sosial dan aplikasi chatting. Apa alasan Anda melakukan hal ini? Digital detox saya lakukan ketika merasa tidak mood bermain smartphone dan media sosial. Itu membuat saya pada akhirnya tidak mengunggah sesuatu. Saya bisa hanya mengunggah konten seminggu sekali, dua hari sekali, atau bahkan tidak sama sekali. Orang lain sering kali bertanya, "Oh my God, Yuki ke mana, sih? Dia kenapa?" Padahal langkah tersebut saya ambil karena terkadang sering jenuh dengan media sosial. Apalagi selama pandemi ini, saya beberapa kali merasa apa yang ada di media sosial begitu membuat saya overwhelming dan justru ini bisa berakhir menjadi toxic, kan? Jadi saya memilih untuk detoks sejenak.

Sebagai Aries babes, apa tiga sifat Yuki Kato yang Aries sekali? Aktif! Duh terkadang saya sampai lelah sendiri dengan keaktifan ini, lalu berani, dan memimpin.


Anda lahir dan dibesarkan sebagai dengan dua budaya yang berbeda yaitu Indonesia dan Jepang. Apa kelebihan dari hal ini? Saya dan adik-adik saya bisa belajar dua budaya sekaligus, serta lebih open minded terhadap pemikiran yang berbeda. Tetapi tentu saja ada kekurangannya juga, di mana dulu saya sempat mendapat bully karena fisik yang mungkin berbeda. Tetapi saya sendiri tidak pernah take it personal akan hal ini. Kekurangannya lagi, adanya stereotip bahwa karena saya anak multikultural, tentu harus paham semua kultur dan bahasa. Atau pemikiran bahwa anak blasteran hidupnya lebih enak dan berada. Padahal kita sama-sama hidup di dunia, sama-sama makan nasi dan merasakan struggling, kita juga sama-sama berjuang untuk mendapatkan apapun yang kita inginkan. Stereotip ini yang harusnya dihilangkan.

Lantas, seperti apa tipe pria idaman Yuki Kato? Saya sempat mendapat pertanyaan ini, dan akhirnya membuat saya berpikir kembali akan tipe pria idaman saya. Dan sepertinya saya tidak memiliki tipe pria khusus. Dulu saya sempat memiliki tipe pria, “Yang saya suka itu harus seperti ini dan ini.” Tapi sekarang saya merasa bahwa yang terpenting pria itu harus bisa klik dengan saya. Namun jika berbicara fisik, saya suka pria yang lebih tinggi dari saya, haha.


Apakah Anda percaya pada cinta pada pandangan pertama? Jujur tidak, maaf sekali ya, guys! Saya percaya bahwa first impression itu segalanya. Tapi kalau langsung jatuh cinta pada pandangan pertama, hmm.. mungkin saya sendiri belum mengalaminya, ya.

Tahun 2020 ini kita melalui tahun yang unpredictable! Seperti apa Anda mendeskripsikan tahun ini? Andai tahun 2020 ini ada wujudnya, mungkin sudah saya peluk. Tetapi karena tak bisa dipeluk, saya hanya bisa tarik napas, kesal, lalu tarik napas lagi, dan ketawa saja. Benar-benar, deh, tahun 2020 ini moto hidup saya terpakai sekali yaitu, “Ngakakin aja beb!” Sepanjang tahun 2020 ini saya merasakan banyak sekali emosi, juga ada banyak hal yang membuat hidup saya merasa down, lalu naik kembali dan tertawa lagi. Enjoy the ride!

Harapan terbesar untuk tahun 2021 mendatang? 2021 nanti, saya harap akan jadi tahun yang lebih baik untuk kita semua. Sepertinya tahun 2020 ini membuat kita sadar bahwa alam pun bersuara, karena terkadang kita sebagai manusia melupakan alam semesta. Semoga tahun 2021 bisa menjadi tahun yang lebih murah hati pada umat manusia.


Apa mimpi terbesar Yuki Kato yang saat ini masih belum terwujud? Keliling dunia! Entah itu sendiri, bersama teman, atau pasangan kelak, saya ingin sekali pergi traveling keliling dunia. Lalu mencoba berbagai jenis perjalanan mulai dari yang jet set hingga backpacker. Dan salah satu mimpi saya adalah naik kapal ke Antartika!

Kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Punya saran untuk para Cosmo babes agar tetap semangat dalam mewujudkan seluruh mimpinya? Saya pun sempat berada di titik down saat pandemi ini, bahkan sampai membuat saya merasa useless. Tetapi kembali lagi, setiap masalah yang ada sebaiknya Anda bercerita pada orang yang bisa dipercaya yang mampu membangkitkan semangat. Rasakan semua rasa yang ada, entah itu senang ataupun sedih. Saat down, tidak masalah kita merasakan perasaan tersebut. Tapi ingatkan juga pada diri sendiri bahwa rasa sedih itu sebaiknya jangan dibiarkan terlalu berlarut-larut. Ketika rasa sedihnya sudah selesai dan Anda merasa lebih tenang, yuk semangat dan berjuang kembali. Karena saat Anda bersemangat dan berusaha lagi, kerja keras kalian pasti akan ada hasilnya. Jadi mari bangun dari tempat tidur dan bergerak melakukan sesuatu. Pasti lama-lama mimpi itu akan terwujud. Semangat semuanya!